Kekurangan dan Kelebihan Asrama + Kos

Kekurangan dan kelebihan asrama – Hai guys! Apa kabar kamu nih? Pastinya di manapun kamu berada jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan yang paling penting adalah semangat untuk belajar ya!

Siapa nih dari kamu yang lagi bingung, kira-kira mau masuk kos atau asrama ya? Walaupun kini pembelajaran dilaksanakan via daring, pastinya ada juga dong dari kamu yang udah mikir “Untuk tahun depan, enaknya masuk asrama atau kos ya?”

kekurangan dan kelebihan asrama
Photo by cottonbro on Pexels.com

Kekurangan dan Kelebihan Asrama + Kos

Wah, buat kamu yang lagi bingung, aku mau kasih tahu nih ke kamu kira-kira worth it mana sih? Asrama atau kos? Kelebihan atau kekurangannya apa ya? Tenang, di bawah ini aku udah bagikan secara lengkap kekurangan maupun kelebihan dari asrama dan kos.

Eits, tapi diingat ya guys, setiap kos maupun asrama juga bergantung dari universitas, sekolah, dan wilayah tempatmu tinggal.

Oke deh, kita langsung simak aja perbandingannya di bawah ini!

Asrama Mahasiswa

Pertama-tama, aku mau jelasin ke kamu tentang asrama dulu nih. Biasanya di tiap-tiap universitas, baik negeri maupun swasta pasti menyediakan asrama. Buat kamu yang belum tahu apa itu asrama, aku akan jelasin sedikit ya.

Asrama adalah sebuah tempat tinggal berupa kamar (biasanya) yang disediakan langsung oleh sebuah universitas atau sekolah sebagai fasilitas bagi tiap peserta didiknya. Berikut kelebihan dari asrama.

Berikut kelebihan dari asrama

1. Jarak yang dekat dengan universitas

Nah, pastinya buat kamu yang pertama kali masuk universitas atau sekolah, mungkin ada yang belum hafal dengan pasti lingkungan universitas tersebut. Seringkali ada yang kesasar juga, waduh, jangan sampai ya guys. Asrama sendiri memudahkan kamu untuk pergi ke universitas atau sekolah karena jaraknya yang cukup dekat.

Baca Juga:  Download Aplikasi Ruangguru untuk Laptop

Asrama biasanya terletak dalam bagian kampus dan jarak yang dekat. Apabila kamu kesiangan atau butuh ke kampus secepat mungkin maka tak perlu risau. Jarak antara asrama dan kampus biasanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Selain dekat, kamu juga bisa hemat ongkos transportasi juga guys.

2. Lebih mudah beradaptasi

Selanjutnya, apabila kamu tinggal di kampus maka semakin mudah dirimu untuk beradaptasi terhadap lingkungan sampai orang-orang yang ada di dalam kampus. Pastinya kamu akan bertemu dengan kakak tingkat, teman seangkatan, yang berlalu lintas di area asrama. Nah, ini adalah kesempatan terbaik untukmu mempermudah beradaptasi dengan lingkungan.

Lama-kelamaan kamu juga akan terbiasa dengan lingkungan kampus sampai area-area yang mungkin jarang diketahui oleh mahasiswa pada umumnya. Terlebih lagi nih, pastinya sangat mengasyikkan apabila kamu lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman. 

Mengapa? Biasanya asrama yang ada di kampur diisi oleh 2 sampai 4 orang. Tergantung ketentuan dari setiap universitas. Namun, juga ada asrama yang menyediakan kamar asrama khusus untuk satu orang saja. 

3. Fasilitas yang lengkap

Berhubung asrama terletak di area kampus, pastinya beberapa fasilitas seperti kantin, ruang belajar, ruang rekreasi, laundry, minimarket, sampai fotokopi disediakan berdekatan dengan asrama. 

Hal ini dilakukan untuk menunjang kenyamanan pengguna asrama agar tak perlu repot-repot keluar lingkungan universitas untuk menikmati pelayanan di atas. Selain itu, beberapa universitas juga menyediakan tempat gym atau bahkan toko buku di area kampus untuk memudahkan tiap mahasiswanya.

4. Harga sewa yang murah

Nah, sebenarnya hal ini relatif juga ya guys. Namun, biasanya asrama terhitung lebih murah dibandingkan kos atau apartment yang ada di luar universitas. Biayanya tergantung fasilitas dan kamar yang kamu pilih ya guys.

Setelah tahu beberapa kelebihan dari asrama, kamu juga harus mengetahui nih beberapa kekurangan asrama yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu guys.

Kekurangan Asrama

1. Adanya peraturan

Yap, yang pertama adalah adanya peraturan yang biasanya lebih mengikat guys. Misalnya, dari jam malam yang diberikan atau penggunaan listrik biasanya lebih dibatasi atau diperketat. 

