9 Fakta Jurusan Ilmu Perpustakaan yang Jarang Diketahui! Dijamin Lebih dari Ekspetasimu Guys!

Jurusan ilmu perpustakaan. Apakah kamu masih asing dengan jurusan satu ini? Yap, ada banyak masyarakat Indonesia yang masih memandang sebelah mata jurusan ini guys. Seringkali orang bertanya, “Bekerja di mana nanti setelah lulus?” atau “Aduh, ngurus buku aja masa harus sekolah?” dan masih banyak lagi.

Eits, jangan salah! Kali ini penulis akan membagikan beberapa fakta jurusan ilmu perpustakaan yang akan mencerahkan pengetahuanmu tentang jurusan ini. So, tunggu apa lagi? Yuk, simak ulasan di bawah ini gengs!

Fakta Jurusan Ilmu Perpustakaan yang Jarang Diketahui

1. Belajar banyak disiplin ilmu!

text on shelf
Photo by Pixabay on Pexels.com

Sebagian besar dari kamu pasti berpikir bahwa jurusan ilmu perpustakaan hanya mempelajari buku saja bukan? FYI guys, di jurusan ini kamu akan mempelajari banyak disiplin ilmu lho.

Mulai dari manajemen, psikologi, sastra, dan masih banyak disiplin ilmu lain yang harus kamu kuasai. Oh iya, ilmu perpustakaan sendiri termasuk jurusan yang berkorelasi dengan ilmu politik maupun hukum. So, materi tentang kedua ilmu tersebut akan cukup banyak mendominasi mata kuliahmu gengs.

Nah, sekarang kamu pasti berpikir bukan? Buat apa sih mempelajari banyak disiplin ilmu tersebut? Ternyata gengs, ada sebuah mata kuliah di jurusan ilmu perpustakaan yang disebut klasifikasi. Di matkul inilah kamu akan mempelajari banyak disiplin ilmu, bahkan di luar SOSHUM.

2. Ga hanya bekerja di perpustakaan guys!

Fakta jurusan ilmu perpustakaan lainnya ialah prospek kerja yang luas. Para orang tua sering banget nih bertanya, “Lulus dari jurusan ini mau kerja apa?”. Yap, pertanyaan ini wajar ditanyakan kok.

Baca Juga:  15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Penulis kasih tahu ya guys, kalau ilmu perpustakaan ini memiliki prospek yang luas. Bahkan dibutuhkan hampir di setiap instansi pemerintah maupun swasta. Usut punya usut, di jurusan ini kamu juga akan mempelajari hal berkaitan dengan pengarsipan.

Sampai sini kebayang dong betapa banyak lapangan pekerjaan yang bisa kamu lamar. Tentunya karena setiap perusahaan, lembaga pemerintahan, bahkan sekolah maupun universitas membutuhkan seorang lulusan ilmu perpustakaan untuk mengatur perpustakaan yang dimiliki sampai melakukan pengarsipan.

Mulai dari arsip dokumen, arsip digital, bahkan arsip SDM bisa menjadi aktivitas pekerjaanmu di kemudian hari guys! So, gimana masih underestimate lapangan kerja lulusan ilmu perpustakaan?

3. Membutuhkan ketelitian, detail, dan tekun

fakta jurusan ilmu perpustakaan
One woman, young and beautiful, reading a book at her home, surrounded by books.

Next, fakta jurusan ilmu perpustakaan satu ini berkaitan dengan kemampuan yang wajib kamu miliki jika ingin masuk jurusan ini. So, di ilmu perpustakaan memiliki ketelitian maupun ketekunan merupakan poin plus guys.

Wajib banget nih untuk kamu yang masuk jurusan ini untuk menguasai kemampuan tersebut. Hal ini dikarenakan pekerjaan yang akan diemban berkaitan dengan arsip, file, sampai buku yang tentu membutuhkan kesabaran sampai ketelitian luar biasa. Kamu juga diharapkan memiliki ketekunan dalam mengolah berbagai data yang pastinya engga sedikit.

4. Jurusan SOSHUM yang belajar SAINTEK

Yap, jurusan ilmu perpustakaan termasuk unik karena jurusan ini termasuk kategori SOSHUM tetapi mengandung mata kuliah SAINTEK. Sebagian besar mata kuliah di jurusan ini akan berhubungan dengan media digital dan informasi guys.

Maka sehari-hari kamu tidak akan jauh dengan yang namanya komputer atau laptop. Mulai dari mengolah data, melakukan pengarsipan secara digital, sampai manajemen buku atau informasi.

Ga hanya itu, berbagai data yang kamu miliki engga hanya dirapikan atau disimpan semata guys. Ga jarang kamu akan diminta untuk menganalisa hingga melakukan riset berdasarkan berbagai informasi data yang dimiliki. Yah, pada akhirnya jurusan ini akan mendekatkanmu dengan komputer atau laptop.

