Persiapan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

Kamu patut berbahagia karena menjadi calon mahasiswa baru. Kehidupan kampus akan segera dimulai. Kehidupan kampus berbeda dengan kehidupan sekolah. Pada umumnya, mahasiswa harus merantau untuk kuliah. Apakah kamu sudah mengetahui persiapan apa saja bagi calon mahasiswa baru? Jika belum, mari simak informasi berikut.

Persiapan Kuliah Calon Mahasiswa

  1. Informasi lokasi kampus, kostan, dan sekitarnya
  2. Informasi transportasi
  3. Kebutuhan untuk tinggal di kost
  4. Kenalan yang satu kampus
  5. Kebutuhan untuk kuliah

1. Informasi lokasi kampus, kostan, dan sekitarnya

Bagi kamu mahasiswa baru yang belum tahu tepatnya dimana lokasi kampusmu dan lingkungan sekitarnya, kamu harus segera mencari informasinya. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kamu bisa mencari informasi lokasi kampusmu dan jaraknya dari kostan sekitar melalui internet dan aplikasi lainnya jika rumahmu jauh dari kampus.

Namun, apabila kamu sudah tinggal di daerah kampus, sebaiknya kamu mulai mengenal daerah sekitar kampus. Kamu bisa mencari informasi jalan menuju kampusmu, jalan menuju fakultasmu, tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari, tempat-tempat makan, dan sebagainya. Ini penting agar kamu terbiasa dan mengenail baik tempat perantauanmu kelak.

2. Informasi transportasi

Setelah mengenal lokasi kampus dan kostan, hal lain yang perlu kamu persiapkan adalah informasi mengenai transportasi yang ada di sekitar kampusmu. Kamu tentu saja tidak berdiam diri di kostan dan lingkungan kampusmu saja bukan?

Oleh karena itu, kamu harus mulai mencari tahu transportasi apa yang ada disana. Apakah boleh menggunakan ojek online di semua tempat atau hanya tempat tertentu? Apakah ada angkutan umum? Dimana stasiun atau terminal terdekat? Informasi itu penting untuk dipersiapkan sebagai calon mahasiswa baru.

Baca Juga:  Daftar Program Studi S1 Ilmu Gizi Terakreditasi A di Indonesia

3. Kebutuhan untuk tinggal di kost

Saat baru tinggal di kost, kalian harus mempersiapkan banyak hal. Setalah kalian mendapatkan tempat tinggal di kost atau di kontrakan, kalian perlu membuat daftar barang-barang yang harus kalian bawa atau kalian beli.

Seperti, sprei, bantal dan guling (beberapa kostan sudah menyediakan, namun ada yang tidak), selimut, gantungan baju, tempat baju kotor, peralatan mandi, peralatan untuk cuci baju, setrika (jika kamu memilih laundry maka tidak perlu membawa atau membeli setrika baru), koper atau tas, pakaian untuk kuliah dan pakaian untuk di kost sehari-hari, peralatan makan, magic com, kipas angin, dan masih banyak lagi.

4. Kenalan yang satu kampus

Kenalan yang satu kampus denganmu tidak harus satu angkatan. Mungkin saja kamu mengenal kakak tingkat yang juga satu kampus denganmu. Kamu bisa meminta panduan dan informasi mengenai kehidupan kampusmu dan lingkungan sekitarnya.

Pada umumnya, setiap universitas mempunyai grup atau himpunan mahasiswa dari masing-masing daerah. Hal ini tentu dapat membantu kamu sebagai calon mahasiswa baru untuk bertemu dengan teman-teman sedaerahmu dan mengenal lebih dalam mengenai kehidupan kampus. Kamu tentu saja dapat saling berbagi pengalaman dan cerita.

5. Kebutuhan untuk kuliah

Kebutuhan untuk kuliah ada beragam. Mulai dari buku-buku yang digunakan sebagai panduan mata kuliah, buku catatan, buku referensi, perlatan tulis, dan lainnya. Jika kamu belum tahu apa saja yang harus kamu persiapkan karena belum masuk ke kelas baru, maka setidaknya persiapkan alat tulis mulai dari pensil, penghapus, pulpen, tip ex, penggaris, kalkulator (bagi jurusan yang membutuhkan hitung-hitungan), gunting, lem, staples, isolasi. Agar lebih rapi, belilah kotak pensil. 

Kamu juga bisa membeli pembatas buku, notebook mini, stabilo, dan sticky notes untuk tambahan agar nanti kamu bisa menandai materi penting dan mencatat hal-hal penting yang harus kamu kerjakan atau daftar tugas-tugas agar tidak sampai ketinggalan atau terlupakan.

Baca Juga:  Tips Masuk PTN untuk Siswa SMK

Apakah kamu sudah siap menjadi mahasiswa baru? Jangan lupa lengkapi persiapan dan kebutuhanmu sebelum kamu merantau ke kampus baru. Bagikan informasi ini kepada teman-temanmu, agar tidak ada persiapan yang tertinggal sebelum menjadi mahasiswa baru. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…