Baca Juga:  Rahasia Materi SBMPTN yang Sering Keluar

2. Fasilitas umum

Nah, untuk fasilitas yang disediakan di atas pastinya terlihat menggiurkan ya guys? Namun, perlu diingat juga apabila fasilitas tersebut biasanya bersifat umum ya. Mulai dari ruang belajar, dapur, tempat rekreasi, bahkan beberapa kamar mandi yang digunakan secara umum guys. Jadi, kamu juga harus bersiap-siap apabila ada teman satu asrama yang cukup jorok ketika mandi atau menggunakan dapur.

3. Terbatasnya tempat berkunjung

Selanjutnya adalah keterbatasan dalam berkunjung guys. Bener banget, di asrama biasanya ada keterbatasan dalam berkunjung guys. Ga sembarangan orang bisa keluar masuk kamar asrama juga, terlebih biasanya asrama dibagi menjadi asrama khusus pria dan wanita guys.

4. Hanya 1 tahun saja

Oh iya, beberapa universitas juga hanya memberikan fasilitas asrama selama satu tahun saja guys. Kebanyakan asrama digunakan oleh mahasiswa angkatan baru. Tentunya, mau tidak mau membuat kamu harus mencari kos-kosan sendiri deh.

Kos Mahasiswa

Setelah mengetahui beberapa kekurangan dan kelebihan yang ada di asrama, yuk ketahui juga nih kelebihan dan kekurangan kos-kosan. Oh iya, di Indonesia ada banyak banget jenis kos-kosan ya guys. Mulai dari khusus pria, khusus wanita, dan campur. Apa aja sih kelebihannya? Simak langsung di bawah ini guys!

Kelebihan Kos-kosan

1. Peraturan yang tidak terlalu ketat

Yes, peraturan di kos-kosan biasanya lebih longgar guys. Hal ini berlaku pada kos-kosan pria, wanita, sampai campur. Nah, mendengar kata kos-kosan campur pria dan wanita pastinya kamu sudah dapat membayangkan bagaiman peraturan kos yang tidak terlalu ketat.

Beberapa kos bahkan hanya memberikan kunci kamar dan kunci gerbang sekaligus. Hal ini membuktikan kalau kos-kosan dirasa cukup bebas. Kamu bisa pulang jam 2 pagi bahkan tidak pulang sama sekali guys.

2. Satu kamar sendiri

Kalau di asrama biasanya kamu diharuskan berbagai kamar, maka lain cerita dengan kos-kosan. Kebanyakan kos-kosan memberikan satu kamar untuk satu orang saja guys. Jadi, privasi dan fasilitas kamar mandi biasanya dapat kamu gunakan sendiri nih.

Baca Juga:  Soal Tes Masuk SMA Favorit Mata Pelajaran IPA

3. Kos tanpa batas

Untuk beberapa universitas yang memberikan batasan asrama hanya bagi mahasiswa semester awal, kos sendiri berbeda cerita guys. Kos menerapkan sewa perbulan atau bahkan kontrak per-tahunnya, jadi kamu bisa menyewa kamar selama yang kamu inginkan. Apabila kamu cocok langsung dengan kos-kosan tersebut, maka jangan ragu untuk langsung menyewa selama 3 tahun guys.

4. Menambah relasi

Berhubung kos-kosan bersifat bebas maka kamu bisa banget menambah relasi dengan berbagai orang guys. Mulai dari yang sudah bekerja, kakak tingkat, sampai adik tingkat. Hal ini dikarenakan kos dapat disewa oleh siapapun, asal sesuai ketentuan yang berlaku saja.

Sip, setelah mengetahui beberapa kelebihan kos-kosan maka jangan terlena dan melewatkan kekurangannya guys. Berikut ini terdapat beberapa kekurangan kos-kosan yang perlu kamu perhatikan.

Kekurangan dari kos-kosan

1. Harga sewa lebih mahal

Kelebihan yang kamu dapat di atas juga harus dibayar dengan uang sewa yang cukup mahal guys. Semakin banyak fasilitas yang diberikan, terlebih fasilitas yang bersifat privasi maka semakin tinggi biaya yang ditawarkan guys.

2. Jauh dari kampus

Apabila kamu bisa datang ke kampus hanya dengan berjalan kaki, mungkin tak semua kos dapat dijangkau dengan cara yang sama. Ada beberapa kos yang cukup jauh dari kampus dan harus ditempuh dengan sepeda motor atau angkutan. Nah, ini menjadi tantangan tersendiri bagi kamu guys. Plus, pastinya nambah uang transport juga nih.

3. Keamanan yang kurang

Dikarenakan lalu lintas yang cukup bebas, maka keamanan kos-kosan hanya bergantung pada penghuninya masing-masing. Apabila penghuni kos-kosan rajin untuk menjaga kemanan kos-kosan maka keamanan pun akan terjamin. Sementara itu, hal yang perlu kamu ingat adalah menjaga barang-barang yang kamu miliki dengan baik.

Nah, di atas adalah kelebihan dan kekurangan kos-kosan guys. Sebenarnya worth it atau tidaknya bergantung pada kebutuhanmu sendiri ya guys! Kira-kira kamu pilih mana nih?

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *