Ingin Masuk Fakultas Kedokteran? Ketahui 6 Hal Ini!

Hola guys! Pengumuman mengenai SBMPTN 2021 udah diumumin aja nih! Gimana, udah sampai mana persiapan kamu? By the way juga nih, kira-kira kamu udah pada tau belum mau masuk jurusan atau fakultas mana? Mungkin juga universitas mana yang ingin kamu daftar di SBMPTN 2021? Jadi guys, kali ini aku bakal share sedikit nih mengenai FK alias fakultas kedokteran.

Sebagai salah satu fakultas yang selalu ramai peminat tiap tahunnya, kamu tau ga sih apa aja yang diperlukan ketika masuk FK? Ga hanya nilai UTBK yang bagus aja lho guys! Ternyata juga ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan nih buat masuk FK. Penasaran, kira-kira apa aja ya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini ya guys!

unrecognizable crop man in wristwatch with stethoscope
Kesehatan Masyarakat

Kenalan Dulu Nih Sama Fakultas Kedokteran 

Kamu udah pada kenalan belum nih sama fakultas kedokteran? Tau ga sih kalau fakultas kedokteran ga hanya belajar tentang penyakit atau anatomi tubuh aja lho guys, memang fokus utamanya kurang lebih di bidang biologi guys. namun, kamu juga akan mempelajari beberapa materi yang biasanya kamu pelajari di pelajaran kimia juga guys

Ilmu kedokteran sendiri bisa diartikan sebagai sebuah ilmu atau pengetahuan mengenai pemeliharaan kesehatan tubuh manusia, pengobatan, serta pencegahan sampai identifikasi dari beberapa penyakit nih. Kamu akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan manusia, termasuk metabolisme tubuh juga guys

Ga lupa nih, kamu akan berada di garda paling depan dalam penanganan penyakit atau kecelakaan yang berkaitan dengan kesehatan tubuh manusia. Contohnya aja nih, seperti saat pandemi Corona terjadi maka dokter ada di garda paling depan untuk mengobati pasien sampai mengidentifikasi berbagai virus baru yang memiliki potensi berbahaya. 

Baca Juga:  Daftar Jurusan yang Cocok Untuk Anak Introvert

So, mempelajari ilmu kedokteran ga hanya untuk meraih gelar dokter juga guys karena nantinya ketika kamu lulus dan menjadi seorang dokter maka kemanusiaan lebih diutamakan daripada teori-teori yang sempat kamu pelajari sebelumnya. 

Apa Aja Sih yang Harus Dipersiapkan Untuk Masuk FK?

Nah, kalau tadi kamu udah kenalan sekilas dengan ilmu kedokteran maka kini kamu harus tahu juga nih apa aja ya yang dipersiapkan untuk masuk kedokteran itu sendiri? Simak uraiannya di bawah ini guys!

1. Hafalan sampai hitung-hitungan

Yap, yang pertama yang harus kamu siapkan ialah skill dalam menghafal sampai menghitung secara cermat dan teliti ya guys. Seperti yang udah disinggung di atas guys, sebagian besar materi yang akan kamu pelajari di ilmu kedokteran berkaitan dengan mata pelajaran biologi yang kini kamu temui di SMA.

Tentunya kamu harus memiliki skill dalam menghafal yang kuat ya guys! Mulai dari anatomi tubuh, berbagai macam penyakit dan virus, sampai penanganan yang tepat. Tak lupa juga kamu juga harus mempelajari konsep kimia kalau bisa fisika juga guys. Paling tidak kamu memahami dengan benar konsep materi yang diajarkan. 

Beberapa konsep yang digunakan di bangku kuliah seperti ikatan antar ion, reaksi kimia terutama yang terjadi di dalam tubuh manusia, konsep fisika kuantum secara sederhana, sampai vektor. So, semangatt guys!

2. Berpikir secara sistematis

Persiapan masuk FK yang kedua ialah berpikir secara sistematis nih guys. Eits, buat kamu yang masih bertanya-tanya apa sih yang dimaksud berpikir secara sistematis. Secara sederhana berpikir secara sistematis dapat diartikan sebagai kemampuan untuk berpikir atau memecahkan sebuah masalah secara bertahap dan menyeluruh. 

