Ini dia! Tips Rahasia Supaya Lolos dan Masuk Perguruan Tinggi STSN

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Tips masuk STSN – Sebelumnya sudah pada tahu kan STSN itu apa? Adalah Sekolah Tinggi Sandi Negara yang masuk dalam 10 jajaran PTK di Indonesia. Jadi jelas bahwa lembaga ini bernaung langsung di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Penyelenggara sekolah ini tidak lain yaitu Badan Siber negara di mana nantinya para mahasiswa dibimbing dan diarahkan agar menjadi aparatur khususnya di bidang siber serta persandian negara. Tidak heran pula proses seleksinya begitu ketat untuk bisa masuk ke sana. Oleh sebab itu, para alumni STSN nantinya dibentuk supaya siap memikul beban yang menyangkut sistem keamanan teknologi maupun informasi rahasia milik negara.  

Anda tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa di STSN? Kebetulan sekali  informasi tips masuk STSN sekaligus memberikan kamu langkah jitu agar bisa lolos seleksi di perguruan tinggi tersebut. So, catat baik-baik tips triknya berikut ini.

Rahasia Supaya Lolos Dan Masuk Perguruan Tinggi STSN 

1. Persiapkan Diri Untuk Melengkapi Syarat

Beberapa syarat yang perlu kamu siapkan antara lain perbanyak fotokopi KK, KTP, akte kelahiran, ijazah, dan SKCK. Kalo bisa semuanya sudah dilegalisir rangkap 2/3. Kemudian persiapkan juga softcopy guna melakukan pendaftaran administrasi secara online.

Pantau terus situs resmi STSN melalui STSN-nci.ac.id/spmb. dan jauh lebih baik dilakukan satu bulan sebelumnya supaya kamu langsung siap mendaftarkan diri tanpa perlu mengurus syarat-syarat kesana-kemari yang akhirnya menghabiskan banyak waktu. 

Baca Juga:  Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPA

2. Pahami Proses Seleksinya

Seleksi perguruan tinggi STSN dari waktu ke waktu cenderung sama di mana ada 10 tahapan yang harus kamu lalu mulai dari pendfataran online, seleksi TKD BKN (berupa TKW, TIU dan TKP), seleksi tes akademik, seleksi tes psikologi, seleksi tes tertulis, seleksi tes wawancara, seleksi tes kebugaran, seleksi tes kesehatan dan MMPI, seleksi tes pantukhir serta daftar ulang mahasiswa. 

Karena tahapannya memang banyak, jadi kamu perlu mencatatnya supaya tidak lupa Pahami baik-baik setiap tahapannya lalu persiapkan diri untuk selalu belajar. Jangan pernah meremehkan tes yang mungkin kamu anggap gampang!

3. Trik Mengerjakan Ujian Tertulis Agar Tidak Bingung

Banyak-banyaklah berlatih dengan soal yang sudah pernah diujikan  sebelumnya. Caranya, tanya teman atau orang yang pernah mengikuti seleksi di STSN. Biasakan diri untuk mengerjakan soal dengan tenang, tidak teburu-buru serta dahulukan soal paling mudah. Contohnya ketika soalnya berbentuk TKD, maka sarannya kerjakan TIU dan TKW dulu, barulah dilanjut ke TKP

Berbagai macam soal SKD pun sudah banyak tersebar di internet dan kamu tinggal searching saja baik secara gratis maupun premium (berbayar). 

Tips Masuk STSN Catat Kiat Ampuh Mengerjakan Tes Psikologi 

Percayalah pada diri sendiri dulu bahwa kamu yakin bisa mengerjakannya. Hal ini cenderung memberikan kamu optimisme dan mampu berkonsentrasi sepenuhnya. Namanya tes psikologi itu harus selalu dibiasakan. 

Oleh karena itu, cari soal-soal yang berkaitan dengan tes psikologi kemudian jawab sesuai ketentuan. Misalnya ada soal aritmatika sebaiknya jangan terpaku pada satu soal, bila dirasa kesulitan langsung pindah soal lainnya, atau ketika mendapatkan soal penalaran maka lakukan penalaran sesuai logika. kamu tidak usah berpikir ini sulit, itu sulit. Cukup fokus dan konsentrasi saja pada semua soal. 

Cara Jitu Menjawab Tes Wawancara Dengan Tepat

Pasti sudah pada tahu kan yang namanya tes wawancara itu tidak hanya dinilai ketika interview saja namun kerapian anda, kesopanan kamu serta etika kamu pasti akan diperhatikan. Ingat ya, perlihatkan diri berbicara atau menjawab dengan sopan di hadapan penguji. Tetap jaga komunikasi mata untuk selalu melihat penguji, dengarkan pertanyaan mereka baik-baik dan jawab yang sesuai kebutuhan penguji.

