Tips Memilih Jurusan Di STIS Buat yang Mau Lulus SMA

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Tips memilih jurusan di STIS – Setiap orang tentunya ingin berkuliah di tempat yang bagus. Baik itu dari sisi akreditasi maupun program pendidikannya. Namun sayangnya, banyak orang yang salah pilih. Alhasil, tak sedikit dari mereka yang terpaksa pindah jurusan atau bahkan pindah ke universitas lain. 

Pastikan kamu memilih universitas yang tepat. Yang perlu diingat adalah pilihlah tempat dan jurusan yang sesuai dengan kemampuan kamu.  Percaya atau tidak, tips memilih jurusan di STIS yang tepat bisa berpengaruh terhadap masa depan kamu lho

Nah, bagi kamu yang sebentar lagi lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), apakah sudah tahu akan kuliah dimana? Kalau belum, kamu sebaiknya mulai mengumpulkan banyak informasi soal universitas dan juga jurusan apa saja yang kira-kira membuat kamu tertarik.

Luangkanlah waktu untuk mengunjungi tempat kuliah yang ingin kamu masuki. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Mulai dari meminta brosur hingga bertanya ke setiap fakultas yang ada di setiap kampus. 

Kenali dengan baik seperti apa lingkungan belajar di setiap kampus yang kamu kunjungi. Hal itu perlu dilakukan karena kamu akan menuntut ilmu selama bertahun-tahun di tempat tersebut.

Ketahui benar seberapa lama kamu bisa lulus kuliah, karena setiap universitas memiliki program sarjana yang berbeda. Jadi, kamu harus bisa mengetahuinya sejak dini. 

Pilihlah tempat kuliah yang nyaman. Apabila kamu menyukai alam terbuka, pilihlah tempat kuliah yang memiliki fasilitas taman yang ditanami banyak pepohonan. Kamu pun nantinya bisa bersantai sejenak selepas mengerjakan tugas kuliah yang menumpuk. Kamu tidak mau kan berkuliah di tempat yang sempit dan sumpek?

Selain itu, apabila kamu tidak mau menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan, jarak dari rumah ke kampus bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu. Mengirit biaya transportasi sedikit banyak juga bisa meringankan biaya kuliah. Kamu pun secara tak langsung telah membantu beban orang tua kamu. 

Baca Juga:  Daftar Sekolah Kedinasan Perhubungan Untuk Taruna

Jangan sungkan untuk bertanya ke orang-orang tertentu, seperti para senior di kampus. Mereka pasti tahu banyak dan tak segan membagikan pengalamannya dengan kamu. 

Tips Memilih Jurusan Di STIS Agar Tidak Salah Jurusan

Tak hanya tempat kuliah, kamu pun harus memilih jurusan yang tepat. Berikt tips memilih jurusan di STIS; Kenali apa passion dan apa ketertarikan kamu. Salah satu  ilmu yang bisa kamu pelajari nanti setelah lulus SMA adalah statistik. Nah, ada satu tempat yang layak banget jadi referensi kamu, yakni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). 

Apabila kamu sudah tertarik dengan ilmu statistik sejak SMA, bakal cocok masuk ke STIS. Banyak alasan kenapa kamu harus sekolah di STIS. Salah satunya adalah tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis! Kamu tidak perlu membayar biaya semester. Asyik kan?

Lebih asyiknya lagi, kamu bahkan akan mendapatkan Tunjangan Ikatan Dinas (TID) setiap bulan sebesar Rp 1 juta! 

Jangan khawatir, kamu tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan karena nantinya dijanjikan akan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS selepas lulus dari STIS. 

Lalu Apa Saja Sih Yang Bisa Dipelajari Di STIS? 

Ada tiga program akademik di STIS, yakni Program Studi DIII Statistika, Program Studi DIV Statistika, dan Program Studi DIV Komputasi Statistik. 

Apabila kamu mengambil Program Studi DIII Statistika, maka setelah lulus nanti akan mampu menerapkan ilmu statistika dalam kegiatan statistika dasar. Adapun gelar yang akan kamu dapatkan nantinya adalah Ahli Madya Statistika atau A.Md.Stat. 

Sedangkan untuk Program Studi DIV Statistika, terdiri dari dua bidang, yakni Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial. Statistika Ekonomi berkonsentrasi pada ilmu statistik ekonomi seperti analisa harga dan apa saja hal yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi. 

Baca Juga:  Rekomendasi Sekolah Kedinasan Cocok Untuk Wanita

Sementara Statistika Sosial lebih kepada ilmu statistik yang berhubungan dengan kehidupan sosial, seperti jumlah penduduk. Setelah lulus, kamu akan bergelar Sarjana Statistika Terapan atau S.Tr.Stat. 

Apabila kamu mengambil Program Studi DIV Komputasi Statistik, maka akan mendapatkan gelar Sarjana Statistika Terapan tau S.Tr.Stat. Kamu nantinya akan belajar banyak soal mengolah data statistik menggunakan teknologi. 

Berkuliah di STIS tentunya akan membuat masa depan kamu cerah. Tak hanya sekedar berkuliah lalu bekerja menjadi PNS, tapi dengan menuntut ilmu di STIS, kamu sudah berkontribusi banyak terhadap negara, pertumbuhan ekonomi nasional, serta masyarakat Indonesia. 

Jadi, alangkah baiknya kamu tidak salah dalam memilih tempat kuliah selepas kamu lulus SMA. Pertimbangkan tips memilih jurusan di STIS diatas sebelum akhirnya benar-benar memilih tempat kuliah, fakultas, dan juga jurusan. Pilihan kamu tidak hanya berdampak terhadap masa depan tapi juga diri kamu sendiri, karena kamu akan dituntut untuk menghadapi banyak tantangan selama berkuliah. 

Setelah berhasil lulus, kamu tidak hanya akan membuat orangtua bangga, tetapi juga bisa membuktikan kepada diri kamu sendiri bahwa ternyata kamu bisa berhasil melewati satu tahapan besar dalam hidup kamu. Semoga berhasil! 

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wisuda Akademi Kepolisian Tahun 2019

Sidang Yudisium Sarjana Terapan Kepolisian, Taruna Akademi Kepolisian, Angkatan 50, Bataly…