hubungan international

Jurusan HI, Gak Hanya Soal Politik Kok!

Ada gak sih dari kalian yang bercita-cita untuk bekerja di lembaga kenamaan dunia seperti ASEAN atau PBB? Pastinya seru banget kan dapat belajar dari berbagai culture maupun isu-isu yang terjadi.

Seperti aku sendiri memiliki cita-cita untuk bekerja di UNICEF. Ingat guys, kalau cita-cita kalian beneran diniati dan dilakukan dengan sepenuh hati, pasti akan ada hasilnya kok. Nah, cuma kita ga bisa hanya bermimpi aja guys, harus berusaha juga dong!

Eitss, tunggu dulu kira-kira kamu udah tahu apa belum sih gimana caranya bekerja di lembaga kenamaan seperti di atas? Tentunya berbagai lembaga kenamaan itu tidak sembarangan dalam merekrut orang guys.

Semua perjalanan untuk bekerja di sana dimulai dari bangku perkuliahan dulu nih. Umumnya untuk bekerja di organisasi dunia seperti UN, UNICEF, UNCC, UNHR, dan lain-lain memerlukan kualifikasi yang mumpuni. Biasanya berasal dari mahasiswa jurusan hubungan internasional, perpolitikan, atau berbagai cabang ilmu lain yang berkaitan.

Secara garis besar, jurusan Hubungan Internasional adalah kandidat utama dalam pekerjaan di atas. Namun, jangan salah sangka dulu, anak dari jurusan lain juga bisa lho gabung di kedutaan besar sampai PBB. 

Nah, kali ini guys aku mau ngenalin ke kalian nih apa sih jurusan hubungan internasional itu? Belajar tentang apa? Dan prospek kerjanya apa aja sih?

Udah Kenal Belum Dengan Jurusan Hubungan Internasional?

Yuk, buruan simak di bawah ini yaa

1. Hubungan Internasional

Hubungan internasional atau sering disebut dengan HI adalah sebuah jurusan yang termasuk dalam fakultas FISIPol alias Fakultas Ilmu Sosial Politik. Oke, dari sini kalian pasti terbayang berbagai macam wajah-wajah bapak DPR karena berbicara tentang urusan politik.

Baca Juga:  Kuliah Ilmu Gizi di IPB, Apakah Hanya Belajar Gizi?

Tenang, engga juga guys. kebanyakan anak HI memang bercita-cita untuk bekerja di PBB atau pengadilan internasional atau berkaitan dengan perpolitikan.  Namun, di HI sendiri kalian akan mempelajari ilmu yang sangat luas.

Komunikasi, relasi, dan kecerdasan menjadi dasar utama dalam menempuh jurusan ini.  Nah, kira-kira gimana sih cara menentukan bahwa jurusan hubungan internasional cocok buat kamu?

Jadi, untuk kalian yang kritis, suka berdebat, rasional, independen, dan senang menganalisa sangat cocok buat masuk di jurusan ini. Tak hanya itu, poin terpentingnya adalah komunikasi guys! Kalian diwajibkan memiliki komunikasi verbal yang baik.

Keterampilan lain yang tak kalah dibutuhkan adalah problem solving. Kalian yang gemar menyelesaikan suatu masalah menggunakan logika sangat cocok nih untuk masuk jurusan ini.

2. Apa aja sih yang dipelajari?

Secara umum guys, kalian akan mempelajari hubungan antar negara. Baik secara diplomasi  maupun menjaga relasi. Anak HI wajib banget ngikutin isu-isu global terkini guys!

Kalian diwajibkan mengetahui konflik terkini, kesejahteraan, perekonomian, sampai perdamaian dunia. Sedangkan, ilmu komunikasi yang akan diterapkan melalui negosisasi yang berhubungan untuk mencapai kesepakatan antara dua negara atau lebih.

Jurusan hubungan internasional pun akan mengarahkanmu ke prodi yang lebih spesifik. Beberapa prodinya antara lain, mengenai perdagangan dunia alias, perdamaian dan konflik negara, teknologi, dan terakhir mengenai HAM atau Hak Asasi Manusia guys!

