Urutan dalam Operasi Matematika

Bagi kamu yang udah mahir dengan konsep operasi Matematika, tentu hal ini bukan menjadi masalah yang berarti buat kamu. Namun, bagi kamu yang gak terbiasa dengan konsep urutan dalam operasi Matematika pasti gak ngerti tentang ini.

Nah, buat kamu yang belum paham, berikut ini aturan dalam mengurutkan sistem operasi pada pelajaran Matematika. Seperti contoh berikut! Manakah yang didahulukan antara penjumlahan dengan perkalian? Berikut ururat dalam konsep operasi Matematia.

Urutan dalam Operasi Matematika
Sumber gambar: Quipper Video

Urutan dalam operasi Matematika

  1. Jika ada tanda kurung maka dahulukan operasi matematika dalam tanda kurung
  2. Perkalian atau pembagian menjadi fungsi operasi yang didahulukan dengan urutan bilangan kiri ke kanan
  3. Penjumlahan  atau pengurangan menjadi fungsi operasi setelah perkalian dan pembagian dengan urutan yang sama
  4. Jika ada tanda pangkat maka bilangan dengan tanda pangkat harus dibulatkan dahulu menjadi angka numerik dengan pola bilangan yang sebelah kiri didahulukan misalkan kasus 5^2×4^3 maka angka 5^2 harus didahulukan sebelum pemangkatan angka 4 

Maka jawaban yang benar jika kita mengacu pada teori dalam matematika adalah 40 + 40 x 0 + 1 = 41 , bagaimana cara menghitungnya?

Seperti pada teori diatas yang harus didahulukan adalah mengoperasikan bilangan perkalian dari kiri ke kanan, sehingga hasilnya akan seperti ini 40 + 40 x 0 + 1= …..? => 40 + 0 + 1=….? => 40 + 1= 41.

Semoga penjelasan singkat tentang Urutan dalam Operasi Matematika ini bisa memberikan ilmu dan pengetahuan baru bagi kamu yang belum tahu atau mungkin sudah lupa dengan konsep dasar pengoperasian bilangan pada mata pelajaran Matematika.

Baca Juga:  Materi Matematika Kelas 8 Bab 6 Teorema Pythagoras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Daftar KI dan KD Matematika SMP Kelas 7, 8, dan 9 K13 Revisi Terbaru!

Bagi Bapak/Ibu guru Matematika yang sedang mencari daftar Kompetensi Inti (KI) dan Kompete…