5 Poin Penting dalam Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat!

Memilih jurusan kuliah memang gampang-gampang susah. Tidak semua orang langsung bisa menentukan mau kemana setelah lulus SMA/MA/SMK. Terkadang, banyak siswa yang bingung mau mengambil jurusan apa. Ada juga siswa yang akhirnya ikut-ikutan teman saat memilih jurusan kuliah.

Agar kamu tidak tersesat dalam memilih jurusan kuliah, mari simak tips berikut!

Daftar Isi

Tips Memilih Jurusan Kuliah

1. Tentukan ketertarikanmu pada suatu bidang

Sebelum memilih jurusan kuliah, renungkanlah kamu tertarik pada bidang apa. Misalnya, pada bidang pendidikan, kesehatan, atau teknologi. Setelah menentukan ketertarikanmu pada suatu bidang, kamu akan dapat memililah kemana yang akan kamu tuju. Selain merenungkannya sendirian, kamu juga dapat berkonsultasi dengan guru BK dan keluarga.

Jika kamu tertarik di bidang pendidikan, kamu kemudian dapat menentukan mata pelajaran apa yang ingin kamu kuasai lebih dalam di bangku kuliah. Apakah biologi, geografi, ekonomi, kimia, dan sebagainya. Jika kamu tertarik di bidang kesehatan, kamu dapat menentukan profesi apa yang ingin kamu jalani. Apakah bidan, dokter, ahli gizi, perawat, dan sebagainya. Begitu juga dengan bidang yang lain. Renungkan baik-baik bidang apa yang sangat membuatmu tertarik untuk mendalaminya di bangku kuliah.

2. Kenali impian dan cita-citamu

Setelah menentukan ketertarikan pada bidang tertentu, tahap selanjutnya adalah mengenali impian dan cita-citamu. Pada umumnya, kita semua sudah mempunyai cita-cita sejak kecil. Namun, tak jarang yang cita-citanya berubah seiring berjalannya waktu. Bahkan ada juga orang yang tidak mempunyai cita-cita. Setidaknya, renungkanlah apa yang kamu impikan selama ini. Profesi apa yang ingin kamu jalani kelak. Sesuaikan dengan bidang yang kamu tertarik dan ingin kamu dalami.

3. Kenali dirimu lebih jauh

Tidak ada yang mengenal dirimu lebih dalam selain dirimu sendiri. Kamulah yang mengetahui minat dan bakatmu. Setelah kamu tahu bidang apa yang membuatmu tertarik dan juga impian atau cita-citamu, kenalilah apakah bakat dan kemampuanmu dapat membantumu untuk meraih apa yang menjadi tujuanmu suatu hari nanti.

Jangan sampai kamu salah dalam mengenali dirimu. Misalnya, kamu suka menghitung. Kemampuanmu dalam hitung-hitungan seperti matematika, fisika, dan akuntasi sangat baik. Kamu dapat memilih mana yang ingin kamu tekuni. Apakah ilmu murni atau ilmu terapan. Jika kamu memilih ilmu murni, kamu dapat mengambil jurusan matematika, fisika, statistika, dan sebagainya. Namun, jika kamu memilih ilmu terapan, kamu dapat mengambil jurusan arsitektur, teknik, dan sebagainya.

4. Nilai apa yang kamu yakini

Setiap orang mempunyai keyakinan terhadap suatu nilai. Misalnya, jika kamu ingin menjadi pribadi yang bermanfaat lewat bidang pendidikan, kamu bisa menjadi peneliti, dosen, atau guru. Jika kamu ingin menjadi garda terdepan di bidang kesehatan, kamu bisa menjadi perawat, dokter, bidan, ahli gizi, dan sebagainya. Merenungkan nilai yang kamu yakini dapat membantumu memilih jurusan yang sesuai dengan keyakinanmu.

5. Restu orang tua

Setiap pilihan yang kamu ambil, diskusikanlah dengan orang tuamu. Restu dari mereka dapat membantu kelancaranmu dalam memilih jurusan serta kehidupan perkuliahanmu kelak. Komunikasikanlah apa yang menjadi ketertarikanmu, minat dan bakatmu, kemampuanmu, nilai apa yang ingin kamu capai, dan apa yang menjadi impianmu. Orang tuamu mungkin akan menyarankan beberapa jurusan yang sesuai.

Jika jurusan yang disarankan oleh orangtuamu tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan atau kamu harapkan, kamu dapat mengkomunikasikannya dengan baik-baik. Diskusikanlah setiap pilihan yang kamu ambil. Karena orang tuamu pasti mempertimbangkan banyak hal ketika kamu memilih jurusan untuk kuliah.

Jika kamu sudah mempunyai jurusan yang ingin kamu ambil, tetap diskusikan dengan orang tuamu. Apakah orangtuamu merestuimu masuk jurusan tersebut atau tidak. Mungkin saja ada pertimbangan biaya, pertimbangan kedepannya bagaimana, orang tuamu juga pasti sudah mengenal dirimu dengan baik. Jangan buru-buru marah atau emosi, namun pertimbangkan kembali. Kamu dapat mencari jurusan lainnya sebagai alternatif jika orang tuamu tidak merestui pilihan pertamamu.

Itulah tips untuk memilih jurusan kuliah yang perlu kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat agar kamu tidak salah jalan dan merasa salah jurusan kelak. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu agar mereka juga tidak ketinggalan informasi penting ini dan dapat membantu mereka memilih jurusan kuliah dengan baik. Semoga bermanfaat. Salam sukses. 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik – Salah satu pemeringkatan perguruan tinggi yang …