Perbedaan Politeknik dengan Universitas

Perbedaan Politeknik dengan UniversitasHalo-halo! Untuk kamu yang kini sedang duduk di bangku kelas 12 SMA pasti sangat sibuk untuk menentukan jurusan sampai universitas kan? Ada yang masih bingung mau masuk mana? Universitas apa? Bahkan sampai apa sih cita-cita kamu sebenarnya? 

Hold up guys, tenang-tenang. Sebelum kamu mulai belajar untuk masuk universitas, lebih baik kenali dulu yuk apa sih bakat kamu sebenarnya? Selain itu, aku mau kasih tau ke kamu nih, kalau jenjang setelah SMA itu ga hanya Universitas aja kok.

Kamu pernah dengar istilah politeknik belum? Kira-kira kamu udah paham sepenuhnya belum tentang apa itu politeknik? Buat kamu yang belum paham atau bahkan belum tahu sama sekali apa sih politeknik itu? Please kamu engga salah artikel guys!

Aku mau share juga nih, apa sih bedanya politeknik dan universitas plus kelebihan dan kekurangannya ya! Cuss, simak di bawah..

Perbedaan Politeknik dengan Universitas

1. Apa itu politeknik?

woman wearing academic dress while holding flowers
Photo by Ihsan Aditya on Pexels.com

Politeknik sendiri adalah institusi pendidikan tinggi yang memiliki spesialisasi dalam suatu bidang ilmu pengetahuan tertentu. Politeknik juga erat kaitannya dengan sekolah vokasi atau kejuruan khusus anak teknik guys! 

Politeknik sendiri memiliki persamaan kata dengan institus teknologi yaa! Nah, sampai sini pasti kamu sudah membayangkan salah satu institus teknologi atau politeknik terkenal seperti Polines, PNJ, dan masih banyak lagi.

Lanjut, politeknik sendiri bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi masyarakat yang siap untuk terjun ke lapangan pekerjaan secara langsung dengan cara menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

2. Apa itu Universitas?

woman wearing brown shirt carrying black leather bag on front of library books
Photo by Abby Chung on Pexels.com

Nah, gimana dengan universitas sendiri? Universitas sendiri memiliki jangkuan yang lebih luas daripada politeknik. Apabila politeknik memiliki kefokusan atau spesialisasi seputar ilmu teknik atau cabang ilmu khusus lainnya, universitas memiliki jangkauan yang lebih luas meliputi teknik, seni, dll.

Selain itu, universitas juga menyediakan pendidikan untuk sarjana maupun pascasarjana bagi para mahasiswanya. Di dalam universitas sendiri terdapat beberapa gelar yang khusus diberikan ketika seorang mahasiswa telah menuntaskan mata kuliah atau studinya di suatu jurusan.

3. Perbedaan Politeknik dengan Universitas

Oh, iya guys terdapat juga lho perbedaan antara universitas dan politeknik. Walaupun sama-sama memiliki tujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan pada seluruh mahasiswanya, tetapi universitas dan politeknik memiliki beberapa perbedaan antara lain :

1. Pendidikan 

Kamu yang masih bingung ingin masuk politeknik atau universitas, maka aku akan jelasin nih. Buat kamu yang pengen langsung belajar menjurus sesuai dengan bakat atau minat yang kamu miliki, maka aku sarankan untuk masuk ke politeknik nih. 

Kalau kamu masuk politeknik maka akan langsung dijuruskan untuk menjadi ahli di bidang tersebut. Selain itu, politeknik biasanya berfokus pada ilmu pengetahuan seputar teknik atau hal yang menjurus lainnya

Sedangkan, di universitas sendiri menyelenggarakan pendidikan yang akademis guys! Jadi, secara tidak langsung kamu akan memiliki cakupan atau ilmu pengetahuan yang lebih luas di bidang teori.

2. Jalur masuk

Nah, kalau kamu yang mau masuk PTN tentu udah ga asing dong dengan istilah SBMPTN atau SNMPTN. Sekarang sih lebih disebut dengan UTBK iya kan?

Sedangkan kalau kamu ingin masuk politeknik, maka jalur yang harus kamu tempuh yaitu PMK-PN atau Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri. Selain itu, juga ada SB-UMPN atau Seleksi Bersama-Ujian Masuk Politeknik Negeri. Jalur yang kedua kurang lebih mirip kok dengan SBMPTN.

Hanya saja berdasarkan materi yang diujikan tetap ada perbedaan ya guys! Tergantung dengan peminatan yang kamu inginkan!

3. Materi kuliah

Pertanyaan ini sering banget ditanyain sama anak-anak SMA yang hendak masuk ke perguran tinggi. Apa sih perbedaan materi kuliah anak politeknik dengan Universitas? Susah mana sih? Oke, aku bakal jawab guys.

Jadi, untuk materi kuliah sendiri kalau di universitas biasanya lebih mirip-mirip SMA guys. Kamu akan 40% praktik dan 60% teori. Inilah kenapa nantinya lulusan dari universitas memiliki cakupan teori yang lebih luas dari politeknik.

Politeknik sendiri mirip dengan SMK. Artinya materi kuliah yang diberikan adalah 60% praktik dan 40% materi. Kebalik gitu guys, itulah alasan kenapa nantinya lulusan politeknik lebih banyak terjun ke dunia pekerjaan yang berhubungan langsung dengan lapangan.

4. SKS

Sistem Kredit Semester atau yang sering disebut SKS adalah makanan wajib bagi anak-anak kampus nih! Kalau di Universitas kamu bakal menemukan anak-anak yang kebut SKS sampai menghemat waktu kuliah menjadi 3 tahun atau 3,5 tahun kan? Gimana dengan politeknik?

Untuk politeknik sendiri guys tidak berlaku sistem kebut SKS. Ga akan ada cerita bahwa anak politeknik lulus lebih dulu guys!  Semua SKS yang ditetapkan harus diselesaikan sesuai waktunya ga boleh kurang dan jangan sampai lebih ya!

5. Gelar

Pertanyaan mainstream lain yang sering banget dipertanyakan anak-anak SMA nih. Gelar yang di dapat apa sih?

Untuk universitas pastinya kamu tau kan akan mendapatkan gelar sesuai jurusan yang kamu ambil misalnya kamu mengambil jurusan hukum maka gelar yang didapat adalah S.H atau Sarjana Hukum.

Lain cerita nih buat anak-anak politeknik. Di politeknik sendiri mengenal sistem Diploma atau sering disebut D. Dimplomanya pun bermacam-macam ada D3 atau D4. 

Untuk D3 sendiri bisa kamu tempuh selama 3 tahun aja guys. Sedangkan, D4 itu setara dengan S1 yakni ditempuh selama 4 tahun.

Nah, itu deh perbedaan Politeknik dengan Universitas dan pengenalan apa sih universitas dan politeknik itu. Menurutku guys, entah itu politeknik atau universitas sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk universitas yang jangkauan teori lebih luas tetapi, praktik lebih baik di politeknik. Semuanya sama-sama bagus guys, tergantung kamu cocok di mana? Yuk, tentuin mulai sekarang supaya kamu bisa cepat mempersiapkan belajar ya guys!

Semangat!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Review Pahamify, Kelebihan dan Kekurangannya!

Review Pahamify – Guys ada kabar gembira nih buat kamu yang lagi kebingungan mencari…