zat adiktif

Materi IPA Kelas 8 Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia

Tahukah kamu? Nutrisi apa saja yang diperlukan oleh tubuh? Apakah tubuhmu memerlukan banyak nutrisi ataukah kamu harus mengurangi nutrisimu? Apakah energi yang kamu perlukan untuk beraktivitas sehari – hari sudah cukup ataukah masih kurang? Berikut ini penjelasan mengenai nutrisi dan energi yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Bab 4 Sistem Pencernaan Manusia Part 1

1. Kebutuhan Energi 

Manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Jumlah energi yang dibutuhkan menggunakan satuan kalori. Begitupula dengan jumlah energi dalam makanan juga dihitung menggunakan satuan kalori. Satu kilo kalori (kkal) = 1000 kalori (kal) = 4200 Joule (J)

Cara mengetahui jumlah kalori dalam makanan adalah menggunakan kalorimeter. Kalorimeter adalah alat yang terdiri atas wadah logam yang direndam dengan air yang diketahui volumenya. Makanan kering dalam wadah diletakkan pada wadah kalorimeter kemudian diisi oksigen dan direndam air. 

Berdasar hal tersebut, maka rata – rata yang diambil untuk menyatakan kalori yaitu : 1 gram karbohidrat = 4,1 kkal; 1 gram protein = 4,1 kkal; 1 g lemak = 9,3 kkal.

Berikut gambar kalorimeter

kalorimeter - sistem pencernaan manusia

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan energi seseorang yaitu : usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan.

Berikut jumlah kalori yang dibutuhkan pada beberapa aktivitas

F:\Karyaku\FOR ARTIKEL\Education\Screenshot_97.jpg

2. Nutrisi 

Nutrisi atau gizi adalah zat yang dibutuhkan organisme sebagai sumber energi, menjaga kesehatan, pertumbuhan dan berlangsungnya fungsi normal pada jaringan dan organ tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan manusia berupa : Karbohidrat, Protein, Lemak, Mineral, Vitamin dan Air. 

Baca Juga:  Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 3| Rumus Kimia Sederhana #2

Makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein perlu dipecah terlebih dahulu oleh tubuh. Vitamin, air dan mineral dapat langsung diserap oleh tubuh. 

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat tersusun atas unsur karbon, hidrogen dan oksigen.

Karbohidrat ada 3 yaitu : gula, pati dan serat. Gula adalah karbohidrat sederhana, contoh makanan : buah, madu dan susu. 

Pati dan serat adalah karbohidrat kompleks. Pati ditemukan pada umbi – umbian dan biji – bijian. Serat ditemukan pada gandum, kacang – kacangan, sayuran dan buah. Serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga dikeluarkan melalui feses. Serat juga bukan sumber energi bagi tubuh. 

Kosumsi karbohidrat secara berlebihan akan mengakibatkan penyakit diabetes. Menurut WHO, 246 juta orang atau 6% populasi orang di dunia mengidap diabetes. Sehingga, diabetes disebut “The Silent Epidemi”. 

Untuk mengetahui kadar gula dalam darah dapat diukur menggunakan alat ukur kadar gula. Kadar gula darah normal sekitar 60 – 100 mg/dL dalam kondisi tidak makan. Setelah makan, kadar gula darah normal maksimal 140 mg/dL. 

Lemak ada 2 yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh akan padat pada suhu kamar, contohnya keju, susu, daging, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Lemak tak jenuh akan cair pada suhu kamar, contohnya lemak nabati dan lemak dalam biji – bijian. 

Protein dibutuhkan tubuh sebagai : penghasil energi; pengganti sel – sel tubuh yang rusak; pembuat enzim dan hormon serta pembentuk antibodi (kekebalan tubuh). Protein ada 2 yaitu protein nabati dan protein hewani.

Protein adalah molekul besar yang terdiri atas sejumlah asam amino. Asam amino terdiri atas karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang – kadang belerang. 

Baca Juga:  Jenis-Jenis Pembangkit Listrik, Pembahasan Lengkap!

Protein nabati berasal dari tumbuhan seperti kacang hijau, kedelai, dan kacang – kacangan lainnya. Kandungan nutrisi dalam makanan dapat diketahui menggunakan indikator atau reagen.

Berikut reagen untuk mengetahui nutrisi dalam makanan

Vitamin dibutuhkan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Vitamin ada 2 yaitu : Vitamin larut dalam air seperti vitamin B dan C; vitamin larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K. Vitamin D dapat terbentuk ketika tubuh terkena sinar matahari, karena didalam tubuh terdapat pro vitamin D. 

Berikut jenis vitamin, manfaat dan sumbernya

Waktu makan buah yang baik adalah 30 menit sebelum makan nasi. Hal ini karena pankreas segera mencerna fruktosa sehingga glukosa diserap tubuh lebih cepat. Penyerapan vitamin pun juga lebih optimal.

Tubuh membutuhkan sekitar 14 jenis mineral diantaranya kalsium, fosfor, kaliaum, natrium, besi, iodium dan seng. Mineral adalah nutrisi yang mengandung mengandung sedikit unsur karbon.

Mineral berfungsi sebagai : proses pembangun sel; membangun reaksi kimia tubuh; mengangkut oksigen ke seluruh tubuh; pembentukan dan pemeliharaan tulang. 

Berikut jenis mineral yang diperlukan tubuh

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh organisme, karena sekitar 60 – 80% sel tubuh organisme terdiri atas air. Tubuh manusia terdiri dari 72% air. Tubuh dapat kehilangan air ketika bernapas, berkeringat, buang air besar dan kecil. Manusia normalnya minum 2 liter atau 8 gelas air sehari untuk menjaga keseimbangan tubuh. 

Tetapi minum air bukan sumber utama untuk mengisi air dalam tubuh. Makan buah yang mengandung air juga bisa mangisi air didalam tubuh seperti makan buah apel (80% air) dan daging (66%) air. 

Air dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembentuk sel dan cairan; pengatur suhu, pelarut zat – zat gizi lain; membantu proses pencernaan makanan; pelumas dan bantalan; media transportasi dan media pengeluaran sisa metabolisme. 

Baca Juga:  Pengertian Lensa dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Berikut kebutuhan air dalam tubuh manusia

Untuk rangkuman lengkap silahkan lihat di halaman Rangkuman IPA Kelas 8.

Demikian ringkasan materi bab Sistem Pencernaan Manusia Part 1 semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi kamu. Jangan lupa untuk membaca part 2 dan 3 nya juga ya? 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Semester 2 Sistem Tata Surya

Pernahkah kamu melihat benda – benda di langit? Apakah di langit hanya terdapat bulan, bin…