Mau Masuk SMA? Ketahui Yuk Kekurangan dan Kelebihan Jurusan MIPA!

Siapa nih di antara kamu yang pengen banget masuk ke kelas MIPA? Tentunya masuk dan menjadi murid di kelas MIPA adalah cita-cita bagi sebagian siswa SMP yang hendak masuk SMA nih. Selain itu, cita-cita ini juga menjadi keinginan khusus bagi sebagian besar orang tua. Tentunya hal ini dikarenakan citra anak MIPA yang pandai, sopan, dan pintar pastinya. 

Eits, apakah selalu demikian? Nah, buat kamu nih yang kini masih duduk di bangku akhir SMP maka kamu perlu mempertimbangkan dengan matang penjurusan sewaktu SMA. Hal ini dikarenakan penjurusan di SMA akan sangat berpengaruh pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni PTN dan PTS. So, kali ini aku bakal share sedikit tentang jurusan MIPA yang mungkin belum kamu ketahui ya guys!

Apa sih Jurusan MIPA itu?

MIPA atau di beberapa sekolah juga sering disebut sebagai jurusan IPA merupakan sebuah jurusan tentang ilmu alam guys. Pada jurusan MIPA kamu akan mempelajari berbagai jenis ilmu alam seperti kimia, biologi, fisika, sampai matematika. Bahkan matematikanya pun dibagi menjadi dua yaitu matematika wajib dan matematika peminatan. 

Di kelas MIPA kamu juga akan mempelajari berbagai macam pelajaran umum lainnya seperti bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, materi lintas minat di beberapa sekolah, dan pelajaran umum lainnya guys. Sementara di ujian nasional nantinya kamu akan diberikan pilihan untuk mengerjakan soal ujian biologi, fisika, kimia, dengan mata pelajaran wajib. 

Kelebihan Jurusan MIPA

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai jurusan MIPA, kamu juga harus tahu nih kira-kira apa sih kelebihan jurusan MIPA? Berikut adalah 5 kelebihan jurusan MIPA.

Baca Juga:  Cara Membuat CV Menarik Untuk Anak SMA!

1. Logika lebih terasah dengan baik

Mau tidak mau nih guys, kalau kamu masuk jurusan MIPA maka logika akan terasah lebih baik lagi. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai soal yang harus mengasah logika berpikir sampai dipadukan dengan beberapa soal hitung-hitungan guys! Wuih, pastinya bakal seru banget dan mengasah kemampuan berpikir kamu.

Ditambah lagi guys, biasanya kelas MIPA juga memiliki mata pelajaran tambahan lho. Mata pelajaran ini berkaitan dengan lintas jurusan, misalnya seperti Sastra Inggris yang di dapat dari kelas bahasa atau bahkan ekonomi yang harusnya dimiliki kelas IPS. So, pastinya bakal mengasah kemampuan logika kamu habis-habisan guys!

2. Banyak olimpiade yang bisa diikuti

Oke, selanjutnya guys kelebihan dari jurusan MIPA ialah banyaknya olimpiade yang bisa banget nih kamu ikuti. Mulai dari biologi, kimia, fisika, robotic, sampai berbagai cabang ilmu sains lainnya guys. Ditambah lagi, biasanya lomba olimpiade MIPA ini diselenggarakan oleh pihak-pihak yang bergengsi. Mulai dari Kemdikbud, Olimpiade nasional, sampai taraf olimpiade internasional.

Benefit yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti lomba-lomba ini tak lain adalah kemudahan ketika hendak mendaftar ke universitas. Contohnya saja, jalur prestasi dari Universitas Gadjah Mada yang memberikan akses jalur masuk universitas melalui piagam-piagam olimpiade sains.

3. Linjur dengan lebih mudah

Bukan kepastian bahwa anak-anak MIPA memiliki kelebihan untuk linjur, tetapi pada umumnya anak-anak MIPA memang memiliki kemudahan untuk linjur. Hal ini dikarenakan sebagian kasus linjur karena anak yang merasa salah jurusan, kesulitan menghitung, sampai keinginan untuk masuk prodi SOSHUM. 

Hal ini wajar terjadi. Terlebih keinginan anak MIPA yang ingin linjur biasanya ditunjang oleh berbagai bimbel. Sehingga kemudahan anak MIPA untuk linjur pun lebih besar. Ditambah dengan basic dalam logika dan menghitung yang lebih tinggi daripada anak IPS dan bahasa. 

Baca Juga:  4 Tips Menentukan Jurusan di SMA! Mudah dan Terjamin Akurat!

