Cara Membuat CV Menarik Untuk Anak SMA!

Cara membuat CV untuk anak SMA – Guys, banyak ga sih dari kamu yang selama sekolah di rumah ini ingin mengisi waktu luang dengan bekerja? Mungkin ada yang membuka usaha, open reseller, sampai bekerja di suatu perusahaan.

Nah, buat kamu yang masih SMA pastinya untuk bekerja memerlukan CV guys. CV adalah singkatan dari Curiculum Vitae sobat. CV sendiri berisi riwayat hidup kamu serta biodata terbaru dari diri kamu.

CV sangat diperlukan nih untuk melamar suatu posisi di sebuah perusahaan guys. kamu tau ga sih, pembuatan CV itu super-duper berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya kamu dalam sebuah perusahaan.

contoh cv

Hal ini dikarenakan sebuah perusahaan akan mengevaluasi dan menilai calon pekerjanya melalui CV. Lalu gimana sih caranya buat CV supaya diterima oleh suatu perusahaan sekalipun kamu masih sekolah lho.

Yap, aku mau share nih ke kamu tips dan cara membuat CV atau Curiculum Vitae yang menarik dan pastinya diterima sebuah perusahaan. Langsung simak di bawah ya!

Cara Membuat CV Menarik Untuk Anak SMA!

1. Research

Pertama-tama nih, kamu harus research atau riset dulu perusahaan atau pekerjaan apa yang kamu minati. Pembuatan CV pun harus disesuaikan dengan perusahaan yang hendak kamu lamar guys.

Ga mungkin dong kamu anak sastra tetapi, berniat melamar pekerjaan di perusahaan teknik. Oleh karena itu, kamu harus riset dulu sobat, perusahaan mana yang hendak kamu lamar.

Tak hanya itu, gimana sih kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan tersebut juga harus kamu sesuaikan ya!

2. Desain yang menarik

Nah, pembuatan ini nih yang paling seru. Pastikan kamu membuat CV menggunakan desain yang menarik dan tetap simple ya guys. Padukan warna-warna yang cocok dengan riset yang telah kamu lakukan.

Misalnya, kamu berminat melamar di perusahaan yang bergerak di bidang art maka kamu bisa memanfaatkan CV kamu sebagai ajang menumpahkan bakat di bidang art yang kamu miliki nih!

Selain itu, kamu juga bisa membuat CV secara gratis kok guys. Aku bakal kasih tahu nih beberapa website pembuat CV gratis, antara lain:

a. Canva.com

Kamu bisa buka langsung di laman websitenya atau download aplikasinya lewat playstore ya guys. Pembuatan CV di Canva sangat aku rekomendasikan karena mudah dan menarik juga lho!

kamu ga perlu repot-repot untuk mendesain, karena sudah disediakan templatenya.

b. Kickresume.com

Selanjutnya, adalah kickresume.com kamu bisa langsung buka lewat websitenya ya guys! Di Kickresume.com kamu akan ditawarkan berbagai macam desain CV yang simple dengan warna-warna elegan guys.

c. Job CV Maker

Kali ini bentuknya dalam aplikasi lagi nih guys! Tenang, di sini kamu bakal dibantu dengan step by step yang telah disediakan dari pihak aplikasinya guys. Selain memilih template kamu juga bisa memodifikasinya secara langsung guys. setelah itu CV bisa langsung di save dalam bentuk PDF dan di share melalui Bluetooth, WhatsApp, dan media sosial lain.

3. Tambahkan softskill

Guys ini penting bingits beneran! Pastikan setiap kemampuan yang kamu miliki bisa tertulis di CV kamu. Hal ini akan menambah poin plus bagi sebuah perusahaan untuk menilai kamu dan pertimbangan dalam menjadikan kamu sebagai karyawan.

Jangan lupa guys, softskill yang kamu miliki harus dalam tahap mengusai ya, Jangan hanya bisa saja. Selain itu,  softskill yang ditulis juga disesuaikan dengan pekerjaan yang hendak kamu lamar ya.

4. Apa saja yang pernah kamu raih?

CV sendiri berisi riwayat hidup yang harus kamu ceritakan selengkap mungkin guys! segala prestasi atau kejuaraan yang pernah kamu raih bisa kamu tulis di daftar riwayat hidup tersebut.

Perusahaan akan melihat sejauh mana keahlian yang kamu miliki, pengalaman yang telah kamu lalui sebagai bahan pertimbangan apakah kamu layak atau tidak guys. Selain itu, hal ini juga dapat berguna sejauh mana keaktifan kamu dalam  mengikuti seuatu kegiatan. 

5. Cukup sesuai porsinya

Penting banget guys. kamu boleh menuliskan riwayat hidup secara detail tetapi, juga ingat gunakanlah kalimat yang efektif dan jangan berlebihan. Kebanyakan CV yang berisi riwayat hidup kurang diminati karena penggunaan kata-kata yang berlebihan.

Selain itu, kalimat yang disampaikan secara bertele-tele secara tidak langsung akan membuat bosan pembaca guys. Jadi, pastikan kamu menceritakannya secara detail dengan menggunakan bahasa yang tetap efektif ya.

6. Sesuaikan dengan jabatan yang kamu inginkan

Tetapkan guys, jabatan yang kamu inginkan. Semua poin di atas akan berdampak pada jabatan yang hendak kamu raih maupun yang akan kamu dapatkan. 

Pastikan bahwa antara riwayat hidup yang kamu tulis dengan posisi atau jabatan yang hendak kamu lamar berkaitan satu sama lain. Sehingga perusahaan akan dengan mudah menerima kamu sebagai karyawan.

Yes, di atas adalah beberapa tips sekaligus cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat CV yang menarik dan benar. Kuncinya adalah permainan kata dan kejujuran yang jangan kelewat batas ya guys. Tetap filter mana yang penting kamu ceritakan dan justru membuat CV kamu menjadi berlebihan. 

Tetap semangat guys!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Review Pahamify, Kelebihan dan Kekurangannya!

Review Pahamify – Guys ada kabar gembira nih buat kamu yang lagi kebingungan mencari…