pkn stan

Cara Daftar STAN, Nomor 2 Kesalahan Sering Terjadi!

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Buat kamu yang mau menjadi bagian Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tahun ini, bisa mulai mempersiapkan diri dan dokumen yang ada untuk melakukan pendaftaran. Karena cara daftarnya tergolong mudah kok, asalkan kamu memiliki semua syarat yang dibutuhkan. Mau tahu bagaimana cara lengkap mendaftarnya?

3 Tahap Pendaftaran di PKN STAN

Untuk mendaftar di PKN STAN ada tiga tahapan yang harus kamu lewati, yaitu tahapan pendaftaran awal, lalu lanjut pada tahapan update informasi dokumen pendaftaran, dan ketiga adalah tahapan pembayaran biaya pendaftaran. Semua tahapan tersebut sudah punya jadwal yang jelas, jadi kamu tinggal mengikuti sesuai jadwal yang ada.

1. Tahap Dokumentasi

Pada tahap ini kamu harus mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari KTP, KK, nilai ijazah, maupun nilai rata-rata hingga semesper ganjil kelas XII. Simpan dengan menggunakan format PDF pada komputermu, sehingga memudahkan saat pengisian formulir pendaftaran yang pasti membutuhkan unggahan dokumen tersebut.

Kamu bisa meminta bantuan orangtua atau orang dewasa lainnya untuk memindahkan datamu ke komputer. Karena pada saat mengunggah dokumen harus benar-benar sesuai dengan yang diminta oleh PKN STAN.

2. Tahap Mendaftar

Pada tahapan ini, pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan registrasi pada website yang sudah ditentukan oleh PKN STAN yaitu https://sscasn.bkn.go.id.

Untuk tahap awal tahun 2019 jadwalnya adalah pada tanggal 9 April hingga 30 April. Mulai dengan pilih menu sistem seleksi CPNS melalui pendidikan kedinasan.

Pada menu tersebut kamu diminta memasukkan data nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK). Gunanya adalah untuk mendapatkan user ID dan password untuk bisa masuk ke website tersebut. kemudian kamu bisa login dan pilih PKN STAN, jangan lupa isi data  sesuai formulir yang disediakan serta unggah dokumen yang diminta. Lalu cek resumemu dan cetak bukti daftar.

Baca Juga:  Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Mohon untuk berhati-hati dalam mengisi data nomor KTP dan KK, jika terjadi kesalahan dalam input data, bisa menyebabkan data kamu tidak valid, dan kemungkinan tidak lolos seleksi.

Kemudian kamu masuk ke website http://spmb.pknstan.ac.id untuk mendaftar, dengan menggunakan ID dan password yang sudah kamu miliki. Isi pilihan jurusan yang kamu inginkan, serta data yang terdapat di formulir tersebut. lalu kamu akan mendapatkan kode billing untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri.

3. Tahap Pembayaran

Pada tahap ini pastikan terlebih dahulu bahwa semua data yang kamu masukkan ke dalam formulir registrasi online sudah benar. Pastikan juga kamu sudah mendapatkan kode billing dan virtual account untuk melakukan pembayaran.

Pembayaran bisa dilakukan dengan metode transfer menggunakan anjungan tunai mandiri (ATM), internet banking, atau cara bayar yang mengakomodir virtual account di bank manapun. Jika kamu kesulitan menggunakan virtual account jangan ragu untuk bertanya kepada pihak bank, karena hal itu menyangkut kesempatanmu untuk ikut seleksi PKN STAn selanjutnya.

Syarat Khusus Daftar PKN STAN

Untuk kamu yang memilih program afirmasi, harus memberikan dokumen tambahan saat mendaftar pada website pendaftaran. Diantaranya adalah ijazah sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) milikmu. Selain itu jangan lupa menyertakan akta lahir dan KTP orangtua kandung, lengkap dengan KK dan surat dari kelurahan yang memastikan hubungan keluarga antara kamu dan orangtua.

Demikianlah cara mendaftar yang lengkap untuk kamu yang mau menjadi bagian dari PKN STAN. Jangan lupa untuk benar-benar teliti dalam memberikan data dan dokumen, karena itu sangat menentukan kesempatanmu untuk bisa lulus seleksi  ke tahap selanjutnya. Salah sedikit saja akan fatal akibatnya dan impianmu jadi PNS bidang keuanganpun akan tinggal impian.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bimbel Online Untuk Persiapan Masuk STAN

Kamu pengen punya kesempatan lebih besar untuk bergabung jadi mahasiswa Politeknik Keuanga…