Home Kedinasan Tips Masuk STAN Tanpa Bimbel

Tips Masuk STAN Tanpa Bimbel

Silahkan bantu klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya guys.. :)

Tips masuk stan! Dengan peminat dan persaingan sebanyak itu, kamu dituntut meraih nilai setinggi-tingginya biar kamu kamus.

Nah, dalam artikel ini aku akan mengupas tips masuk STAN tanpa bimbel dan cara cepat mengerjakan soal stan. 

#Buat target  

Target itu penting banget, berapa banyak orang yang menghabiskan waktunya namun ia tidak mendapatkan apa yang ia inginkan, nah, target inilah yang buat kalian bisa sukses, kadang memang memaksa diri untuk bisa dapatin sesuatu itu merupakan hal yang terlihat ektrim, tapi kalau nggak di paksakan maka kita ga bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, sebagai contoh, si ahmad ia menghabiskan waktunya dimasa sma hanya dengan main game padahal ia pernah bilang ke temennya, “aku mau masuk STAN !” Tapi dia nggak ngebuktiin, walaupun ada sebagian pihak yang memang nggak make sense dia kerjaanya ga belajar tapi pinter, tapi nggak semua orang kayak begitu, dan jangan mengharapkan kalau diri kalian begitu ya, apalagi kalian dapat nilai jebkamuk terus nggak ada usaha buat dapetin impian kalian. Huuh, mari buat target, targetkanlah dalam sehari kalian harus bisa mengerjakan apa saja, jika kalian ingin masuk STAN maka targetkan sehari kalian kerjakan beberapa soal dimulai dari soal yang mudah, lalu lanjut yang menengah sampai ke soal yang sulit.

Tujuan bikin jadwal itu bukan untuk dijalani secara strict 100%, tapi untuk merancang aktivitas yang terarah dimana penerapannya bisa terus kita evaluasi secara berkala.

Aku yakin kalau kalian bisa membiasakan mengerjakan soal maka soal sesulit apapun kalian akan bisa mengerjakan kok, percayalah dan buktikanlah !

#Keluar Dari Zona Aman

Risetwork.org

Ya iyalah,  kamu nggak akan menemukan hal yang menantang dalam kehidupan kamu kalau keseharian kamu diisi oleh kegiatan yang pasif dan repetitif terus-terusan. Jangan heran kalau di umur kamu 16-19 tahun, kamu belum menemukan ‘pacar yang cocok’ kalau keseharian kamu diisi oleh hal-hal yang tidak eksploratif. Ayo, berani angkat diri kamu! Berani keluar dari zona nyaman (comfort zone), eksplor dunia di sekitar kamu!

Tips Masuk STAN Dan Cara Cepat Mengerjakan Soal Stan

1. Kenali Tipe Soal

Usm STAN adalah ujian saringan untuk masuk stan. Dari puluhan ribu yang mendaftar tidak lebih dari 5% yang akan diterima. Dibutuhkan kematangan dan persiapan yang cukup. Dalam rekrutmen calon mahasiswa ada tiga tahap tes yang harus diikuti, seperti tes tertulis, tes kebugaran dan kesehatan, dan tes wawancara.

Baca juga  Ini dia! Tips Rahasia Supaya Lolos dan Masuk Perguruan Tinggi STSN

Tes tertulis adalah tes awal yang harus diikuti oleh peserta. Ini merupakan tes yang sebagian pesertanya banyak yang gugur. 80% dari jumlah pendaftar biasanya gugur ini tes tahap awal ini. Banyak yang menanyakan bagaimana cara cepat mengerjakan soal USM  ptn, sebenarnya tes yang diberikan sama seperti tes pada umumnya. Hanya saja tingkat kesulitan lebih tinggi. 

Dibutuhkan percaya diri dalam mengerjakan setiap tes. Tes tertulis terdiri dari soal tes potensi akhir ( tpa ) dan tes dengan bahasa inggris atau yang lebih dikenal dengan tbi.

