5 Pekerjaan yang Cocok Dikerjakan Sambil Kuliah

Kuliah sambil kerja mungkin saat ini dibutuhkan oleh banyak orang. Selain ingin menimba ilmu, mahasiswa juga ingin mendapatkan uang tambahan untuk keperluan sehari-hari. Tidak semua mahasiswa dapat menjalani kuliah sambil kerja.

Beberapa universitas memfokuskan mahasiswanya untuk belajar serta menjalani kegiatan lainnya seperti organisasi, kompetisi, dan sebagainya. Namun, bagi kamu yang ingin mempunyai pekerjaan sambilan selagi kuliah, kamu sebaiknya menyimak daftar berikut.

Daftar Isi

5 Pekerjaan yang Cocok Sambil Kuliah

1. Freelance writer
2. Tutor
3. Usaha kado dan bingkisan
4. Reseller produk
5. Jualan pulsa

1. Freelance writer

Bagi kamu yang suka menulis, kamu dapat mencoba mendaftar menjadi freelance writer pada berbagai website. Carilah topik yang kamu sukai dan buatlah protofolio untuk mendaftar. Jika kamu diterima, kamu bisa mendapatkan uang saku yang lumayan lho. Tergantung pada banyaknya artikel atau tulisan yang kamu tulis.

Menjadi freelance writer tidak hanya membuat artikel saja lho. Kamu bisa membuat resensi buku, sinopsis drama yang biasanya kamu tonton, dan masih banyak lagi. Jangan ragu untuk mendaftar karena selain dapat meningkatkan skill menulismu juga dapat menambah pengetahuanmu.

2. Tutor

Menjadi tutor adalah salah satu pekerjaan yang bisa kamu jalani sambil kuliah. Kamu dapat mengamalkan ilmu yang telah kamu dapatkan di bangku sekolah untuk mengajar siswa SD hingga SMA. Dengan ilmu baru yang kamu dapatkan di perkuliahan dapat membantu kamu untuk menjadi tutor yang lebih baik. Kamu dapat memilih menjadi tutor di bimbingan belajar atau tutor privat. Gaji yang akan kamu dapatkan lumayan untuk menambah uang jajan atau membeli kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik Bidang Pendidikan

3. Usaha kado dan bingkisan

Usaha kado dan bingkisan merupakan salah satu usaha yang stabil. Usaha ini dapat berjalan dengan baik karena setiap waktu ada yang ulang tahun, menyelesaikan seminar, sidang, dan wisuda. Usaha kado dan bingkisan di kampus, dapat kamu jalankan sendiri maupun bersama teman-temanmu.

Usaha yang dapat kamu jalankan antara lain kado dan bingkisan berupa rangkaian kue yang warnanya sepadan, buket bunga, buket bunga dari pita, buket bunga dari kerudung, karya doodle, desain ilustrasi foto, dan masih banyak lagi. Cobalah untuk mencari kado dan bingkisan yang unik dan berbeda dari yang lain atau yang sedang trend di pasar saat ini.

4. Reseller produk

Menjadi reseller produk adalah salah satu alternatif bekerja sambil kuliah. Produk-produk yang dapat kamu jual adalah alat tulis, buku, produk kecantikan, makanan, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, jika kamu menjadi reseller suatu produk kamu akan mendapatkan untung 15-30% dari harga produk yang kamu jual. Menguntungkan bukan?

5. Jualan pulsa

Pulsa adalah salah satu kebutuhan penting saat ini. Selain untuk berkomunikasi, pulsa juga bisa digunakan untuk paket internet. Komunikasi via internet serta kebutuhan akan sosial media menuntut orang-orang untuk selalu siap sedia mengisi pulsa dan paket internet.

Kamu bisa menjadi orang yang menyelamatkan orang-orang yang mager keluar untuk membeli pulsa atau paket internet. Promosikan toko pulsamu kepada teman-teman kostan, kontrakan, teman sekelas, teman seangkatan, atau teman-temanmu yang lain. Harga yang kompetitif akan membuat toko pulsamu lebih laris.

Itulah daftar pekerjaan yang dapat kamu lakukan sambil kuliah. Selain menimba ilmu kamu juga dapat menambah tabunganmu. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang butuh pekerjaan sambil kuliah. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia, Tertarik Masuk?

Guys, kamu pasti udah ga asing dong mendengar beberapa sekolah seperti Taruna Nusantara at…