Categories: Kelas 10Matematika

Rangkuman Materi Matematika Kelas 10 K13 Revisi + PDF

Share

Hai teman-teman semua! Penulis ucapkan selamat karena kini kamu sudah naik ke jenjang yang lebih tinggi, yakni SMA. Kata orang guys, SMA adalah masa paling indah selama sekolah.

Oke, hari ini penulis akan membagikan rangkuman materi matematika kelas 10 K13 revisi khusus untuk kamu. Penulis berharap di jenjang yang baru ini kamu bisa semakin rajin menuntut ilmu.

Nah, kamu juga pasti udah tahu dong beragam manfaat dari membuat rangkuman? So, yuk langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Rangkuman Materi Matematika Kelas 10 K13 Revisi


Rangkuman Matematika Kelas 10 Semester 1

Pertama, penulis akan bagikan rangkuman khusus yang bisa kamu akses langsung hanya dalam satu kali klik aja guys. Kamu cukup klik judul materi yang diinginkan dan tadaa! Rangkuman super lengkap sudah siap untuk dipelajari.

BabRangkuman MateriDownload
1Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu VariabelPDF
2Sistem Persamaan Linear Tiga VariabelPDF

Rangkuman Matematika Kelas 10 Semester 2

Gimana lengkap dan menarik bukan rangkuman di atas? Kalau udah ada semester 1, maka ga lengkap ceritanya kalau penulis ga bagi rangkuman matematika kelas 10 di semester 2 nih.

So, kali ini penulis juga hadirkan untuk kamu rangkuman matematika semester 2 yang hanya terdiri dari 2 bab aja temen-temen.

BabRangkuman MateriDownload
3FungsiPDF
4TrigonometriPDF

Setelah membaca dan mungkin mencatat informasi penting pada rangkuman di atas, apakah kamu sudah paham tentang materi matematika di kelas 10 ini? Penulis maklumi kalau kamu mungkin kaget atau justru merasa kesulitan mengerjakan berbagai soal matematika.

Matematika di SMA memang cukup sulit dibandingkan yang telah kamu pelajari semasa SMP. Namun, jangan patah semangat ya untuk selalu berusaha.

By the way nih, penulis juga mau membagikan beberapa tips belajar matematika bagi anak SMA khusus untuk kamu guys. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini ya.

Cheerful Indian Boy/Student with Mathematics Problems

Tips Belajar Matematika bagi Anak SMA

1. Mencintai pelajarannya dulu

Yap, tips paling utama ialah mencintai pelajaran matematika dulu gengs. Gimana kamu bisa paham dengan cepat apabila dari dalam hati kamu sudah memendam kejengkelan terhadap mata pelajaran ini?

So, penulis sarankan untuk membuka hati selebar-lebarnya dalam mempelajari materi satu ini. Memang sulit awalnya, tapi lama-lama bakal kebiasa kok. Percaya deh! Oh iya, penulis juga sering denger mengenai keluhan siswa SMA kepada guru matematikanya.

Eits, hal ini wajib banget kamu hindari ya gengs. FYI, kalau kamu merasa jengkel atau marah dengan gurumu (di mata pelajaran apapun), alhasil di materi tersebut kamu juga akan lebih kesulitan untuk memahami.

2. Rajin mencatat

Next, tips belajar matematika yang kedua ialah rajin mencatat. Tahu ga sih guys, dengan mencatat sama aja kamu belajar dua kali lebih giat daripada mendengarkan gurumu menerangkan aja lho.

Apalagi dalam pembelajaran daring seperti ini. Hati-hati, pasti rawan banget untuk mengantuk dan ketiduran. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut maka penulis sarankan untuk mencatat penjelasan gurumu gengs.

Dengan mencatat kamu jadi lebih paham sekaligus mengingat materi yang telah diterangkan dalam pertemuan tersebut.

3. Latihan setiap hari

Tips kali ini pernah disampaikan guru SMA penulis langsung ke penulis. Dulu sewaktu SMA penulis mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika, fisika, kimia, yah semua yang berbau hitung-hitungan.

Di sisi lain, penulis sendiri adalah anak MIPA (emang salah jurusan guys, hiks). Sehingga guru penulis menyarankan untuk melakukan latihan setiap hari. Ga perlu yang ribet-ribet kata beliau.

Cukup sediakan 15-30 menit dalam sehari untuk mengulang materi atau mengerjakan satu sampai tiga soal matematika.

True testimoni ya gengs, cara ini work banget. Lumayan nilai penulis engga mendapat seratus atau sembilan puluh, setidaknya penulis sudah terhindari dari remidial yang menjadi langganan.

4. Membuat rangkuman

Tuh kan, rangkuman itu memiliki banyak banget manfaat lho, khususnya bagi pelajar guys. Dengan merangkum kamu bisa mempelajari kembali sekaligus mengingat berbagai materi yang pernah diajarkan kemarin-kemarin.

Ga hanya itu, sekarang juga sudah dimudahkan lho. Kamu tinggal kunjungi website Wirahadie.com, kemudian ketik rangkuman yang diinginkan dan tadaa! Semua rangkuman tersedia di website ini.

5. Les matematika

Ini menjadi cara terakhir apabila semua tips belajar matematika di atas tidak ada yang work untukmu. Kamu bisa mencoba privat atau bahkan mengikuti bimbingan belajar di kota kamu.

Nah, itu tadi rangkuman materi matematika kelas 10 K13 revisi sampai beberapa tips belajar matematika khusus bagi anak SMA nih. Penulis berharap di kelas 10 ini kamu bisa lebih memaksimalkan potensi dan prestasi yang kamu miliki ya.

Ingat gengs, pandemi bukan penghalang untuk berkembang lebih baik lagi. So, semangat terus pelajar Indonesia!

This post was last modified on November 30, 2021 3:45 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap, buku… Read More

Agustus 15, 2022

Kepoin Yuk 8 Rekomendasi Beasiswa S1 di Kampus Terbaik Dalam dan Luar Negeri!

Siapa sih di antara kamu yang tidak tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Yap, beasiswa menjadi salah… Read More

Agustus 14, 2022

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni peran… Read More

Agustus 11, 2022

7 Perjanjian Hindia Belanda dengan Indonesia, dari Masa VOC Hingga Pasca Kemerdekaan

Kamu tentu tidak asing bukan dengan sejarah mengenai Hindia-Belanda di Indonesia? Yap, Indonesia dan Belanda… Read More

Agustus 2, 2022

10 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sebelum Belajar, Dijamin Ampuh!

Halo guys, gimana kabarnya? Kabar baik disini. Semoga disana juga ya! Siapa sih yang nggak… Read More

Agustus 2, 2022

Ketahui Yuk 4 Jenis Future Tense dalam Bahasa Inggris

Halo guys, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Kamu tahu… Read More

Agustus 1, 2022