Baca Juga:  10 Tips Masuk PTN untuk Siswa SMK

Misalnya aja nih, dalam mengidentifikasi ikatan ion dalam tubuh manusia yang terjadi pada seseorang maka kamu harus mengidentifikasi secara bertahap sesuai dengan teori yang pernah dipelajari. Tak lupa hasil analisis juga dilakukan secara menyeluruh dengan tepat. Intinya kamu harus menggunakan logika secara cermat guys

Konsep ini juga diperlukan bagi kamu yang ingin masuk fakultas teknik, khususnya teknik sipil, industri, sampai kimia.

3. Bahasa Inggris yang kuat

Next, kamu juga harus mempersiapkan kemampuan dalam berbahasa khususnya bahasa Inggris guys. Hal ini dikarenakan tentunya istilah yang digunakan kemungkinan besar menggunakan bahasa Inggris lho, apalagi buku-buku yang akan kamu gunakan nantinya sebagian besar berbahasa Inggris guys

Tentunya kamu akan jarang menemukan buku kedokteran yang worth it menggunakan bahsa Indonesia. Mengapa? Karena ilmu kedokteran akan terus mengalami perubahan dari hari ke hari guys dan ongkos penerjemahan ke berbagai bahasa itu ga sedikit. So, akan lebih worth it kalau kamu membeli buku dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. 

Oh iya, kemampuan bahasa Inggris ini ga hanya bagi anak kedokteran aja ya guys. Hampir semua fakultas di dunia perkuliahan menggunakan bahasa Inggris lho sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. 

4. Aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Selanjutnya nih, untuk masuk FK kamu diharapkan memiliki rasa ingin tahu yang luar biasa guys. Agar semakin pandai dalam menganalisis apalagi di berbagai kasus yang jumlahnya bisa jutaan, maka kamu diharuskan memiliki rasa ingin tahu. Mulai dari rasa ingin tahu terhadap suatu kasus, materi baru, sampai berbagai materi yang mungkin tidak kamu dapatkan dalam materi kuliah biasa. 

Ga lupa, semangat untuk selalu aktif ya guys. Mulai dari aktif bertanya sampai membantu dosen. Mengapa? Tentunya hal ini bisa menjadi taktik dalam mempercepat perkuliahan di kedokteran. Pastinya kamu tahu dong kalau kuliah kedokteran dapat menghabiskan waktu hingga 7 tahun sampai menjadi dokter yang bisa bekerja di rumah sakit secara legal. 

Baca Juga:  9 Tips Memilih Organisasi dan UKM di Kampus

5. Pantang menyerah dan mau belajar

Yap, berbeda dengan beberapa ilmu lain yang memiliki teori yang tetap dalam menjawab berbagai soal maupun masalah, di ilmu kedokteran kamu diharuskan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan dari setiap pasien. Tentunya berbeda kasus akan memiliki penanganan yang berbeda pula guys

So, kalau kamu mengalami kesalahan atau kegagalan, jangan cepat menyerah. Kamu akan selalu bertemu dengan berbagai kasus baru yang berbeda setiap harinya yang menuntut kamu untuk terus belajar dan tidak menyerah apabila mengalami kegagalan sekali.

Ini penting banget guys, karena ada banyak mahasiswa yang mungkin menyerah di awal dan enggan untuk belajar. Alhasil kuliah pun semakin panjang dan ada banyak materi yang kian menunggu untuk dipelajari. 

6. Mental baja

Terakhir nih, dalam kuliah kedokteran kamu diharuskan memiliki mental sekuat baja. Entah dalam mengerjakan tugas kuliah, menghadapi kakak tingkat, sampai berbagai jenis dokter. Intinya mental baja sangat diperlukan apabila kamu ingin bertahan di fakultas kedokteran guys

Tentunya ada banyak tekanan dan materi yang buat kamu lelah dalam belajar, tetapi untuk meraih cita-cita kamu harus terus memiliki semangat yang kuat dan mental sekuat baja untuk menghadapinya guys!

Nah, di atas adalah sekilas mengenai fakultas kedokteran sampai beberapa persiapan sederhana untuk masuk FK ya guys. Ingat, untuk masuk kedokteran kamu harus memiliki semangat yang benar-benar tinggi untuk menjadi seorang dokter. Tak hanya materi yang berlimpah, tetapi biaya yang cukup tinggi akan sangat sayang kalau tidak digunakan secara maksimal guys.

Untuk kamu yang ingin masuk kedokteran, maka terus semangat ya!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Daftar LMS Terbaik, Ruangkelas Memang Paling Juara Guys!

Di tahun 2021 ini, pandemi belum juga berakhir guys. Terpaksa berbagai pembelajaran harus …