Cara cepat mengerjakan soal USM  PTN   yang harus dikuasai dalam tes tertulis ini yang pertama adalah mengenali jenis soalnya terlebih dahulu. Banyak dijual bebas buku-buku yang berisi soal-soal tes tertulis USM  STAN tahun-tahun sebelumnya. Sehingga untuk tahun 2018 ini kamu bisa menyiapkan diri dengan belajar dari soal tes tahun 2017.

2. Tipe soalnya akan sama.Perkaya diri dengan bacaan

Soal tertulis STAN terdiri dari soal tes potensi akhir atau tpa dan tbi yaitu tes dengan bahasa inggris. Tes potensi akademik terdiri dari kemampuan verbal dan kemampuan kuantitatif. Kemampuan verbal kita akan dihadapkan dengan soal-soal terkait dengan sinonim, antonim, kosa kata, analogi dan bacaan. Jadi kita harus banyak membaca agar kita lebih banyak mengenal kata yang mungkin asing buat kita.

Tes aritmetika sendiri terdiri dari aritmetika, penarikan kesimpulan atau logika dan pola barisan. Sebenarnya tes tpa ini tergolong mudah namun waktu gang terbatas membuat kita kadang gagal dalam mengerjakan. Kita diberikan 120 soal yang harus selesai dalam waktu 100 menit. Setiap soal hanya diberikan waktu 72 detik untuk membaca soal dan mengerjakan.

Baca juga  Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Dan Ikatan Dinas Yang Patut Kamu Lirik

Kita juga harus menyelesaikan soal tbi. Soal ujian ini selevel dengan toefl. Kedua soal ini tpa dan toefl memiliki keterkaitan. Seumpama tbi kita bagus namun tpa kita mendapatkan nilai kurang dari 1/3 jumlah soal, maka kita tidak lolos. Begitu juga sebaliknya.

Cara cepat mengerjakan soal USM  PTN   adalah dengan kita banyak belajar dan latihan soal. Dengan terus berlatih kita akan terbiasa dengan soal-soal yang diberikan. Karena setiap tahunnya soal yang diberikan adalah serupa. Begitu juga prediksi soal untuk tahun 2018. Banyak alumni STAN yang membuka bimbingan belajar masuk perguruan ini.

Jangan putus asa dengan kita terus mencoba dan belajar pastinya akan mudah juga mengerjakan soal yang diberikan. Kita terus berlatih agar bisa cepat mengerjakan soal-soal ini.

Tips Masuk STAN – Tes Kebugaran Dan Kesehatan

Selain tes tertulis setelah kita dinyatakan lolos kita memasuki tahapan tes selanjutnya. Yaitu tes kebugaran dan kesehatan. Saat tes kesehatan seperti umumnya yaitu kita akan melakukan medical checkup. Seperti cek darah, cek full badan dan cek air kencing. Untuk mengetahui kita pengguna narkoba dan obat-obatan terlarang atau bukan. Dan juga untuk mengetahui sakit apa yang kita derita.

Tes kebugaran, kita disuruh lari sejauh 12 menit. Nanti tim akan melakukan penilaian pada fisik kita.  Sebenarnya tes ini sama seperti tes kesehatan pada umumnya. Yang harus dipertahankan adalah kondisi tubuh. Kalau setiap hari kita terbiasa dengan olahraga dan cara hidup yang sehat kita tidak akan minder ataupun gugup mengikuti tes tahap kedua.

Setelah lolos tes tahap pertama dan kedua kita akan masuk seleksi akhir yaitu wawancara. Di tahap ini panitia seleksi akan menggali potensi dan karakteristik dari calon mahasiswa. Cara cepat mengerjakan soal USM  STAN sebenarnya bisa di dapatkan dengan kita yakin kalau kita bisa menaklukkan tes yang diberikan.

Baca juga  Sekolah Kedinasan yang ada di Jogja
Join

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rekomendasi Sekolah Kedinasan Cocok Untuk Wanita

Silahkan bantu klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya guys.. :) sekolah kedinasan coc…