Dalam hubungan Internasional kalian akan mempelajari ilmu yang luas dengan wawasan yang tak kalah luas juga! Selain itu, secara umum mata kuliah hubungan internasional meliputi : Organisasi Internasional, Hukum Internasional, Perekonomian dan perdagangan Internasional, sistem budaya dan politik internasional.

3. Prospek Kerja 

Menjadi lulusan hubungan internasional tak harus bekerja di kantor kedutaan besar atau kantor kementerian Sobat! Ada banyak prospek kerja lain yang membutuhkan lulusan hubungan internasional, antara lain:

Baca Juga:  Perbedaan Istilah Kampus, Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi

a. Wartawan atau jurnalis

Seorang lulusan HI pastinya memiliki wawasan luas dan diimbangi kekritisan dalam menanggapi isu. Maka dari itu, profesi sebagai wartawan atau jurnalis sangat cocok bagi kalian yang juga tertarik untuk terjun di lapangan secara langsung.

Lewat dunia jurnalis, kalian akan menemukan berbagai isu serta relasi yang lebih luas lagi dalam menjangkau sumber-sumber berita yang dibutuhkan.

b. Penyiar berita

Tak jauh berbeda dengan seorang jurnalis, penyiar berita juga memerlukan kemampuan kritis yang tinggi. Sebagai contoh, pembawa berita sekaligus jurnalis terkenal asal Indonesia Najwa Shihab yang juga tak berasal dari jurusan komunikasi atau IlKom.

c. Konsultan politik

Kini banyak perusahaan yang memerlukan lulusan hubungan Internasional sebagai konsultan bagi perusahannya. Hal ini dikarenakan, sebagai seorang lulusan HI yang paham seluk-beluk dunia politik dapat membantu suatu perusahaan apabila hendak merambah ke dunia perpolitikan.

d. Diplomat

Yes, ini adalah cita-cita seorang anak HI. Diplomat biasanya diperlukan sebuah negara sebagai perantara untuk menjalin suatu kerja sama antar negara. 

Keuntungan dari diplomat adalah kalian bisa melakukan perjalanan ke luar negeri serta mengenal secara langsung culture di luar sana.

e. Staff Organisasi Dunia

PBB atau ASEAN selalu membuka lowongan pekerjaan bagi berbagai lulusan atau fresh gradute untuk bekerja di kantornya. Banyak posisi yang bisa membantu kalian untuk bekerja di organisasi ini. 

4. Gimana sih caranya masuk HI?

a. Penguasaan bahasa asing

Biasanya apabila kamu memiliki kelebihan dalam penguasaan bahasa asing, maka akan lebih mudah untuk masuk ke suatu perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan, dalam mata kuliah hubungan internasional kalian akan dituntut untuk mampu berbahasa Inggris secara lancar.

Baca Juga:  Prospek Kerja Ilmu Gizi, Sangat Menjanjikan!

FYI, bahasa Inggris adalah bahasa pengantar di mata kuliah hubungan internasional. Sedangkan, apabila kalian mampu menguasai bahasa lain akan menjadi poin plus tersendiri!

b. Mampu Berpikir Kritis

Kalian diwajibkan belajar berbagai isu dan mengatasi isu atau konflik sebijak mungkin. Maka diperlukan pemikiran yang kritis serta terstruktur. Analisis yang tajam dan argumen yang kuat dalam menyelesaikan permasalahan.

c. Jiwa kepemimpinan

Kalian diwajibkan memiliki jiwa kepemimpinan dalam menghadapi sebuah situasi. Pengambilan keputusan yang logis dan bertanggung jawab atas segala resiko yang dihadapi. 

Yuhu, di atas adalah sekilas tentang jurusan hubungan internasional guys. kira-kira sejauh ini adakah di antara kamu yang tertarik? Apabila kalian tertarik maka mulai sekarang bisa belajar untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Eitss, sebelumnya tentukan dulu ya universitas yang kamu inginkan!

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami melalui kontak WhatsApp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tips Penting Untuk Kuliah di Luar Negeri!

Harvard, Oxford, atau Columbia adalah sederet universitas bergengsi di dunia. Sedangkan, d…