10 Hal Yang Perlu Dicapai Saat Kuliah

Saat kuliah, kadang kita merasa bahwa hal yang perlu kita lakukan hanyalah belajar. Padahal selain belajar dan mendapatkan nilai yang bagus, ada banyak hal yang perlu kamu capai ketika kamu masih duduk di bangku perkuliahan lho.

Hal ini dapat membantumu meningkatkan kemampuan dan menambah pengalaman. Apa saja hal yang perlu dicapai saat kuliah? Yuk simak informasi berikut!

Perlu Dicapai Saat Kuliah
Photo by Jill Wellington on Pexels.com

10 Hal Yang Perlu Dicapai Saat Kuliah

1. Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan hal yang penting untuk dicapai, khususnya bagi pelajar. Bagi kamu yang duduk di bangku perkuliahan, prestasi akademik tentu saja bagian yang penting karena memang sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawabmu untuk meraihnya. Kamu harus melaksanakan kuliah dengan baik untuk mendapatkan ilmu dan nilai yang memuaskan.

Prestasi akademik bukan saja soal nilai ujian atau IPK yang baik atau tinggi, tapi juga soal keaktifan di kelas, pengembangan diri, dan masih banyak lagi. Jangan sampai kamu membuang waktumu selama di bangku perkuliahan untuk bermain-main atau melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat yang dapat berpengaruh pada prestasi akademikmu

2. Bergabung dalam organisasi

Selain prestasi akademik, hal yang perlu kamu capai saat kuliah adalah kemampuan-kemampuan yang berkaitan dengan kepemimpinan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bergabung dalam organisasi saat kuliah.

Kamu bisa mengikuti berbagai macam organisasi mulai dari tingkat jurusan, fakultas, maupun kampus. Selain mendapatkan ilmu tentang kepemimpinan, kamu juga bisa belajar tentang bekerja sama dalam tim, kemampuan komunikasi, dan masih banyak lagi.

3. Memperluas pergaulan atau relasi

Tidak semua mahasiswa suka bergaul dengan banyak orang, ada yang hanya bergaul dengan beberapa orang saja. Namun, perlu kamu ketahui bahwa bergaul dengan orang-orang yang memberikan kita dorongan atau semangat untuk lebih baik itu perlu.

Baca Juga:  Biaya Kuliah Ilmu Gizi di Perguruan Tinggi Negeri

Selain itu, memperluas pergaulan lintas jurusan dan fakultas bahkan lintas kampus juga perlu kamu capai ketika masih duduk di bangku perkuliahan. Relasi ini penting untuk membangun diri dan juga berguna untuk masa pasca kampusmu kelak.

4. Menabung

Anak kuliahan memang cenderung irit terutama anak kost. Walaupun tidak semuanya hemat, ada juga mahasiswa yang hidupnya standar bahkan tetap hidup mewah. Apapun gaya hidupmu sebagai mahasiswa, jangan lupa untuk menabung.

Menabung bukan berarti kamu terlalu hemat tetapi hal ini melatih kamu untuk hidup lebih baik dan tidak boros. Bahkan kamu juga bisa melatih kedisiplinanmu disini. Oleh karena itu, menabung adalah salah satu hal yang penting untuk dicapai saat masih kuliah.

5. Mengikuti event atau kegiatan

Jika kamu tidak bergabung dengan organisasi tetapi ingin belajar tentang kepemimpinan, komunikasi, dan juga kerja sama, kamu bisa bergabung dalam event atau kegiatan yang ada di kampusmu. Akan banyak event yang membuka open recruitment panitia.

Kamu bisa memilih sesuai bakat, minat, atau passion. Bahkan kamu juga bisa mencoba mendaftar pada bidang yang sebelumnya belum pernah kamu geluti. Sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman yang berharga yang mungkin kelak ilmunya bisa kamu terapkan di masa depan.

Selain bergabung menjadi panitia event, kamu juga bisa mengikuti seminar, workshop, atau conference yang diadakan kampusmu atau kampus lain. Bahkan kamu bisa mengikuti event-event yang ada di luar negeri. Ada yang menggunakan beasiswa, ada juga yang menggunakan dana sendiri. Semuanya akan sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan lho.

6. Menjadi asisten dosen atau asisten praktikum

Bagi kamu yang sudah di tahun kedua dan diatasnya, biasanya terdapat kesempatan untuk menjadi asisten praktikum. Kamu dapat mencobanya untuk menjadi asisten praktikum pada mata kuliah yang kamu sukai.

Baca Juga:  Yuk Kenalan Dengan Jurusan Kriminologi! Sepi Peminat, tetapi Sangat Diperlukan!

Hal ini dapat membantumu berbagi ilmu kepada adik tingkatmu serta menambah pengalamanmu untuk mengajar. Tentu saja ini berguna bagi kamu yang kelak ingin menjadi dosen. Kamu bisa mulai latihan mengajar ketika menjadi asisten praktikum.

Selain menjadi asisten praktikum, hal yang penting untuk dicapai saat kuliah adalah menjadi asisten dosen. Kesempatan menjadi asisten dosen memang tidak bisa didapatkan dengan mudah.

Kamu harus menjadi mahasiswa yang aktif dan mempunyai track record baik dalam bidang akademik. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Pengalaman dan ilmu yang kamu dapatkan sangat berharga lho.

7. Punya karya

Salah satu hal penting yang perlu kamu capai ketika masih kuliah adalah mempunyai karya. Ketika masa kuliah, biasanya ada event atau perlombaan yang mengharuskan mahasiswa membuat sebuah karya.

Melalui karya ini kamu bisa melatih kemampuan analisis, daya cipta, inovasi, kerja sama, dan lain-lain. Kamu juga bisa mendaftarkan karyamu sebagai hak cipta atau hak paten. Selain itu, karya yang kamu buat bisa kamu kembangkan menjadi wirausaha lho.

8. Bergabung dalam penelitian dosen

Pada umumnya dosen mempunyai penelitian yang dikerjakan bersama dosen lainnya, mahasiswa pascasarjana, atau pihak yang berkaitan. Jika ada kesempatan untuk bergabung, maka jangan ragu untuk mencoba.

Terjun langsung dalam penelitian dosen yang tentunya berskala besar akan membuatmu memperdalam ilmu dan menambah pengalaman lho. Hal ini sangat bermanfaat untuk kehidupanmu setelah kamu lulus.

Kamu bisa menerapkannya di tempat kerjamu nanti atau bahkan menjadi salah satu portofolio yang bisa kamu cantumkan untuk mendaftarkan diri sebagai bagian dari penelitian yang lebih besar lagi.

9. Pengalaman magang

Tidak semua jurusan mewajibkan mahasiswanya untuk menjalani magang sebagai mata kuliah untuk memberi gambaran nyata di dunia kerja. Jika jurusan kuliahmu tidak ada program magang, maka kamu dapat berinisiatif untuk mencari tempat magang.

Baca Juga:  5 Alasan Mahasiswa di D.O dari Kampus

Kamu bisa mencarinya di internet atau mendaftar langsung di perusahaan yang ingin kamu tuju. Pengalaman magang dapat memberikanmu pengalaman bagaimana langsung turun di dunia kerja. Sehingga kamu tidak akan kaget ketika sudah bekerja nanti.

10. Punya rencana setelah lulus

Ini adalah salah satu hal penting bagi mahasiswa di masa kuliah. Sejak kamu masuk dunia kuliah, kamu harus punya rencana setelah lulus. Rencana ini akan membantumu tetap di jalan yang ingin kamu tempuh.

Bukan berarti kamu tidak bisa merubah rencana yang ingin kamu capai kelak, tapi setidaknya dengan adanya rencana yang sudah kamu susun, kamu menjadi disiplin, semangat, dan tidak goyah untuk menggapainya setelah lulus nanti.

Itulah sepuluh hal yang perlu kamu capai saat kuliah. Gunakanlah waktumu dengan baik untuk menambah ilmu dan juga pengalaman yang berharga selagi ada kesempatan. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…