tips mendapatkan beasiswa

16 Universitas Indonesia Barat, Masih Buka Jalur Mandiri!

Heyoo guys! Selalu semangat ya dimanapun kamu berada. Eh guys, kamu tahu ga sih kalau ada belasan perguruan tinggi di Indonesia bagian barat yang hingga kini masih membuka pendaftaran untuk jalur mandiri lhoo! 

Wuidih, ini kesempatan emas nih apalagi untuk kamu yang tinggal di Indonesia bagian barat. Kira-kira udah pada tahu belum nih? Nah, buat kamu yang belum tahu, maka kamu dijamin engga salah artikel guys, hehehe. Aku mau share nih ke kamu belasan universitas yang masih membuka jalur mandiri khusus Indonesia bagian Barat!

Simak di bawah ini ya guys!

16 Universitas Indonesia Barat, Masih Buka Jalur Mandiri!

universitas Indonesia barat
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

1. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Nah, universitas satu ini terletak di Aceh guys. Universitas satu ini memiliki 12 fakultas dan pasca sarjana. Universitas ini juga terkenal sebagai universitas tertua di Aceh ya. 

2. Universitas Bengkulu

Next, adalah universitas yang kerap disapa sebagai Unib. Universitas satu ini terletak di Kandang Limun, Kec. Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu. Oh iya, apabila kamu mengunjungi situs resmi universitas ini maka kamu akan langsung diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran guys!

3. Universitas Jambi

Selanjutnya, adalah UNJA. Sebuah universitas yang terletak di Muaro Jambi ini menawarkan kurikulum yang ga kalah keren guys. Pastinya sesuai dengan kurkulum nasional di Indonesia. 

Baca Juga:  Kode Diskon Pahamify Terbaru!

4. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas ini menawarkan 7 fakultas  yang mencakup berbagai ilmu soshum dan saintek dengan berbagai macam tingkatan mulai dari sarjana, pasca sarjana, profesi sampai diploma guys

Nah, universitas ini terletak di Kota Serang, Banten guys. Untuk kamu yang tertarik bisa langsung mengunjungi laman resmi universitas ini ya.

5. Universitas Lampung

Universitas ini kerap disapa dengan Unila, terletak di Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Universitas ini menyediakan program pembelajaran baik untuk sarjana, pasca sarjana, dan doktoral juga guys

6. Universitas Siliwangi

Yap, universitas ini terletak di Jalan Siliwangi No 24 Kahuripan, Kota Tasikmalaya. Universitas ini juga telah membuka pendaftaran jalur mandirinya guys, kamu bisa pantau lewat laman resmi Universitas Siliwangi.

7. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh 

Oke, balik lagi ke Aceh guys. Institut satu ini khusus memberikan prodi seputar seni guys. ISBI atau Institut Seni Budaya Indonesia Aceh memberikan 3 prodi untuk seni pertunjukkan antara lain, seni karawitan, seni tari, dan seni teater.

Sementara itu, fakultas seni rupa dan desain dari ISBI juga menyediakan 3 program studi yaitu seni murni, seni kriya, dan studi desain komunikasi visual.

8. Universitas Riau

Nah, kita menuju salah satu universitas yang ga kalah keren di Pekanbaru guys. Universitas Riau sendiri memiliki berbagai fakultas sampai prodi yang ga kalah keren juga. Kamu bisa pantau langsung guys melalui website resmi Universitas Riau.

9. Universitas Samudera

Universitas Samudera atau yang kerap disapa Unsam ini terletak di Langsa, Aceh Indonesia. Universitas satu ini menawarkan 25 prodi berbeda dari SAINTEK maupun SOSHUM guys. Selain itu, kualitas dari Universitas Samudera juga terletak pada kualitas dari para alumni yang mampu bersaing secara global di tingkat nasional sampai mancanegara. 

10. Institus Teknologi Sumatera

Kalau dari tadi aku udah bahas berbagai universitas dan institut seni, maka kurang afdol kalau ga bahas tentang institut teknologi. Nah, institut satu ini terletak di Sumatera, khususnya di Lampung Selatan.

Baca Juga:  Tips Menghapal Cepat, Tanpa Lupa!

11. Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Institut seni satu ini terletak di Padangpanjang, Sumatera Barat. Salah satu perguruan tinggi tertua di Sumatera ini juga telah mendapatkan akreditasi A lho! Jadi, bagi kamu yang tertarik bisa langsung pantau di website resmi Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

12. Universitas Teuku Umar

Balik lagi ke Aceh guys, universitas yang kerap disapa dengan UTU ini terletak di Meurabo, Kabupaten Aceh Barat. Universitas Teuku Umar juga memberikan berbagai macam prodi untuk program SAINTEK dan SOSHUM guys.

13. Universitas Palangkaraya

Universitas yang terletak di Kalimantan Tengah, tepatnya di Palangkaraya ini menawarkan setidaknya  8 fakultas berbeda untuk program SOSHUM dan SAINTEK guys

Fakultas tersebut antara lain, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kedokteran, ditambah lagi program pasca sarjana.

14. Universitas Bangka Belitung

Universitas ini terletak Balunjuk Merawang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Nah, universitas ini juga menawarkan ke kamu beragam fakultas sampai prodi yang keren-keren guys!

15. Universitas Malikussaleh

Universitas ini terletak di Muara Batu, Aceh Utara, Aceh guys. Apabila kamu tertarik dengan universitas ini, bisa langsung kunjungi website resmi dari Universitas Malikussaleh ya guys!

16. Universitas Raji Ali Haji

Terakhir, ada universitas dari Tanjungpinang, di Provinsi Kepulauan Riau guys. Universitas ini menyediakan 5 fakultas keren lho, antara lain fakultas teknik, ekonomi, ilmu kelautan dan perikanan, keguruan dan ilmu pendidikan, serta ilmu sosial dan ilmu politik. 

Nah, di atas adalah profil singkat dari beberapa universitas di Indonesia barat yang masih membuka jalur mandiri guys. Oke, aku bakal share nih ke kamu beberapa persyaratan sampai hal yang perlu banget kamu ketahui tentang jalur mandiri ini. 

Baca Juga:  Cara Meraih Juara Kelas Pasti Berhasil!

1. Persyaratan

  • Kamu wajib memiliki ijazah, baik itu lulusan SMA/SMK/MA/Paket C
  • Memberikan surat keterangan lulus, dengan informasi jati diri, pas foto, dan pastinya sudah dilegalisir
  • Peserta dalam kondisi kesehatan yang baik

Di atas adalah beberapa syarat dasar yang wajib kamu ketahui guys, untuk syarat lebih lanjut bisa langsung kunjungi SMM PTN Barat 2020 yaa.

2. Jenis Ujian

Jenis ujian di sini kembali dibagi menjadi 2 guys, mengingat seleksi mandiri yang dilakukan semasa pandemi ini. Pertama, kamu bisa mengikuti ujian tulis. Ujian ini tak jauh berbeda dengan ujian tulis lain pada umumnya, yang mencakup tes kemampuan dasar dan potensi akademik. 

Kedua, untuk siswa yang memilih prodi seni dan olahraga disediakan portofolio yang harus diunggah pada saat melakukan pendaftaran. Portofolio ini berupa uji kemampuan yang memperlihatkan sejauh mana keahlian kamu dalam suatu bidang sobat.

3. Biaya Registrasi

Nah, sama seperti SBMPTN untuk ujian mandiri juga ditetapkan biaya registrasi ya guys. biaya ini sebesar 300.000. Nantinya biaya registrasi akan dibayarkan sesuai dengan mitra dari setiap universitas terkait guys. Oh iya, jangan lupa guys, biaya yang telah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali yaa.

4. Jadwal Ujian

Ujian tulis akan dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu pada tanggal 25-26 Agustus 2020 guys. Untuk tempat pelaksanaan ujian akan diadakan di PTN terdekat dari domisili peserta.

Yap, di atas adalah beberapa informasi buat kamu yang ingin masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia bagian barat. Nah, apabila ada yang ingin kamu ketahui lebih lanjut maka kamu bisa langsung mampir di laman website smmptnbarat.id

Semangat guys, jangan sampai ketinggalan ya!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih…