10 Kelebihan dari Jurusan Bahasa di SMA

Kelebihan Jurusan Bahasa – Bahasa adalah bagaimana cara kita menyampaikan sesuatu. Ada banyak sekali bahasa yang ada di dunia. Dan bahasa sendiri telah menjadi ciri khas dari sebuah negara. Bukan hanya negara saja, namun setiap daerah di indonesia juga memiliki bahasanya masing masing. Dan itu menjadi budaya khas dari setiap daerah.

Ternyata bahasa lebih dari sekedar ucapan saja. Kamu bisa menemukan filosofi, keindahan dan sejarah dari bahasa itu sendiri hanya dengan mempepajarinya di jenjang perkuliahan. Jangan sekali kamu remehkan jurusan bahasa, ternyata jurusan ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jurusan lain loh

Untuk menunjang kamu dalam mengambil jurusan bahasa kamu bisa gunakan aplikasi belajar Bahasa Inggris, untuk aplikasi belajar Bahasa Inggris terbaik silahkan lihat di halaman Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik.

10 Kelebihan Jurusan Bahasa

1.Bebas dari Berhitung

Ini nih salah satu alasan mengapa orang begitu antusias masuk jurusan bahasa. Mereka yang tidak suka pelajaran berhitung, jurusan bahasa bisa menjadi alternatif terbaik. Di jurusan ini kamu lebih banyak mempelajari makna kata, sastra, dan lain sebagainnya. 

2. Jurusan Langka

Iya benar, bahasa ada banyak sekali di dunia ini, dan hanya sedikit universitas yang memiliki jurusan bahasa tertentu. Semisal saja nih, jurusan bahasa belanda hanya bisa ditemukan di Universitas Indonesia (UI) dengan daya tampung 45 orang per tahun.

3. Dapat Memahami Bahasa dengan Baik

Penggunaan bahasa, retorika, diksi, dan mimik dalam pengucapan dari bahasa tertentu akan semakin baik. Sehingga tak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi translator pribadi atau bahkan pembicara di depan televisi atau radio.

4. Jago Berbicara dengan Fasih

Di jurusan bahasa, kamu akan memiliki banyak sekali kosa kata. Entah itu di jurusan sastra indonesia atau yang lainnya. Sehinga nantinya kamu akan lebih pandai memilih kata yang tepat dari setiap obrolan.

5. Prospek Kerja Luas

Sedikit saingan dan memiliki lapangan pekerjaan yang luas merupakan kelebihan jurusan bahasa yang tidak dimiliki oleh jurusan lain. Emang jadi apa setelah lulus jurusan bahasa? Kamu bisa menjadi translator, content writer, duta besar, dan lain sebagainnya. 

6. Minim Saingan

Jurusan bahasa bisa dibilang selipan dari jurusan lainnya, sehingga banyak orang yang tidak mengetahui. Bahkan bisa dibilang orang yang masuk jurusan bahasa belum tentu menaruh minat di sana. Ini mengindikasikan kalau saingan di jurusan bahasa begitu mudah.

7. Beragam Jurusan Bahasa

Sepertinya masing masing dari bahasa di dunia ini ada jurusan khususnya sendiri loh. Semisal jurusan sastra Jepang, sastra Mandarin, sastra Rusia, sastra Arab, sastra Inggris, Korea, dan lain sebagainnya. Dan masing masing jurusan tersebut langka di indonesia. 

8. Dasar untuk Mempelajari Ilmu

Jika kita hendak mempelajari sesuatu, tentu kita harus paham dengan bahasa tersebut. Semisal bahasa inggris yang menjadi bahasa universal untuk segala informasi. Tentu dengan mempelajari sastra inggris, kamu bisa memahami bahasa inggris dengan mudah ketimbang orang yang belajar bahasa inggris dari keseharian.

9.  Melatih Kemampuan Otak dan Perasaan

Kenapa orang yang belajar bahasa dapat melatih kemampuan otak dan perasaan? Jadi gini, otak kita akan bekerja lebih ketika kita menggunakan bahasa yang bukan bahasa asli kita. Sedangkan perasaan dapat dilatih dengan memahami mimik dari pengucap bahasa tersebut.

10. Mudah Melakukan Segala Hal

Siapa toh yang tidak suka ketika kita membaca artikel bahasa inggris di internet dan kita bisa memahaminya dengan baik? Tentu semua akan menginginkannya. Apalagi kita membaca artikel dari bahasa asing lainnya, atau kita hendak berlibur di negara tertentu.

Jangan lupa baca juga artikel tentang perbedaan jurusan IPA dengan IPS untuk menambah wawasan dan pengetahuan kamu sebelum memilih jurusan yang tepat.

Di atas merupakan 10 kelebihan jurusan bahasa yang tidak dimiliki oleh jurusan lain. Kamu bisa memberikan pertimbangan yang matang ketika hendak memilih jurusan bahasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ide Dekorasi Kelas Tema Wayang dan Tips Dekorasinya

Ide Dekorasi Kelas |¬†Pernah kepikiran tentang dekorasi kelas tema wayang? Dekorasi kelas a…