10 Manfaat Merantau Saat Kuliah Yang Perlu Kamu Tahu

Mungkin sebagian dari kalian yang masih muda tentunya yang tinggal di daerah pinggiran kota atau di pedesaan, menimba ilmu di perkuliahan tengah kota adalah suatu cita-cita yang sangat amat dibanggakan dan diimpikan bagi kalian.

Apalagi jika kalian masuk ke dalam suatu Perguruan Tinggi Negeri terfavorit di Indonesia maupun luar negeri, sungguh itu adalah hal yang sangat membanggakan.

Disamping itu, kamu harus dan wajib mempersiapkan diri saat ingin merantau di kota orang atau bisa jadi di negara orang lain yang menjadi tempat bagi kamu untuk menimba ilmu ke depannya.

Merantau memberikan kamu pengalaman dan manfaat baru bagi kamu yang belum pernah merasakan apa itu dunia perantauan. Disini akan dibahas mengenai 10 manfaat merantau saat kuliah yang perlu kalian ketahui. Yuk simak baik-baik!

Manfaat Merantau Saat Kuliah

1. Menjadi pribadi yang mandiri

manfaat merantau saat kuliah
Photo by Gabby K on Pexels.com

Sebagai anak rantau, sifat mandiri akan timbul dengan sendirinya ketika kamu jauh dari orang tua. Dimana yang sebelumnya makan tinggal ambil piring, nasi, lauk, lalu dimakan, kali ini kamu diharuskan untuk menyiapkan makanan terlebih dahulu. Bisa melalui masak ataupun beli di luar, yang akan menjadi kebiasaan kita yang baru.

Setelah makan biasanya kamu tinggal menaruh piring di tempat cuci piring, lalu nantinya ada yang mencucinya. Kali ini kamu harus secara mandiri mencuci piring ketika selesai makan.

Baca Juga:  Jurusan Fashion Design Hanya Menggambar Saja? Tentu Tidak Kawan, Yuk Kenalan Lebih Dalam Dengan Fashion Design!

Selain itu, masih banyak hal lain yang bisa dikerjakan secara mandiri dan sangat bermanfaat bagi kita ke depannya menjalani kehidupan masa depan kelak. Dengan merantau maka kamu akan semakin mandiri.

2. Belajar Hemat

person holding coin
Photo by maitree rimthong on Pexels.com

Jika kamu sedang merantau saat kuliah dan tidak dalam bekerja, kalian pasti beri jatah uang saku, bisa juga dibilang jatah uang bulanan atau mingguan bagi kalian untuk bertahan hidup di tempat perantauan. Kamu diharuskan untuk mengatur pengeluaranmu dengan baik agar tidak mengalami pemborosan dalam pengeluaran uang.

Kamu akan terbiasa dengan kebiasaan kamu yang lama seperti suka nongkrong ataupun jajan, secara tidak langsung akan berpikir dua kali ketika kamu ingin mengeluarkan uang walaupun itu adalah hal sepele yang kamu inginkan. Secara tidak langsung kamu juga akan otomatis belajar berhemat.

3. Beradaptasi dengan lingkungan yang baru

focused diverse colleagues analyzing project together in office
Photo by Gabby K on Pexels.com

Kota baru, tempat baru, suasana baru. Kalian secara tidak langsung akan belajar bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Walaupun ada beberapa hal yang mungkin akan membuatmu sering homesick saat baru di daerah perantauan, tapi kamu bisa belajar untuk beradaptasi.

Kamu yang terbawa akan suasana baru di kota maupun di negara yang kamu tinggali, dapat membantumu untuk membentuk pribadi yang lebih baik. Kamu akan banyak belajar tentang hal mengenai menghargai orang lain dan memiliki sifat toleransi yang tinggi.

4. Menjadikan diri sendiri menjadi pribadi yang lebih dewasa

photo of woman standing in front of blackboard
Photo by Max Fischer on Pexels.com

Rasa rindu terhadap keluarga dan kampung halaman menjadi hal yang sudah pasti terjadi bagi kamu sebagai anak perantauan. Kita tidak mungkin akan larut ke dalam kesedihan akan rasa rindu yang amat dalam ketika kita merasa kangen dengan kampung halaman.

Baca Juga:  Prospek Kerja Ilmu Gizi, Sangat Menjanjikan Lho!

