4 Syarat Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Setiap jurusan mempunyai syarat-syarat tertentu dalam proses seleksi calon mahasiswa baru. Begitu juga dengan jurusan Kesehatan Masyarakat yang pada umumnya diminati oleh siswa jurusan IPA yang ingin kuliah yang berfokus pada bidang kesehatan.

Bagi kamu yang suka dengan pelajaran Biologi dan bidang sosial, jurusan Kesehatan Masyarakat cocok banget buat kamu lho. Lalu apa saja syarat kuliah jurusan Kesehatan Masyarakat? Yuk simak informasi berikut!

Syarat Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat
Photo by Zen Chung on Pexels.com

Daftar Isi

Syarat Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

1. Siswa-siswi SMA/MA jurusan IPA

Walaupun jurusan Kesehatan Masyarakat juga berfokus pada bidang sosial, namun pada umumnya mata kuliah yang dipelajari menyangkut tentang kesehatan dan biologi. Itulah kenapa salah satu syarat untuk bisa mendaftar kuliah jurusan Kesehatan Masyarakat adalah siswa-siswi dari SMA/MA dengan jurusan IPA.

Siswa-siswi dari jurusan IPA sudah belajar dengan mendalam mengenai pelajaran BIologi. Sehingga calon mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat diharapkan bisa mempelajari dengan lebih baik karena sudah mempunyai dasarnya, yaitu pelajaran Biologi.

Walaupun begitu, akan tetap ada mata kuliah dasar tentang ilmu kesehatan masyarakat untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai jurusan Kesehatan Masyarakat itu sendiri.

2. Sehat jasmani dan rohani

Sehat jasmani dan rohani merupakan salah satu syarat untuk masuk kuliah pada umumnya. Kesehatan yang prima memang dibutuhkan oleh calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan sehingga kegiatan perkuliahan bisa berjalan dengan baik.

Beberapa universitas memberikan syarat untuk melampirkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Namun, ada juga yang hanya meminta untuk melampirkan surat jasmani saja.

Masing-masing universitas atau kampus mempunyai kebijakan masing-masing dalam menentukan syarat mengenai sehat jasmani dan rohani ini. Ada juga universitas yang melakukan tes kesehatan ketika mahasiswa baru sudah lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Baca Juga:  Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Terbaik, Dijamin Akurat guys!

Biasanya tes kesehatan yang dilakukan mulai dari tes kesehatan mata, darah, ada tidaknya penyakit menular, dan masih banyak lagi.

3. Bebas NAPZA

Bebas NAPZA (Narkoba, Alkohol, Psikotropika dan Zat adiktif) adalah salah satu syarat penting untuk masuk kuliah. Beberapa universitas meminta surat keterangan bebas narkoba untuk pemberkasan mahasiswa baru.

Masing-masing universitas mempunyai kebijakan masing untuk syarat ini. Kamu bisa mengunjungi website jurusan atau kampus yang dituju atau menanyakannya pada bagian penerimaan mahasiswa baru.

4. Berkas-berkas

Berkas-berkas yang dibutuhkan adalah salah satu syarat penting untuk masuk kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat. Masing-masing universitas mempunyai kebijakan masing-masing untuk menentukan berkas apa saja yang harus disiapkan oleh calon mahasiswa.

Hal ini terkadang berlaku bagi mereka yang masuk pada semua jalur pendaftaran atau hanya untuk pendaftaran tertentu.

Pada umumnya, berkas-berkas yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat masuk kuliah jurusan Kesehatan Masyarakat adalah:

  1. Fotocopy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus
  2. Foto berwarna 4×6 atau 3×4
  3. Fotocopy identitas (KTP)
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  5. Formulir pendaftaran dan bukti pembayaran pendaftaran (Bagi yang masuk melalui jalur selain SNMPTN/SBMPTN)
  6. Surat rekomendasi beasiswa (Bagi yang mengajukan beasiswa selain KIP)
  7. Surat keterangan sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit
  8. Surat keterangan bebas narkoba

Beberapa universitas terkadang mempunyai berkas-berkas yang berbeda dalam syarat pendaftaran masuk kuliah. Kamu dapat melihat daftarnya pada website universitas yang kamu tuju.

Itulah beberapa syarat untuk kuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat. Kamu bisa mulai memenuhi persyaratan diatas dengan menyiapkannya mulai dari sekarang.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang berminat untuk masuk jurusan Kesehatan Masyarakat nanti ketika akan masuk kuliah. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Cara Menemukan Passion – Beberapa bulan lagi sudah mau pendaftaran mahasiswa baru. A…