10 Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa. Banyak calon mahasiswa yang masih ragu ketika ingin memilih jurusan Kesehatan Masyarakat karena mempertimbangkan akan jadi apa kelak di masa depan setelah lulus kuliah.

Nah bagi kamu yang bingung dengan prospek kerjanya, berikut adalah artikel yang membahas tentang prospek kerja lulusan Kesehatan Masyarakat. Yuk simak baik-baik!

10 Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat 

1. Promotor Kesehatan

Salah satu prospek kerja bagi lulusan Kesehatan Masyarakat adalah menjadi promotor kesehatan. Dengan berbekal ilmu yang didapatkan saat kuliah, kamu bisa bekerja di posisi ini dengan baik. Kamu bisa menjadi promotor kesehatan di perusahaan atau instansi kesehatan.

Kamu juga bisa menjadi penyuluh kesehatan masyarakat. Pekerjaan ini sangat mulia lho karena kamu bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan di bidang kesehatan yang lebih baik.

2. Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat

Menjadi lulusan dari jurusan Kesehatan Masyarakat, akan memberikanmu peluang untuk bekerja sebagai administrator layanan kesehatan masyarakat. Pekerjaan ini bisa ditemukan rumah sakit, puskesmas, dan instansi layanan kesehatan lainnya. Kamu dapat memberikan layanan administrasi kepada masyarakat yang datang ke rumah sakit atau puskesmas.

3. Bekerja di Rumah Sakit atau Puskesmas

Prospek kerja lainnya bagi lulusan Kesehatan Masyarakat adalah bekerja di rumah sakit atau puskesmas. Lulusan Kesehatan Masyarakat bisa menempati bagian pelayanan kesehatan, bagian administrasi, atau bagian lainnya.

4. Staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pada umumnya, lowongan kerja bagi lulusan Kesehatan Masyarakat yang banyak dibuka adalah menjadi staf keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Tentu saja hal ini menjadikan staf K3 sebagai pekerjaan yang menjanjikan bagi lulusan Kesehatan Masyarakat. Kamu bisa bekerja menjadi staf K3 di perusahaan-perusahaan seperti perusahaan pertambangan dan perusahaan konstruksi.

Baca Juga:  10 Tips Mencari Beasiswa Bagi Mahasiswa S1 Untuk Membantu Biaya Kuliah

5. Staf Perusahaan Asuransi Kesehatan

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan Kesehatan Masyarakat adalah bekerja di perusahaan asuransi kesehatan. Kamu bisa menempati banyak posisi. Ada account officer, marketing, dan konsultan kesehatan. Gaji yang akan kamu dapatkan juga menarik lho, terlebih jika kamu mencapai target. Kamu akan mendapatkan bonus tambahan.

6. Staf Gizi Kesehatan Masyarakat

Ilmu gizi masyarakat yang kamu dapatkan di bangku perkuliahan bisa kamu terapkan dalam bekerja lho. Kamu bisa bekerja menjadi staf gizi kesehatan masyarakat. Dengan ini kamu bisa membantu untuk meningkatkan kualitas gizi kesehatan masyarakat. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai quality control di perusahaan yang berkaitan dengan makanan dan minuman.

7. Peneliti

Lulusan Kesehatan Masyarakat juga bisa lho bekerja sebagai peneliti. Peneliti di bidang Kesehatan Masyarakat terdiri dari ahli epidemiologi dan ahli biostatistik. Kedua peneliti ini bisa menjadi prospek kerja yang menjanjikan lho karena berkembangnya bidang kesehatan di masyarakat.

Ahli epidemiologi bertugas untuk mencari tahu masalah kesehatan di masyarakat agar tidak menyebar secara luas atau menjadi pandemi. Sedangkan ahli biostatistik bertugas untuk menganalisis informasi yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Pekerjaan ini keren kan?

8. PNS

Banyak dari kamu yang bingung prospek kerja apa yang menjanjikan untuk masa depan setelah lulus dari kuliah jurusan Kesehatan Masyarakat. Kamu bisa mengikuti tes CPNS untuk menjadi PNS atau yang kini dikenal dengan nama ASN.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa mengikuti tes dengan mendaftarkan pada formasi dengan jurusan yang sesuai yaitu jurusan Kesehatan Masyarakat. Ada banyak peluang lho. Bisa bekerja di puskesmas atau Dinas Kesehatan serta instansi lainnya.

9. Dosen

Bagi kamu yang punya passion mengajar, pekerjaan ini cocok untukmu, yaitu dengan menjadi dosen. Walaupun kamu tidak mengambil jurusan di bidang pendidikan, kamu masih bisa tetap mengajar dengan menjadi dosen.

Baca Juga:  Jurusan Manajemen Belajar Apa Aja Sih? Kenalan dan Kepoin Ulasannya di Bawah ini Guys!

Untuk menjadi dosen, kamu harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi, yaitu S2 atau S3. Dosen adalah salah satu prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan Kesehatan Masyarakat lho.

10. Pengusaha

Salah satu prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan Kesehatan Masyarakat adalah dengan menjadi pengusaha. Kamu dapat membuka usaha dengan memanfaatkan ilmu yang kamu dapatkan di bangku perkuliahan.

Bisnis yang kamu tekuni bisa di bidang kesehatan atau bidang lainnya. Ketika kamu mengelola usaha atau bisnismu dengan baik, maka penghasilan yang kamu dapatkan juga akan mengalir sesuai dengan usahamu.

Itulah sepuluh prospek kerja lulusan Kesehatan Masyarakat yang wajib kamu ketahui untuk pandangan masa depanmu. Banyak peluang lainnya yang bisa kamu dapatkan kelak, asalkan kamu rajin belajar dan berusaha. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…