10 Tips Kuliah Jurusan Elektro yang Wajib Banget Kamu Ketahui Sebagai Mahasiswa Baru!

Jurusan elektro menjadi salah satu major paling laris manis hampir di setiap universitas. Jurusan satu ini umumnya memiliki peminat laki-laki daripada perempuan. Selain itu, para mahasiswa jurusan elektro biasanya memiliki kemampuan berhitung di atas rata-rata sampai logika pemecahan soal yang luar biasa gengs.

Oleh karena itu, kali ini penulis mau memberikan 10 tips kuliah jurusan elektro bagi kamu calon mahasiswa baru teknik elektro tahun 2021! Apa aja sih yang harus kamu persiapkan? Ga pake lama, yuk langsung kepoin ulasan di bawah ini ya gengs!

Tips Kuliah Jurusan Elektro

1. Pastikan kamu benar-benar passion!

Hal pertama sebelum melangkah lebih jauh adalah memastikan bahwa kamu benar-benar menyukai teknik elektro guys. Hal ini penting dilakukan karena selama 4 tahun atau 3,5 tahun ke depan, kamu akan berurusan dengan segala sesuatu tentang teknik elektro hampir setiap hari gengs.

So, pastikan kamu benar-benar menyukai atau memiliki passion di jurusan ini. Sehingga apabila ada masalah, kesulitan, sampai tantangan di masa depan kamu tidak lagi menyesali setiap langkahmu atau mungkin menyerah di tengah jalan. Jadi, yuk be wise ya guys!

2. Membuat catatan

tips kuliah jurusan elektro
Photo by fauxels on Pexels.com

Tips kuliah jurusan elektro yang kedua adalah membuat catatan di setiap pertemuan. Langkah kecil ini dijamin akan membantumu menghadapi perkuliahan teknik yang terkenal berat dan sulit. Kamu bisa mencatat penjelasan dari dosen atau bahkan materi yang dicatatkan oleh dosen.

Ingat guys, di dunia perkuliahan ada banyak sekali tipe dosen. Ada yang senang mencatatkan melalui papan tulis, mengirim PPT, atau bahkan hanya menjelaskan secara lisan. Tentu tidak ada salahnya untuk mencatat setiap penjelasan dosen dalam bentuk apapun, melihat kamu masih MaBa dan belum mengerti tipe dosen yang ditemui.

Baca Juga:  6 Kesalahan Dalam Belajar yang Membuat Pelajaran Sulit Masuk ke Otak! Ketahui Solusinya Yuk!

3. Rajin mengulang pelajaran

Salah satu keunggulan dunia perkuliahan dibanding SMA atau SMP adalah waktu yang dimiliki cukup fleksibel gengs. Kamu ga harus datang ke kampus pukul 7 hingga 3 sore tanpa pulang sama sekali. Di perkuliahan, kamu bebas memilih jam belajar sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki.

Nah, di sela-sela waktu luang ini kamu bisa banget mengulang pelajaran yang sudah dicatat sebelumnya. Pastikan kamu memahami tiap konsep dasar yang diajarkan. Berhubung teknik elektro akan erat kaitannya dengan berbagai perhitungan, maka pastikan kamu melatih skill berhitungmu secara lebih baik ya!

4. Membuat kelompok diskusi

tips kuliah jurusan elektro
Photo by fauxels on Pexels.com

Salah satu tips kuliah jurusan elektro yang mungkin berlaku hampir di semua jurusan ialah membuat kelompok diskusi. Guys, kali ini penulis mau mengajakmu untuk menyadari bahwa ada banyak pelajar dengan kemampuan lebih baik di luar sana. Ada banyak yang satu langkah lebih maju atau memang cerdas secara dari lahir gengs.

Oleh karena itu, untuk bertahan di jurusan elektro maka kamu harus bergabung atau membuat kelompok diskusi sendiri. Tujuannya ialah sama-sama belajar, mengulang materi, atau bahkan berdiskusi tentang suatu materi yang tidak dipahami. Selain belajar, kamu juga bisa banget nih menambah relasi melalui kelompok diskusi ini.

5. Aktif di kelas dan membantu dosen

FYI guys, ada banyak sekali mahasiswa di dalam sebuah jurusan dan kampus. Ga mungkin dong dosen yang hanya beberapa orang menghafal hampir seluruh mahasiswa yang ada? Oleh karena itu, kamu perlu bersifat aktif di kelas atau membantu dosen untuk menjadi salah satu mahasiswa yang dihafal oleh beliau.

Apa sih manfaatnya? Selain nilai plus, kamu juga bisa menjadi salah satu rekomendasi ketika mengikuti ajang lomba atau bahkan beasiswa apabila kamu benar-benar memiliki kapabilitas yang mumpuni. Aktivitas ini bisa dimulai secara sederhana dengan membantu dosen, menjadi asisten lab, atau bahkan menjadi asisten dosen.