Baca Juga:  Daftar Sekolah Kedinasan Perhubungan Untuk Taruna

Satu hal penting dan tidak boleh kamu lupakan adalah jujur. Katakan yang sejujurnya bahwa alasan kamu ingin menjadi mahasiswa STSN itu apa dan sebagainya. Oh ya, trik terakhir ini bisa diterapkan ketika sudah merasa terpojok atau terpaksa. Ya, berbohonglah demi kebaikan. Dari pengalaman yang pernah mendaftar  ke perguruan tinggi STSN, calon mahasiswa (seleksi) pernah berkata ketika ia tidak membawa syarat-syarat ketika masuk tahapan interview, dan dia bilang apa “mohon maaf pak, sebetulnya syarat tersebut sudah saya kerjakan di rumah dan bila tahapan ini lolos maka saya akan langsung membawanya kesini”. Ternyata besoknya dia dinyatakan lolos kemudian langsung membawa persyaratan itu ke penguji padahal sebelumnya tidak dikerjakan sama sekali. 

Mempersiapkan Tes Kebugaran Supaya Tetap Kuat

Tes kebugaran dalam tahapan seleksi STSN pada umumnya berkaitan dengan aktivitas fisik seperti push up, pull up, sit upp, shuttle run, sampai renang gaya bebas. Pasti kalo tidak tahu infonya bakal klabakan. Ini tes buat apaan ya? mau masuk perguruan tinggi kok gini-gini amat. Mulai sekarang, jangan pernah berpikiran seperti itu karena berisiko membuat kamu pesimis yang membuat kamu tidak bisa optimal saat mengikuti tes kebugaran. 

Dinginkan pikiran kamu dan cobalah untuk berlatih 1 bulan sebelumnya agar tubuh sudah terbiasa dengan kegiatan fisik yang cukup berat. Bukan berarti memaksakan diri lho ya? Cukup lakukan 10-15 menit saja agar otot-otot badan bisa lentur dan tidak menimbulkan kram. Sekali lagi, jangan pernah menganggap tes ini gampang karena kamu belum tahu kondisi di sana seperti apa, jadi lebih baik persiapkan diri gar kamu tidak kaget.

Tips Masuk STSN – Teknik Melewati Tes Mental Dan Idelogi Negara 

Namanya perguruan tinggi milik negara, jelas pasti ada tes mental serta ideologi negara yang merupakan tes untuk mengetahui calon mahasiswa seberapa jauh mereka tahu tentang NKRI. Jika bentuknya essay maka kamu hanya perlu menjawabnya dengan tegas dan jujur. Lalu setujui setiap kebijakan pemerintah yang positif meski diri sendiri merasa bimbang. 

Baca Juga:  Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Dan Ikatan Dinas Yang Patut Kamu Lirik

Jika bentuknya interview maka kamu harus belajar tentang ideologi negara, jurusan yang kamu tuju di STSN, mengetahui UUD kaitannya dengan keamanan dan rahasia teknologi informasi negara serta minimal mengetahui data pribadi keluarga kamu secara menyeluruh (tanggal lahir ibu-ayah, pekerjaan adik, organisasi yang pernah diikuti dll). 

Memaksimalkan Tes Ketrampilan Tanpa Grogi 

 Berdasarkan pengalaman mahasiswa yang pernah ikut seleksi di STSN bahwa tes keterampilan berfokus pada dua penunjang yaitu komputer dan bahasa Inggris. Nah, dalam menyiasati keduanya maka kamu perlu melatih diri dari sekarang bagaimana mengaplikasikan komputer secara benar saat berdinas, terutama kamu wajib memahami beberapa program dasar seperti Word, Excel,  PPT, program yang berkaitan dengan jurusan yang dituju. 

Berikutnya, untuk memaksimalkan tes bahasa Inggris silakan latih conversation dengan mandiri. Seperti bicara sambil becermin atau mengajak teman untuk menguji wawasan kamu dalam menguasai percakapan bahasa Inggris khususnya yang ada kaitannya dengan peminatan di perguruan tinggi STSN. Dengan begitu, ketika kamu sudah terbiasa melatih diri dari sekarang, saat pengujian pun pasti tidak akan grogi sama sekali. 

Berharap dengan adanya tips masuk STSN / Lolos Seleksi STSN Dengan Mudah di atas bisa memberikan gambaran lengkap dan membantu kamu mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi tersebut. Semoga bisa lolos seleksinya, jangan lupa untuk berdoa selalu sebelum mengerjakan apapun. 

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Wisuda Akademi Kepolisian Tahun 2019

Sidang Yudisium Sarjana Terapan Kepolisian, Taruna Akademi Kepolisian, Angkatan 50, Bataly…