Alat Peraga Sistem Tata Surya Karya Siswa

Alat peraga merupakan media yang mampu mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran, menerjemahkan teori-teori yang sangat sulit digambarkan, sehingga alat peraga sangat dibutuhkan oleh seorang guru untuk menjelaskan materi pelajaran yang disampaikan di dalam kelas.

Alat peraga sistem tata surya

Belajar menggunakan media atau alat peraga dapat menarik minat belajar siswa, sehingga siswa lebih semangat dan antusias dalam kegiatan pembelajaran.   Di era modern seperti sekarang ini, banyak sekali pilihan alat peraga yang bisa Anda gunakan untuk mengajar di dalam kelas.

Mulai yang konvensional hingga media belajar modern yang menggunakan teknologi yang berkembang saat ini. Namun, tidak selamanya media belajar konvensional tidak laku di pasaran, justru alat peraga konvensional menjadi pelengkap dan penunjang media yang lain.

Dalam pemilihan media atau alat peraga, alangkah baiknya jika alat peraga tersebut dibuat sendiri oleh siswa, dengan memanfaatkan alat dan bahan yang mudah didapatkan.

Sehingga bisa menambah pengetahuan siswa dalam hal keterampilan. Jadi, siswa tidak hanya bisa mengetahui tentang teori pada mata pelajaran tersebut. Tapi, siswa mampu membuat karya sendiri.  

Berikut karya siswa dalam pembuatan alat peraga pada materi IPA Terpadu untuk siswa kelas 9 tentang “Sistem Tata Surya”

Cara pembuatannya silahkan baca di halaman Cara membuat miniatur planet

Alat Peraga Sistem Tata Surya

Hasil karya kelompok 1

Hasil dari kelompok 1 sangat menarik dan terlihat realistis karena dipasang berdiri mengunakan kayu bambu yang beralaskan stiroform.  

Hasil jadi alat oleh kelompok 1

Proses pembuatan oleh kelompok 1

Hasil karya kelompok 2

Untuk karya kelompok 2 dan seterusnya membentuk karya dengan model yang sama, yakni mengusung konsep poster yang bisa dipasang atau ditempel di tembok.

Baca Juga:  Cara Mudah untuk Mengetahui Kekuatan Gaya Magnet

Bola planet dipasang atau ditempelkan pada kertas karton yang dilapisi kertas manila. Sehingga poster yang dibuat tidak seperti biasanya. Namun, lebih terlihat seperti poster 3D (3 dimensi) sehingga nampak seperti nyata.

Hasil jadi oleh kelompok 2

Hasil karya kelompok 3

Hasil jadi oleh kelompok 3

Proses pembuatan oleh kelompok 3

Hasil karya kelompok 4

Proses pembuatan oleh kelompok 4

Untuk cara pembuatannya silahkan anda lihat di postingan Cara Membuat Miniatur Planet dengan Kertas Bekas. 

Semoga artikel bisa bermanfaat untuk Ibu/Bapak guru, khususnya bagi guru IPA yang membutuhkan alat peraga dalam menjelaskan materi tentang sistem tata surya.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Jenis – Jenis Proposal, dan Langkah Membuatnya!

Jenis Proposal – Heyoo, ada ga sih guys di antara kamu meskipun melakukan pembelajar…