pkn stan

3 Tahapan Seleksi Masuk STAN yang Perlu Kamu Perhatikan!

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Tahap seleksi masuk Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN merupakan langkah selanjutnya bagi kamu yang sudah melakukan pendaftaran dan dinyatakan bisa mengikuti seleksi. Ada beberapa tahapan yang harus kamu lewati untuk bisa menjadi bagian dari perguruan tinggi milik bergengsi di bidang keuangan milik pemerintah ini.

3 Tahapan Seleksi Yang Wajib Diikuti

Ada tiga tahapan utama dari proses seleksi mahasiswa PKN STAN. Dimulai dari seleksi ujian tertulis, dilanjutkan dengan seleksi psikotes dan diakhiri dengan Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK). Semua tes dilakukan dengan didampingi pengawas profesional sehingga kamu harus benar-benar teliti. Pastikan kamu sudah memiliki bekal yang cukup untuk mengikutinya agar hasilnya memuaskan.

Untuk syarat pendaftaran di PKN STAN, silahkan baca Syarat Pendaftaran di PKN STAN.

1. Tahap Ujian Tertulis

Untuk tahapan ini ujian akan dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT) sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Ujiannya akan meliputi tiga kategori yaitu:

Pertama, ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang merupakan ujian berbasis ilmu pengetahuan umum yang sudah kamu pelajari sejak SD hingga SMA.

Kedua, adalah Tes Potensi Akademik (TPA) yang sudah menjurus pada potensi akademik yang kamu pilih saat mendaftar. Misalnya kamu mendaftar untuk jurusan Kepabeanan dan Cukai, maka ujiannya akan lebih menjurus kepada semua yang berkaitan dengan bea dan cukai, namun tetap ada soal sekaitan dengan jurusan lain yang ada di PKN STAN.

Ketiga, adalah Tes Bahasa Inggris (TBI) yang akan memberikan gambaran sejauh mana penguasaanmu terhadap bahasa Inggris, baik itu structure kalimat, hingga conversation. Tes ini juga selalu dilakukan untuk seleksi semua universitas juga tes seleksi karyawan dimana saja. Jadi pastikan kamu sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Baca Juga:  Jadwal Pendaftaran PKN STAN, Awas Jangan Sampai Telat!

2. Tahap Ujian Psikotes

Psikotes baru bisa kamu ikuti jika sudah dinyatakan lulus pada tes tertulis sebelumnya. Jadwalnyapun berbeda dengan ujian tertulis. Pada ujian ini materinya lebih kepada melihat karaktermu sebagai individu hingga kesesuaian pribadimu dengan standar PKN STAN. Jadi pastikan kamu juga sudah memahami banyak hal sekaitan jurusan yang kamu pilih.

3. Tahap Ujian Kesehatan dan Kebugaran

UKK hanya bisa diikuti bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus untuk ujian tertulis dan ujian kompetensi akademik. Beberapa jenis ujian yang akan diberikan adalah :

a. Tes Kesehatan

Pada tes ini akan dilakukan pengecekan langsung tinggi badan serta berat badanmu apakai sesuai dengan informasi yang diberikan pada formulir pendaftaran. Kemudian ada juga tes untuk mengetahui tekanan darahmu, pemeriksaan mata, dan beberapa pemeriksaan standar lainnya.

b. Tes Kebugaran

Tes ini untuk menilai kebugaranmu, dengan cara olahraga lari berkeliling lintasan yang telah ditentukan serta shuttle run. Tes khusus akan dilakukan pada calon mahasiswa jurusan untuk kategori Diploma I dan Diploma III Kebapeanan dan Cukai dimana mereka juga akan diminta melakukan pull up, shit up dan jenis tes kebugaran lainnya.

Semua tes akan dilakukan pada 30 kota yang ada di Indonesia diantaranya adalah Jakarta, Aceh, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Bengkulu, Bandar Lampung, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denasar, Mataram, Kupang Pontianak,Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Palu, Makassar, Ambon, Sorong, Jayapura, Tual, Ternate, dan Merauke.

Tertarik untuk untuk daftar di PKN STAN? Silahkan baca Jadwal Pendaftaran Seleksi Masuk STAN.

Mempersiapkan diri baik itu pengetahuan maupun kesehatan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan sebelum mengikuti tes seleksi mahasiswa PKN STAN. Karena untuk menjadi bagian dari perguruan tinggi ini kamu harus benar-benar mampu mengikuti tes dengan baik dan memiliki hasil yang sesuai dengan standar penerimaannya.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bimbel Online Untuk Persiapan Masuk STAN

Kamu pengen punya kesempatan lebih besar untuk bergabung jadi mahasiswa Politeknik Keuanga…