pkn stan

Kuota Jurusan PKN STAN Lumayan Besar Sampai 3.000!

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN di bawah naungan kementrian Keuangan, membuka kesempatan bagi kamu yang mau jadi pegawai negeri sipil bidang keuangan. Tahun ini ada sembilan program studi yang dibuka untuk umum dengan kuota 3.000 mahasiswa baru. Apa saja program studi tersebut?

Jika melihat kuota dari tahun ke tahun, penerimaan PKN STAN memang tak jauh berbeda, sebab sudah ada sistem yang jelas dari perguruan tinggi tersebut dalam menerima mahasiswa baru. Hal ini juga dikarenakan setiap tahun pastinya ada mahasiswa yang lulus dan diangkat jadi PNS, dan banyak PNS yang pensiun, sehingga kebutuhan tenaga keuangan pasti akan selalu ada.

Ini Dia 9 Program Studi PKN STAN

Perguruan tinggi yang sudah ada sejak tahun 1950an ini memang punya wajah baru sejak tahun 2015 silam. Jika biasanya bernama Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) kini menjadi PKN STAN yang memiliki empat jurusan utama yaitu Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai serta Manajemen Keuangan. Jumlah program studinya ada sembilan, dan tahun ini semuanya memiliki kuota yang siap kamu isi.

Pertama adalah program studi Diploma I Kebendaharaan Negara yang membutuhkan 138 mahasiswa baru. Kemudian ada Diploma I Pajak dengan kuota 355 orang, selanjutnya Diploma I Kepabeanan dan Cukai dengan kuota 57 orang saja. Lalu ada program studi selanjutnya yaitu Diploma III Kebendaharaan Negara dengan kebutuhan 251 mahasiswa baru.

Selanjutnya adalah program studi Diploma III Pajak dengan kuota sebanyak 551 mahasiswa, adalagi program studi Pajak Bumi dan Bangunan atau Penilai sebanyak 311 mahasiswa, kemudian Diploma III Kepabeanan dan Cukai 33 orang, Diploma III Manajemen Aset 90 orang dan Diploma III Akuntansi sebanyak 1.214 orang.

Baca Juga:  Daftar Sekolah Kedinasan Perhubungan Untuk Taruna

Semua mahasiswa yang terjaring dalam seleksi PKN STAN tahun ini akan menjalani pendidikan tanpa dipungut bayaran apapun lho! Bukan itu saja, selesai pendidikan sudah dipastikan jebolan PKN STAN akan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementrian Keuangan atau instansi lainnya sesuai dengan kebutuhan yang ada. Jadi sangat menggiurkan bagi kamu yang berminat jadi PNS.

Bagaimana Cara Memilih Jurusan Yang Tepat?

Bicara soal jurusan yang tepat tentunya sesuai dengan keinginan kamu, tapi pastikan orientasinya jauh ke depan bukan saja untuk menjalani pendidikan saja. Mulailah dengan mencari referensi yang tepat terkait masing-masing program studi yang ada, kemudian kamu pahami dan rasakan mana yang benar-benar sesuai dengan ilmu yang kamu sudah kuasai dan akan kamu perdalam nantinya.

Kalau masih bingung kamu bisa minta pendapat orang terdekat sebagai referensi. Jangan sampai kamu salah ambil jurusan yang berakibat pada nilai saat pendidikan nanti. Karena sama halnya dengan perguruan tinggi lain, PKN STAN tentu memiliki standar nilai sendiri untuk meluluskan mahasiswanya yang kemudian akan diangkat menjadi PNS.

Satu hal yang juga harus kamu pastikan adalah jangan terfokus pada satu program studi saja, pilihlah minimal tiga kandidat, karena kamu juga harus melihat quota yang tersedia. Sebagai contoh adalah kuota Diploma III Kepabeanan dan Cukai yang hanya 33 dengan pelamar ribuan dibandingkan Diploma III Akuntansi yang kuotanya 1.214 dengan pelamar ribuan, kans untuk lolos Akuntansi lebih besar bukan?

Dengan dibukanya kesempatan sebanyak 3.000 kuota PKN STAN pasti akan membuat kamu yang pengen jadi PNS sangat antusias. Pastikan kamu membaca semua informasi terkait kuota hingga cara mendaftar yang benar agar potensi untuk lulus bisa lebih besar.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bimbel Online Untuk Persiapan Masuk STAN

Kamu pengen punya kesempatan lebih besar untuk bergabung jadi mahasiswa Politeknik Keuanga…