Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPA

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Tahun telah berganti, waktunya kamu yang akan lulus SMA siap-siap mencari perguruan tinggi. Mungkin sebagian besar dari kamu berpikir untuk masuk ke PTN populer sebagai langkah terbaik selepas lulus. Kuota penerimaannya sendiri yang disediakan setiap kampus sangat terbatas, hal inilah yang membuat kamu wajib menyiapkan ‘rencana b’ atau pun ‘rencana c’. Ada satu pilihan lain yang tidak kalah menantang yaitu memilih sekolah kedinasan. Agar bisa masuk sekolah kedinasan untuk jurusan IPA maupun IPS kamu juga harus ikut persaingan yang tidak kalah ketat. Baru dengar tentang sekolah kedinasan? Yuk, kita bahas bersama!

Sekolah Kedinasan di Indonesia jurusan IPA Berada di Bawah Kementrian dan Lembaga Pemerintah

Alasan kuat mengapa masuk ke sekolah kedinasan cukup sulit karena sekolah kedinasan merupakan sekolah yang berada di bawah kementrian, lembaga pemerintah, serta BUMN. Hal ini juga yang membuat sekolah kedinasan bebas biaya atau gratis. Kalau kamu ingin melanjutkan di sekolah kedinasan, kamu harus siap bersaing dengan ratusan ribu calon pelajar lainnya di setiap sekolah kedinasan. Contoh salah satunya ialah sekolah kedinasan populer Politeknik Keuangan Negara STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara).

Sekolah kedinasan ini setiap tahun hanya menyediakan sekitar 7000 kursi saja. Sementara rata-rata siswa yang mendaftar di atas 300.000 siswa dari seluruh Indonesia. Kebayang bukan bagaimana ketat persiangannya?!

Ada rangkaian tes yang harus kamu ikuti ketika mendaftarkan diri menjadi calon pelajar sekolah kedinasan. Tes-tes tersebut terdiri dari tes tertulis, tes lisan, dan tes fisik. Sekolah kedinasan tidak hanya mencari pelajar yang berprestasi secara akademis saja, tetapi mereka juga sangat tertarik dengan calon pelajar dengan prestasi non-akademis. Maka tidak heran kalau mereka yang memenuhi syarat masuk sekolah kedinasan jurusan IPA dan memiliki prestasi pada bidang olahraga ketika SMA memiliki peluang lebih besar untuk diterima.

Baca Juga:  Tips Masuk STAN Tanpa Bimbel

Sekolah Kedinasan Di Indonesia Jurusan Ipa Dan Syarat-Syarat Kualifikasi

Lalu, apa saja syarat umum mendaftar sekolah kedinasan? Berikut syarat-syaratnya.

1. Peserta merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat di tahun yang sama atau juga lulusan satu tahun sebelumnya.

  • Bagi lulusan di tahun sebelumnya, peserta wajib memiliki nilai rata-rata minimal 70 dengan skala 100 pada ujian tertulis di ijazah.
  • Bagi lulusan di tahun yang sama, peserta wajib memiliki nilai rata-rata rapor dalam 5 semester minimal 70,00 dengan skala 100,00, atau 2,80 dengan skala 4,00 melalui ketentuan peserta telah dinyatakan lulus dengan nilai rata-rata minimal 70,00 dari skala 100,00 yang tertulis di ijazah.

2. Usia minimal 17 tahun (bagi yang mendaftar Spesialiasasi Diploma I) dan minimal 15 tahun (bagi yang mendaftar Spesialisasi Diploma III) terhitung pada tanggal 1 September di tahun pendaftaran.

Usia maksimal peserta 20 tahun terhitung pada tanggal 1 September di tahun pendaftaran. Contohnya, kalau kamu mendaftar tahun 2019 lalu tanggal lahir kamu adalah 30 Agustus 1999, kamu tetap tidak memenuhi syarat pendaftaran (sudah terhitung lebih dari 20 tahun).

3. Peserta berbadan sehat dengan kriteria bebas dari NAPZA (Narkoba, Psikotropika, dan Zat Aktif), memiliki penglihatan dan pendengaran yang baik, mampu berbicara dengan benar dana lancar, mampu melakukan sejumlah tugas umum seperti menganalisa dan menulis, mampu berdiskusi menyampaikan pikiran, serta memiliki fisik yang prima seperti mampu bergerak dengan normal tanpa bantuan alat bantu.

4. Peserta belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti sekolah kedinasan di Indonesia jurusan IPA atau IPS.

5. Memenuhi syarat tambahan (pada masing-masing sekolah dinas) seperti batas minimal tinggi badan, kondisi indera tubuh, dan toleransi penggunaan lensa/kacamata.

Baca Juga:  Tips Memilih Jurusan Di STIS Buat yang Mau Lulus SMA

6. Memenuhi syarat khusus untuk Program Afirmasi.

7. Membayar biaya pendaftaran.

8. Peserta tidak pernah mendaftarkan diri sebelumnya pada sekolah dinas yang sama.

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Jurusan IPA Terpopuler

Sekolah kedinasan tersebar di banyak daerah dengan bidang berbeda-beda. Kalau kamu lulusan IPA, ada beberapa pilihan sekolah kedinasan populer yang bisa kamu pilih yaitu:

#1. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

#2. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

#3. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

#4. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

#5. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

#6. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

#7. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Sekolah-sekolah kedinasan di atas begitu populer karena selain kamu langsung mendapat kesempatan bekerja di lembaga negara, perusahaan BUMN, dan kementrian sebesar 99,99%, sekolah kedinasan tersebut dikenal sebagai sekolah kedinasan di Indonesia dengan gaji tertinggi lho! Belum lagi selama kamu sekolah, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya seperti bersekolah atau kuliah di universitas biasa.

Tentu saja semakin dirasa istimewa karena persaingan yang ketat sehingga terkesan prestisus. Kamu akan jadi kebanggaan keluarga dan orang-orang terdekatmu. Bagaimana? Tertarik dan siap masuk sekolah kedinasan di Indonesia jurusan IPA di tahun ini?

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wisuda Akademi Kepolisian Tahun 2019

Sidang Yudisium Sarjana Terapan Kepolisian, Taruna Akademi Kepolisian, Angkatan 50, Bataly…