Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Dan Ikatan Dinas Yang Patut Kamu Lirik

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Bagi kamu yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, sekolah kedinasan menjadi pilihan yang paling banyak digemari. Selain karena adanya ikatan dinas yang menjamin lulusannya untuk langsung bekerja di instansi yang sesuai keilmuanya.  perguruan tinggi kedinasan membari layanan biaya pendidikan yang relatif terjangkau atau bahkan gratis dengan lama pendidikan yang relatif singkat. 

Oleh sebab itulah, mengapa daftar perguruan tinggi kedinasan dan ikatan dinas lebih banyak digemari dibanding perguruan tinggi negeri, meskipun seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi kedinasan cukup sulit.

Di Indonesia, saat ini ada sekitar tiga belas kementerian yang telah memiliki perguruan tinggi kedinasan, antara lain Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Pariwisata, Kementerian Keuangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Sosial. 

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Dan Ikatan Dinas Non-Kementerian

Selain itu, terdapat pula perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan Lembaga Pemerintah non-Kementerian, antara lain PLN, Badan Intelijen, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Badan Pertanahan Nasional, Badan Pusat Statistik, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Lembaga Administrasi Negara, Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia, serta Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dari sejumlah kementerian dan lembaga Pemerintah non-Kemeterian tersebut, ada sekitar 105 perguruan tinggi kedinasan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kementerian yang paling banyak memiliki perguruan tinggi kedinasan yaitu Kementerian Kesehatan dengan 41 Politeknik Kesehatan (PoltekKes) yang tersebar di seluruh Indonesia, disusul Kementerian Perhubungan dengan 13 Sekolah Tinggi / Akademi / Politeknik, Kementerian Perindustrian dengan 8 Sekolah Tinggi / Akademi / Politeknik, Kementerian Pertahanan dengan 7 Sekolah Tinggi / Akademi / Universitas, Kementrian Pertanian dengan 6 Sekolah Tinggi, Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan 5 Sekolah Tinggi / Akademi, Kementerian Pariwisata dengan 5 Sekolah Tinggi / Akademi / Politeknik, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan 2 Politeknik. Kementerian dan lembaga Pemerintah non-Kemeterian masing-masing memiliki 1  perguruan tinggi kedinasan baik berupa Sekolah Tinggi / Akademi / Politeknik.    

Baca Juga:  Tips Masuk STAN Tanpa Bimbel

Keberadaan perguruan tinggi kedinasan sendiri lebih banyak tersebar di wilayah Pulau Jawa, disusul Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku-Papua, dan Bali-Nusa Tenggara. Hal ini didasarkan dari banyaknya peminat yang ingin mendapatkan ilmu dan gelar di  perguruan tinggi kedinasan. Jenjang pendidikan dari perguruan tinggi kedinasan ada Diploma I (1 tahun), D III (3 tahun), dan Diploma IV (4 tahun) dengan gelar ahli madya hingga sarjana. Lulusan perguruan tinggi kedinasan memiliki keahlian teknis sesuai kejuruannya, sehingga diharapkan akan lebih mampu menguasai secara lebih praktis dan teknis mengenai keilmuanya dalam dunia kerja nantinya.

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Dan Ikatan Dinas Favorit

Adapun perguruan tinggi kedinasan yang paling favorit dan terbaik dalam menghasilkan lulusannya yang berkualitas antara lain: 

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) dibawah Kementerian Keuangan
2. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) dibawah Badan Pusat Statistik
3. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) dibawah Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia
4. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) dibawah Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia
5. AKMIL (Akademi Militer) dibawah Kementerian Pertahanan
6. AAL (Akademi Angkatan Laut) dibawah Kementerian Pertahanan
7. AAU (Akademi Angkatan Udara) dibawah Kementerian Pertahanan
8. AKPOL (Akademi Kepolisian) dibawah dibawah Kementerian Pertahanan
9. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) dibawah Kementerian Dalam Negeri
10. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) dibawah Kementerian Perhubungan
11. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) dibawah Kementerian Perhubungan
12. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
13. Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan
14. Politeknik Energi dan Mineral Akamigas dibawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
15. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dibawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
16. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dibawah Kementerian Pariwisata
17. Sekolah Tinggi Multi Media dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika
18. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil dibawah Kementerian Perindustrian
19. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor dibawah Kementerian Pertanian
20. Poltekkes Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya dibawah Kementerian Kesehatan.

Demikian informasi mengenai daftar perguruan tinggi kedinasan yang penting diketahui terutama bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk perguruan tinggi kedinasan. Lebih banyak informasi yang diperoleh, akan lebih tepat dalam mengambil keputusan untuk memilih keilmuan di perguruan tinggi kedinasan.

Baca Juga:  Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Semoga bermanfaat dengan bisa memberi gambaran singkat tentang daftar perguruan tinggi kedinasan dan ikatan dinas yang ada di Indonesia. Referensi informasi tulisan ini diambil dari beberapa website. Adapun apabila ada perbedaan, hal tersebut disebabkan karena kesalahan penulis atau adanya update informasi.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Beli Paket STAN di Aplikasi Ruangguru

Kamu berencana mau masuk STAN? Mau ikut bimbel tapi bayarnya mahal? Coba pakai Ruangguru a…