Secara tidak sadar, kamu akan selalu mencari cara untuk menghadapi suatu masalah yang akan dihadapi agar tidak terlarut dalam rindu itu terus menerus. Dan secara tidak sadar pula, kamu akan menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam menyikapi masalah.

5. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi

diverse friends greeting each other with elbows
Photo by William Fortunato on Pexels.com

Dengan menjadi anak rantau, kamu bisa membuat dirimu mempunyai rasa tanggung jawab. Bertanggung jawab dengan diri sendiri maupun dengan orang lain menjadi hal yang wajib kita tanamkan pada diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Rasa tanggung jawab yang tinggi akan selalu membuat kalian menjaga kehormatan diri. Hal inilah yang akan bisa kamu dapatkan ketika kamu merantau saat kuliah.

6. Memiliki prioritas kehidupan

confident black young man relaxing with raised arms and closed eyes in nature
Photo by Hebert Santos on Pexels.com

Kamu yang merantau saat kuliah, akan memiliki tujuan masa depan yang ingin kamu capai. Walaupun semua orang juga mempunyai tujuan tersebut, tapi hal itu berbeda ketika kamu memiliki pengalaman merantau. Bagi kamu yang merantau, kamu akan belajar mengenai prioritas kehidupan. Salah satunya adalah mencapai tujuan tersebut.

Bisa dengan belajar dengan giat, ataupun jika kalian memilih untuk menjadi pengusaha, mungkin kalian sudah menjalani usaha kecil-kecilan untuk mewujudkan impian masa depan yang kamu inginkan. Kamu juga akan memiliki keputusan untuk menyelesaikan studi tepat waktu agar kamu bisa segera mungkin mewujudkan apa itu cita-cita kalian.

7. Menjadi lebih Kreatif

close up of human hand
Photo by Pixabay on Pexels.com

Di dalam keadaan terdesak seperti masalah keuangan kalian yang habis sebelum akhir bulan terlebih di kala merantau, pikiran kalian pasti diuji untuk terus berpikir dengan jernih dan kreatif bagaimana cara untuk menghadapinya.

Keluarlah pikiran seperti membuka freelance atau bekerja paruh waktu (part time) akan bisa menjadi solusi untuk menghadapi situasi ini. Secara langsung maupun tidak langsung, ide-ide kreatif akan timbul pada pemikiran kalian.

Baca Juga:  10 Jurusan yang Paling Populer di SIMAK UI

8. Berani mengambil resiko

crop man standing on rock above sea
Photo by Max Vakhtbovych on Pexels.com

Sikap berani mengambil suatu risiko mungkin akan menjadi hal-hal yang akan sering kalian hadapi dalam kehidupan sehari hari. Contoh kecil seperti lebih memilih untuk jajan atau ingin membeli barang menjadi suatu pilihan yang membutuhkan pengorbanan. Lama-kelamaan kalian akan terbiasa belajar dan berani dalam mengambil suatu risiko. Dengan ini, kalian akan mempelajari suatu pemikiran yang kritis dalam menghadapi sesuatu.

9. Memiliki keluarga dan teman yang baru

cheerful multiethnic girlfriends taking selfie on smartphone on sunny day
Photo by Kampus Production on Pexels.com

Di saat kalian merantau, pasti kalian akan memiliki teman bahkan keluarga baru di tanah perantauan. Hal ini akan membuat kalian menjadi lebih bahagia dan beradaptasi dengan baik.

Kalian akan memiliki teman dekat yang bisa terasa sebagai keluarga dekat di tanah perantauan. Kalian bisa saling berbagi cerita dan juga bisa sebagai teman curhat ketika kalian berada di bawah tekanan ataupun juga bisa dalam rasa kesedihan.

10. Memiliki teman seperjuangan dari daerah lain

women standing near river
Photo by @thiszun (follow me on IG, FB) on Pexels.com

Manfaat satu ini hampir mirip dengan bahasan sebelumnya. Namun, di sini ada manfaat khusus yang tidak kalian dapatkan pada poin sebelumnya. Yaitu sama-sama berjuang hingga akhir semester atau dikatakan lulus.

Kamu dan teman seperjuanganmu dari daerah lain akan mendapatkan cerita yang bisa diceritakan kepada anak maupun cucu kalian kelak. Teman seperjuangan juga bisa menjadi teman sejati yang setia menemanimu saat suka maupun duka.

Nah, apakah kamu masih ragu untuk kuliah di luar kota atau merantau? Mungkin dengan membaca artikel kalian jadi termotivasi untuk merantau saat kuliah. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…