9 Tips Memilih Organisasi dan UKM di Kampus

Masa kuliah adalah masa-masa dimana kita mengembangkan diri lebih jauh. Selain belajar untuk mencapai prestasi akademik, mahasiswa juga perlu untuk mengembangkan dirinya lebih jauh.

Pengembangan diri dapat melalui pengembangan kemampuan komunikasi, leadership, kerja sama, dan masih banyak lagi. Salah satunya bisa kamu dapatkan dengan mengikuti organisasi atau UKM yang ada di kampus.

Ada banyak organisasi dan UKM yang ada di kampus. Lalu bagaimana cara memilih organisasi atau UKM? Yuk simak informasi berikut!

9 Tips Memilih Organisasi dan UKM di Kampus

Memilih Organisasi dan UKM di Kampus
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

1. Mencari tahu lebih dalam macam-macam organisasi dan UKM

Sebelum kamu memilih organisasi dan UKM yang ada di kampusmu, terlebih dahulu pastikan kamu sudah mencari tahu lebih dalam tentang organisasi dan UKM apa saja yang ada di kampusmu.

Kamu bisa mencari tahu dengan tanya ke senior yang ada di kampus, melihat papan mading, website kampus, atau melalui seminar dan pameran organisasi dan UKM yang biasanya diadakan di awal tahun ajaran baru.

Dengan mencari tahu lebih dalam, kamu bisa memilih mana organisasi dan UKM yang sesuai dengan dirimu. Jika ada pertanyaan tentang organisasi atau UKM, jangan ragu untuk menanyakannya agar kamu tidak ragu atau menyesal di kemudian hari setelah bergabung.

Baca Juga:  Mata Kuliah Ilmu Gizi IPB, Maba Wajib Tahun Nih!

2. Mencari tahu lebih dalam tentang program kegiatannya

Setelah mengetahui apa saja organisasi dan UKM yang ada di kampusmu, kamu juga perlu untuk mencari tahu lebih dalam apa saja program kegiatan mereka. Program kegiatan ini yang akan kamu jalani ketika kamu memilih bergabung dengan organisasi dan UKM tersebut kelak.

Oleh karena itu, kamu harus tahu dulu program apa saja yang mereka kerjakan. Walaupun kadang di setiap pergantian kepengurusan ada pengurangan atau penambahan program kerja, tetapi setiap organisasi atau UKM pada dasarnya mempunyai program kerja yang tetap. Jadi, cari tahu dulu ya sebelum memilih.

3. Mencari tahu lebih dalam tentang prestasi yang didapatkan

Prestasi yang didapatkan oleh sebuah organisasi atau UKM tidak harus sampai ke luar negeri atau nasional. Namun, alangkah baiknya jika sebuah organisasi dan UKM bisa mempunyai prestasi hingga tingkat nasional maupun internasional. Hal ini menunjukkan bahwa organisasi atau UKM itu mempunyai kredibilitas dan kinerja yang baik.

Namun, prestasi tidak hanya menjadi juara, prestasi juga bisa didapatkan seperti menjadi perwakilan BEM Seluruh Indonesia, mempunyai ruang sekret terbersih, menjadi organisasi atau UKM terbaik di kampus, bahkan program kerja yang sukses pun menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Tidak mudah lho menyelesaikan program kerja dengan sukses besar.

4. Memilih sesuai minat, bakat, kemampuan, dan passion

Setelah mendapatkan informasi seputar organisasi dan UKM, saatnya kamu mulai mempertimbangkan mana yang akan kamu ikuti. Ketika kamu akan memilih, pertimbangkanlah organisasi dan UKM mana yang sesuai dengan minat, bakat, kemampuan, dan passionmu.

Jika memilih sesuai dengan minat, maka kamu akan mengikutinya dengan senang hati dan tidak terpaksa. Kamu juga bisa mengembangkan bakatmu lebih jauh ketika memilih sesuai dengan bakatmu.

Baca Juga:  10 Jurusan yang Paling Banyak Diminati SNMPTN UI

Jangan sampai kamu memilih organisasi dan UKM yang di luar batas kemampuanmu karena kamu akan menjalaninya dengan kelabakan sehingga dapat mengganggu perkuliahan. Pertimbangan passion juga penting dalam memilih organisasi dan UKM. Jadi, pertimbangkan dengan baik ya.

5. Pilih sesuai keinginan diri, bukan ikut-ikutan

Ketika akan memilih, gunakan suara hati untuk memilih mana yang organisasi dan UKM yang akan kamu ikuti. Pilihlah sesuai dengan keinginan sendiri. Jangan sampai kamu ikut-ikutan dengan teman. Karena setiap orang punya minat, bakat, kemampuan, serta passion yang berbeda-beda.

Mungkin saja temanmu cocok dengan organisasi atau UKM itu, namun kamu belum tentu cocok. Jika kamu tidak cocok, kamu pasti akan menjalaninya dengan setengah hati atau ogah-ogahan. Oleh karena itu, pilihlah sesuai keinginanmu sendiri ya.

6. Tidak mengganggu jadwal kuliah

Mengikuti organisasi dan UKM memang penting, tapi jangan sampai kegiatannya mengganggu jadwal kuliahmu. Kamu harus tetap menjaga agar jadwal kuliahmu tidak berantakan.

Organisasi dan UKM yang baik akan membantumu menyeimbangkan antara kegiatan di luar kuliah dan kegiatan kuliah. Walaupun begitu, kamu juga harus berusaha mengaturnya agar tidak sampai mengganggu jadwal kuliah agar nilai dan tugasmu bisa berjalan dengan baik.

7. Tetap memprioritaskan kuliah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kuliah juga penting selain mengikuti organisasi dan UKM. Setelah memilih mana yang tidak mengganggu jadwal kuliah, kamu juga harus tetap memprioritaskan kuliahmu.

Karena tugas utamamu adalah belajar atau kuliah. Jangan sampai kamu mengesampingkan kuliahmu karena sibuk organisasi dan UKM. Hal ini akan berakibat buruk pada nilai kuliahmu. Bagaimanapun, nilai kuliah atau IPK tetap penting bagi masa depan.

8. Pilih yang bermanfaat

Memilih organisasi dan UKM memang tidak mudah. Salah satu pertimbangannya adalah memilih yang bermanfaat.

Baca Juga:  Jurusan Sepi Peminat dan Unik, Mungkin Cocok Denganmu!

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui lebih dalam tentang organisasi dan UKM sebelum memilih sehingga kamu bisa mengetahui apa saja yang sudah mereka capai dan kebermanfaatannya bagi anggota maupun pihak lain.

Tentu saja, dengan menjadi bermanfaat akan lebih berguna bukan?

9. Pilih yang membuat bahagia

Selain memilih yang bermanfaat, jangan lupa kamu juga harus mempertimbangkan hal satu ini, yaitu memilih yang membuatmu bahagia. Kalau kamu mengikuti organisasi dan UKM yang membuatmu bahagia, kamu akan dapat merasakan manfaatnya dan menjalaninya dengan baik dan enjoy.

Tetapi, jangan jadikan organisasi atau UKM sebagai pelarian dari kuliah ya. Memilih yang bahagia agar kamu bisa menikmati masa-masa kuliah dengan baik.

Itulah sembilan tips bagi kamu untuk memilih organisasi dan UKM yang tepat. Memilih memang tidak mudah, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba demi pengembangan diri yang lebih baik. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

6 Persiapan untuk Lanjut Studi S2 dengan Beasiswa

Belajar memang tidak terbatas sampai kapan dan dimana. Belajar bisa sampai umur berapapun …