Baca Juga:  10 Prospek Kerja Lulusan Filsafat! Engga Harus Jadi Filsuf Guys!

5. Baca banyak buku? Of course!

woman sitting on window reading book
Photo by Thought Catalog on Pexels.com

Fakta jurusan ilmu perpustakaan satu ini pasti sudah tidak asing untukmu. Yap, tentunya seorang mahasiswa di jurusan ilmu perpustakaan wajib membaca banyak buku sebagai penambah khazanah pengetahuan.

Oh iya, kamu juga diharapkan membaca banyak literatur yang akan membantumu mempermudah menghadapi mata kuliah klasifikasi. By the way guys, salah satu prospek pekerjaan menarik dari jurusan ini ialah bekerja di museum.

Yup, kamu bisa juga lho bekerja di museum. So, dengan membaca banyak buku maka akan ada banyak informasi yang bisa kamu berikan kepada pengunjung sampai mempermudah proses pengkategorian dalam perpustakaan.

6. Peluang besar sekolah di luar negeri

Fakta jurusan ilmu perpustakaan satu ini mungkin sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, ternyata ilmu perpustakaan bukanlah jurusan baru di dunia guys. Bahkan di luar negeri ada banyak universitas bergengsi yang membuka major ini di kampusnya.

Mulai dari London School Economic yang terkenal dengan berbagai riset sosial-humaniora, University of California Los Angeles (UCLA), University of Illionois sebagai peringkat 1 di QS Ranking untuk kategori librarian, sampai University of Washington.

Kampus bergengsi ini menyediakan program bachelor sampai master untuk major ilmu perpustakaan guys. Eits, ga lupa, ada banyak banget scholarship untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ilmu perpustakaan di universitas tersebut guys!

7. Bersih dari matkul hitungan

fakta jurusan ilmu perpustakaan
stressed student leans on classic chalkboard

Nah, ada kabar gembira nih gengs, fakta jurusan ilmu perpustakaan berikutnya ialah jurusan ini bersih dari matkul hitungan. Yap, sebagian besar mata kuliah memang berhubungan dengan komputer, tetapi bukan berarti kamu akan berkutat dengan programming yak!

Justru jurusan ini bersih dari perhitungan yang rumit bin jelimet seperti fisika, kimia, maupun matematika. So, ekspetasimu tentang jurusan IPS yang bebas dari perhitungan akan terwujud di jurusan ini guys! Hehehe.

8. Peminat cukup tinggi

Guys, ada fakta jurusan ilmu perpustakaan yang penting banget nih kamu ketahui! Menurut data peminat dari masing-masing PTN di Indonesia, ternyata setiap tahun terjadi kenaikan jumlah peminat untuk jurusan ilmu perpustakaan guys.

FYI guys, tahun 2021 saja daya tampung di Universitas Indonesia untuk jalur SBMPTN hanya tersedia 14 kursi aja. Sementara peminatnya mencapai 500-600 pelajar dari seluruh Indonesia. Sedangkan, Universitas Padjajaran hanya menyediakan 42 kursi untuk peminat yang mencapai 700 pelajar.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 4

Yap, ketat banget guys persaingan di jurusan ilmu perpustakaan ini! So, kalau kamu ingin masuk jurusan ini maka jangan lupa benar-benar mempersiapkan UTBK dengan baik guys. Kalau bisa setahun sebelumnya!

9. Gaji yang tinggi

fakta jurusan ilmu perpustakaan
payday concept calendar with marker and circled day of salary

Fakta jurusan ilmu perpustakaan yang terakhir ialah gaji yang cukup tinggi. Apabila di Indonesia sendiri, gaji seorang pustakawan atau lulusan ilmu perpustakaan tergantung dengan tempatmu bekerja.

Misalnya, di instansi pemerintah maka kamu bisa membayangkan berapa gaji seorang PNS. Namun, berbeda dengan gaji seorang lulusan ilmu perpustakaan di luar negeri guys.

Kamu yang mendapatkan kesempatan bekerja sebagai pustakawan di luar negeri, khususnya instansi swasta mendapatkan gaji kira-kira $55.000-$65.000 setiap tahunnya. Gaji yang cukup besar tentunya!

Nah, itu tadi beberapa fakta jurusan ilmu perpustakaan yang seringkali dipandang sebelah mata. Gimana guys? Apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan ini? Atau semakin mantap untuk memilih jurusan ilmu perpustakaan?

Penulis selalu berharap, kamu benar-benar memilih jurusan yang sesuai dengan passionmu guys. Tenang, setiap ada usaha yang keras dan bakat yang diasah tentu selalu ada beasiswa atau jalan untuk meraih cita-cita! So, semangat selalu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…