Cara Membagi Waktu Belajar Dengan Bermain!

Cara membagi waktu belajar dengan bermain – Hayoo, ada ga sih dari kamu yang sering banget lupa waktu kalau bermain? Entah itu bermain HP, hangout bersama teman, atau bahkan menghabiskan me time sampai kelupaan waktu?

Aduh pastinya bakalan repot apabila tugas sekolah masih numpuk, sedangkan deadline terus mengejar kamu! Atau ada ga sih dari kamu yang suka heran sama temen yang rajin belajar walaupun main tetep lancar? 

Kamu engga sendiri kok. Tahu ga sih, bahkan banyak lho siswa di luar sana mulai dari SMP sampai kuliah dan masih sering pusing sampai stress karena tidak bisa membagi waktu antara belajar dengan bermain. 

Padahal belajar itu penting banget guys, di sisi lain bermain juga diperlukan untuk me-refresh kembali otak kita setelah lelah belajar seharian. Nah, kira-kira gimana sih cara yang tepat untuk bagi waktu antara belajar dan bermain?

Wuih, kebetulan banget nih aku bakal kasih tahu kamu gimana sih cara bagi waktu dengan bijak? Penasaran? Yuk, langsung simak di bawah ini ya!

Cara Membagi Waktu Belajar Dengan Bermain!

1. Tujuan

Inget guys, segala sesuatu pasti ada tujuannya. Kamu mau belajar pasti ada tujuannya, mau bermain pun juga ada tujuannya. Nah, mulai sekarang coba deh kamu tetapkan tujuan dalam belajar.

Apa sih kira-kira yang menjadi goals kamu dalam belajar? Sama halnya dengan bermain, kira-kira kamu bermain untuk apa sih? Oke, kalau semisal kamu bingung aku akan bantu nih.

Baca Juga:  Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Setelah Kuliah

Kalau dari main sih pasti setiap dari kamu udah tau kan? Untuk seneng-seneng, have fun, menikmati hidup, dan berbagai alasan lain. It’s okay guys, asal engga berlebihan aja.

Nah, kalau tujuan kamu belajar sampai sekarang, mungkin udah ada yang SMP sampai kuliah kenapa kamu mau belajar sampai kini? Apakah cuma disuruh orang tua atau kewajiban aja?

Pastinya engga kan? Percuma dong guys, kalau selama ini kamu belajar super keras hanya untuk formalitas saja? seharusnya kamu memiliki tujuan, keinginan yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang dilakukan.

Nah, kamu bisa merenungkan dulu guys, tetapkan tujuan belajar kamu. Kalau bisa ditulis atau di print sekamu dan tempel di kamar. Hal ini untuk mengingatkan kamu selalu akan tujuan dalam belajar.

2. Komitmen

Selanjutnya, setelah kamu menemukan tujuan dalam belajar pastinya kamu harus memiliki komitmen yang kuat guys. Apabila kamu mulai hilang semangat dalam belajar maka pergilah bermain guys, karena itu gunanya bermain untuk me-refresh otak.

Jadi, sampai sini kamu juga harus paham, apa fungsi bermain dan apa fungsi belajar. Sehingga komitmen kamu untuk belajar tetap terjaga, sedangkan ketika kamu sudah lelah belajar maka kamu bisa bermain sebagai media hiburan.

Asalkan kamu juga harus ingat ya, sekali lagi jangan bermain berlebihan. Kembali ke komitmen awal kamu untuk belajar!

3. Buatlah agenda harian

Next, agenda adalah salah satu cara untuk menjaga waktu produktif kamu. Sehingga waktu untuk bermain dan belajar dapat berjalan secara seimbang guys. Gimana sih cara mulainya?

Kamu bisa membuat agenda per harinya. Mulai hari senin sampai sabtu, kamu bisa isi dengan kegiatan yang harus dilakukan. Entah itu belajar, menyalurkan hobi, sampai kegiatan bermanfaat lainnya.

Baca Juga:  Dedi Corbuzier: Sekolah? Gak Guna!

Nah, saran dariku untuk hari Minggu kamu bisa mengkosongkan seharian penuh sebagai waktu untuk bermain. Hitung-hitung refreshing setelah selama seminggu penuh kamu sibuk untuk beraktivitas. 

Yuk, dicoba ya guys! Oh iya,  buatlah agenda sesuai dengan yang kamu inginkan. Bisa gunakan buku biasa yang kamu hias sendiri atau langsung membeli buku agenda yang telah dihias. 

Kenapa demikian? Supaya kamu selalu semangat dalam mengisi agenda!

4. Track mingguan dan bulanan

Yap, agar kamu dapat membagi waktu dengan baik antara bermain dan belajar, maka buatlah track untuk mingguan dan bulanan.

Fungsinya untuk apa sih? Jadi track mingguan dan bulanan ini berisi target atau kegiatan yang telah kamu lakukan selama seminggu atau sebulan. Bagaimana perkembangannya, apakah tambah meningkat, biasa saja, atau bahkan menurun.

Jadi, kamu bisa gunakan ini untuk memotivasi diri sendiri. Track juga mengukur seberapa produktifnya kamu. Selain itu, track sendiri bermanfaat apabila pekerjaan yang kamu lakukan telah selesai atau maksimal maka kamu bisa mengisi waktu yang tersisa dengan bermain.

Track yang dibuat cukup sederhana kok. Bisa menggunakan stabilo sebagai tanda, gambar, maupun yang sudah jadi juga tersedia guys! Jadi, kalian tinggal isi saja.

5. Belajar sungguh, bermain sepuasnya

Ini adalah kata-kata yang selalu aku gunakan untuk memotivasi diri sendiri guys! Jadi, aku akan belajar dengan sungguh-sungguh sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan ketika pembuatan agenda. 

Setelah kegiatan belajarku selesai, maka aku memberikan tubuhku istirahat guys! Bisa diisi dengan bermain HP atau hangout dengan teman. Nah, di sinilah kuncinya. Tanpa kamu sadari seringkali ketika bermain kamu malah memikirkan tugas sekolah atau ulangan. Sehingga, tidak bisa menikmati waktu bermain secara maksimal.

Baca Juga:  Lirik dan Kunci Lagu Guru Tersayang

Kamu juga harus baca artikel menarik lainnya tentang tips berprestasi sejak dini, dijamin bikin bangga orang tua.

Sebaliknya, ketika sedang belajar kamu justru berkhayal ingin cepat-cepat bermain. Aduh, mulai sekarang dihindari ya guys! Ketika waktu belajar maka fokuslah untuk belajar sepenuhnya, sedangkan pada waktu bermain tinggalkan sejenak masalah tugas dan biarkan kamu bermain sepuasnya.

Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih menikmati waktu yang ada guys!

Olaaa, itu tadi adalah beberapa tips versi aku untuk mengatur waktu belajar dan bermain. Mengatur waktu itu susah-susah gampang guys! Yang harus diingat adalah kamu yang mengontrol waktu, bukan waktu yang mengontrol kamu!

Selain itu, jangan lupa selalu konsisten ya guys. Nantinya tanpa kamu sadari aktivitas ini menjadi kebiasaan sehingga tanpa bantuan agenda atau track kamu sudah bisa mengendalikannya sendiri.

Kamu pasti bisa guys!

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami melalui kontak WhatsApp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Perbedaan Politeknik dengan Universitas

Halo-halo! Untuk kamu yang kini sedang duduk di bangku kelas 12 SMA pasti sangat sibuk unt…