Baca Juga:  Tips Belajar Matematika dengan Mudah

6. Mempelajari Bahasa Inggris

alphabet blur books close up
Photo by Pixabay on Pexels.com

Berikutnya dalam tips kuliah jurusan elektro ada salah satu hal esensial yang wajib banget kamu kuasasi guys. Selain matematika atau fisika, kamu juga wajib banget menguasasi Bahasa Inggris. Why? Karena sebagian besar buku di dunia perkuliahan menggunakan bahasa Inggris sekalipun kamu bukan berasal dari kelas IUP.

Yap, Bahasa Inggris sering digunakan sebagai bahasa pengantar dalam buku yang kamu gunakan atau bahkan latihan soal yang diberikan. Ga hanya itu gengs, di perkuliahan nanti kamu biasanya diwajibkan untuk mengambil tes TOEFL. Di semester berapa? Tentunya berbeda antar tiap universitas. Ada semester 3 atau bahkan semester 6.

7. Belajar berbagai software

Guys, ternyata ga hanya jurusan teknik informatika aja yang akan berurusan dengan berbagai software. Melainkan jurusan teknik elektro juga mengharuskanmu menguasai beberapa program komputer. Beberapa program seperti MATLAB, Eagle, ISIS Proteus, atau ETAP akan kamu temui di beberapa mata kuliah jurusan elektro.

Nah untuk tepatnya, kamu juga bisa bertanya kepada senior atau katingmu di jurusan elektro. Ingat guys, senior ada bukan untuk ditakuti ya! Melainkan disegani sebagai kakak tingkat. Namun, kamu bisa bertanya kepada senior juga kok, sekaligus menambah relasi pertemanan yang dimiliki.

8. Satu langkah lebih maju

crop scientist using marker for deriving formulas on whiteboard
Photo by Retha Ferguson on Pexels.com

Tips kuliah jurusan elektro kali ini mungkin bisa kamu terapkan di semua jurusan juga gengs. Satu langkah lebih maju tentunya sangat diperlukan dalam dunia perkuliahan. Pastikan apabila kamu memiliki waktu luang, maka jangan sampai membuangnya dengan sia-sia.

Kamu bisa gunakan untuk mempelajari instrumen di mata kuliah berikutnya, membaca berbagai jurnal tentang teknik elektro, memperkuat materi berhitung, atau bahkan belajar tentang mata kuliah di semester depan. Yap, salah satu perbedaan besar antara kuliah dan SMA ialah di kuliah kamu wajib belajar mandiri bila ingin berhasil.

Baca Juga:  5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu Wannabe

9. Ikut organisasi

Selain berkutat dengan berbagai pelajaran, maka jangan lupa untuk mengikuti beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau juga organisasi kampus. Hal ini penting gengs! Jangan sampai kamu dijuluki sebagai mahasiswa KuPu-KuPu atau Kuliah Pulang- Kuliah Pulang.

Dengan mengikuti organisasi, kamu juga bisa menambah relasi atau pertemanan dengan berbagai kawan dari fakultas atau bahkan provinsi yang berbeda. Ga hanya itu, biasanya tiap jurusan memiliki standar poin yang harus dikumpulkan untuk melakukan ujian skripsi. Cara mengumpulkannya bagaimana? Tentu dengan ikut organisasi atau event!

10. Memperkuat mental

two person standing in silhouette photography
Photo by Jill Wellington on Pexels.com

Last dari tips kuliah jurusan elektro ialah memperkuat mental. Banyak yang bilang bahwa ‘teknik itu keras!’, ‘Awas tegangan tinggi!’, dan berbagai ujaran lain tentang teknik dan pengajarannya yang keras. Memang tak dapat dipungkiri guys, teknik memiliki lingkungan sekaligus pengajaran yang cukup keras.

Akan tetapi, bukan berarti kamu harus menyerah ya! Justru ini menjadi cara atau latihan untuk melatih mentalmu agar tahan banting, mudah beradaptasi, dan mampu menyelesaikan masalah meskipun kamu tidak suka. Ingat guys, teknik memang keras tapi kehidupan akan jauh lebih keras dari perkuliahan!

Nah, itu tadi adalah 10 tips kuliah jurusan elektro. Semoga berbagai tips di atas bisa membantumu untuk mempersiapkan kuliah dengan lebih baik lagi ya gengs! Oh iya, penulis juga mengucapkan selamat bagi kamu yang lolos SNMPTN 2021 dan kini menjadi mahasiswa baru di jurusan elektro! You deserve it guys!

Yuk, kasih tahu penulis kamu keterima di universitas mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Hai teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online maupun …