4. Prospek pekerjaan yang luas

Selain kemudahan dalam linjur, jurusan MIPA juga memiliki prospek pekerjaan yang cukup luas. Mulai dari ilmu alam atau sains, berada di tengah-tengah masyarakat atau perusahaan, sampai pekerjaan secara individual dapat dijangkau dengan prodi  SAINTEK. 

Berhubung MIPA berkaitan dengan SAINTEK di universitas, pastinya pekerjaan yang dihasilkan pun berkaitan dengan kemajuan teknologi. Hal ini sangat sesuai guys dengan kondisi di negara berkembang seperti Indonesia yang sedang gencar untuk memajukan teknologi yang ada. 

5. Membanggakan orang tua

Kelebihan satu ini bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing dari kamu guys. Kenapa? Menurut beberapa kasus yang sering terjadi di Indonesia, kebanyakan siswa memilih jurusan MIPA di SMA karena ingin membanggakan orang tua guys. Memang perbuatan yang mulia guys, hanya saja kalau tidak sesuai dengan passion maka akan sangat sia-sia.

Akan tetapi, apabila kamu memang memiliki bakat dan keinginan yang kuat untuk masuk perguruan tinggi dengan penjurusan SAINTEK maka bukan hal yang tidak mungkin kok guys. Kamu bisa mencoba untuk masuk jurusan MIPA. Jangan lupa untuk terus memiliki semangat belajar yang tinggi ya guys!

Kekurangan Jurusan MIPA

Nah, kalau tadi sudah membahas beberapa kelebihan di jurusan MIPA maka kali ini juga ada beberapa kekurangan dari jurusan MIPA guys. Sebenarnya bukan diartikan sebagai kekurangan aja guys, melainkan lebih ke risiko yang akan kamu hadapi ketika memilih jurusan MIPA sebagai penjurusan di SMA. Simak uraiannya di bawah ini ya!

1. Banyak bertemu hitung-hitungan

Yap, seperti yang sempat disinggung di atas materi utama di kelas MIPA pastinya berkaitan dengan perhitungan guys. Mulai dari matematika, kimia, sampai fisika sebagai cabang ilmu yang memadukan matematika dengan teori. Buat kamu yang kurang menyukai atau kesulitan dalam mengerjakan soal matematika di SMP maka harus kembali menimbang ulang untuk masuk MIPA.

Baca Juga:  Tertarik Masuk MIPA? Yuk, Simak Dulu 6 Keunggulan dan Kelemahan Jurusan MIPA di SMA!

Risiko lainnya juga terjadi ketika kamu tertinggal materi satu kali saja guys. Diperlukan effort yang cukup besar untuk kembali mengejar ketertinggalan. Sehingga usahakan untuk selalu bertanya apabila menemukan sebuah materi yang kurang dikuasai. 

2. Mental yang kuat

Di kelas MIPA sendiri selain berbagai materi pelajaran yang mengharuskanmu untuk berpikir secara cermat menggunakan logika dan kemampuan dalam berhitung, kamu juga harus memiliki mental yang kuat ya guys. Ada banyak kasus siswa yang akhirnya stress karena tidak memiliki mental yang kuat dalam menghadapi berbagai mata pelajaran di kelas MIPA. 

3. Umumnya siswa bersifat individualis

Berbeda dengan kelas IPS yang memiliki predikat sebagai kelas dengan solidaritas cukup tinggi, kelas MIPA justru berkebalikan dengannya. Di kelas MIPA sendiri umumnya terdiri dari berbagai siswa yang lebih individualis. Terutama dalam urusan nilai, maka rasa untuk mementingkan diri sendiri lebih tinggi guys

So, akan jarang kamu temui kelas MIPA yang benar-benar melakukan kerja sama dalam ujian. Mungkin akan berbagai jawaban dengan teman dekat, tetapi apakah jawaban tersebut sama dengan yang ditulis atau tidak, tidak ada yang benar-benar menjamin guys. Setidaknya, gambaran kelas MIPA yang heterogen tercermin di sini.

Nah, di atas ialah sekilas mengenai kelas MIPA beserta kekurangan dan kelebihannya guys. Tentunya kondisi di atas berdasarkan beberapa kasus yang umumnya terjadi di Indonesia, bisa juga hal di atas tidak terjadi di SMA yang kamu tuju. Intinya, untuk masuk MIPA pastikan sesuai dengan keinginanmu dari dalam hati guys. Apabila kamu melakukannya dengan senang hati, pastinya berbagai rintangan di kelas dapat kamu lewati kok!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

4 Info Jurusan Ekonomi Pembangunan yang Paling Penting, Progdi Unik dengan Peminat Tinggi

Guys, siapa nih di antara kamu yang belum pernah mendengar jurusan ekonomi pembangunan? Wa…