3 Tes untuk Mengetahui Kepribadian Selain Tes MBTI! Yuk, Cobain Sekarang Gengs!

Mengetahui jenis kepribadian merupakan salah satu hal yang penting untuk menjalani kehidupan. Dengan mengetahui jenis kepribadian, kamu akan lebih mengenal karakter diri kamu sendiri. Kamu juga dapat lebih mudah untuk menyesuaikan diri ketika belajar, bekerja, bersosial, dan berbagai hal yang akan kamu temui di dalam kehidupan.

Seperti yang banyak orang tahu, salah satu tes kepribadian yang cukup terkenal adalah tes MBTI. Berdasarkan tes ini, terdapat 16 jenis kepribadian yang ada dalam diri manusia. Tes MBTI merupakan tes kepribadian yang cukup terkenal hingga banyak digunakan di dunia pendidikan hingga dunia kerja.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa tes untuk mengetahui kepribadian selain tes MBTI gengs. Tes ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti wawancara, kuis, observasi, dan menggunakan alat khusus. Berikut penulis berikan beberapa tes psikologi selain tes MBTI yang dapat dijalani untuk mengetahui kepribadian kamu.

Tes untuk Mengetahui Kepribadian Selain Tes MBTI

1. DISC

Tes untuk mengetahui kepribadian
Sumber: id.hrnote.asia

Tes untuk mengetahui kepribadian yang pertama ialah DISC. DISC merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadliness, dan Compliance. Menurut tes ini, terdapat 4 jenis kepribadian di dalam diri manusia. Keempat kepribadian menurut DISC ini disebut juga DISC personality.

DISC personality digunakan untuk melihat gambaran kamu ketika kamu berada di dunia kerja. Bagaimana kamu akan bersikap dalam situasi dan lingkungan kerja nantinya, dapat dilihat melalui tes ini.

Dominance merupakan kepribadian dengan karakter yang dominan, kuat, dan memiliki ego yang tinggi. Sehingga orang dengan kepribadian dominance akan lebih suka untuk bekerja sendiri dan juga suka untuk mengambil resiko.

Baca Juga:  8 Tes Kecocokan di Jurusan MIPA! Apakah Kamu Udah Cocok? Yuk, Cobain!

Kepribadian influence dimiliki oleh orang-orang yang dapat memberikan pengaruh besar kepada lingkungan sekitarnya. Ia akan memiliki rasa percaya diri, semangat, dan optimism yang kuat sehingga dapat berpengaruh pada orang disekitarnya.

Steadiness adalah kepribadian dengan karakter yang konsisten dan sabar. Jika kamu memiliki kepribadian steadiness kamu akan lebih menyukai berada di rutinitas atau zona nyaman tanpa adanya perubahan mendadak. Terakhir merupakan kepribadian compliance.

Karakter dari kepribadian compliance adalah tekun, teliti, dan fokus pada ketepatan dan kualitas. Orang dengan kepribadian ini akan mengerjakan sesuatu secara rinci dan mengejar kualitas yang tinggi.

2. Tes Rorschach

tes untuk mengetahui kepribadian
Test de Rorschach Octubre 2018

Tes Rorschach dikenal juga dengan sebutan tes bercak tinta Rorschach atau juga tes bercak tinta. Di dalam tes ini kamu akan diminta untuk menulis atau menyebutkan pandangan kamu terhadap suatu bercak tinta.

Gambaran atau bentuk apa yang dapat kamu tangkap dan lihat dari bercak tinta yang diberikan. Biasanya di dalam suatu tes ini kamu akan diberikan sekitar 10 pola atau bercak tinta. Bercak tinta yang diberikan ini biasanya disebut dengan istilah inkblot.

Tes ini bukan hanya tes untuk mengetahui kepribadian biasa guys, melainkan jawaban yang kamu berikan dapat menunjukkan karakter dan emosi yang dimiliki. Selain itu, tes ini juga seringkali digunakan untuk medeteksi masalah psikologis kamu.

Beberapa orang tidak mudah untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya, sehingga para ahli psikolog menggunakan metode ini untuk mengetahui masalah psikologis pasien.

Tidak ada jenis kepribadian khusus dalam tes ini, sehingga kepribadian kamu akan dideskripiskan. Namun untuk menganalisa hasil dari tes ini hanya dapat dilakukan oleh ahli dalam bidang psikologi.

3. Tes Ukuran Proyektif

schoolchild solving elementary science test
Photo by Jessica Lewis on Pexels.com

Tes untuk mengetahui kepribadian yang terakhir ialah tes ukuran proyektif. Tes ini merupakan salah satu tes psikologi yang melihat jenis kepribadian yang ada dalam manusia berdasarkan stimulus. Stimulus ini dapat berupa kata, kalimat, gambar, foto, dan bercak tinta seperti pada tes Rorschach.

Baca Juga:  12 Jenis Pekerjaan Menurut Tes RMIB! Ketahui Kariermu Mulai Sekarang guys!

Stimulus-stimulus ini tidak berstruktur dan ambigu sehingga setiap individu dapat memiliki pandangan yang berbeda-beda. Tes ini dibuat dan dilakukan berdasarkan pada teori psikodinamika. Tes ukuran proyektif ini digunakan untuk melihat konflik diri yang tidak disadari.

Contohnya seperti super ego dan emosi terdalam yang ada dalam diri kamu. Melalui tes ukuran proyektif kamu dapat mengetahui masalah-masalah yang ada dalam diri kamu yang kamu sendiri tidak kau sadari, namun masalah ini berpengaruh pada perilaku kamu sehari-hari.

Tes ukuran proyektif memiliki beberapa jenis, yaitu tes proyektif menggambar, tes protektif menyusun dan konstruksi, tes proyektif lakon atau drama, tes proyektif verbal, tes proyektif bercak tinta, dan juga tes proyektif pilihan.

Tes Rorschach yang sudah dijelaskan sebelumnya juga termasuk salah satu contoh tes ukuran proyektif yang menggunakan bercak tinta. Selain tes Rorschach juga terdapat tes BAUM, tes TAT, tes HTP, dan banyak lagi.

Yap, di atas adalah beberapa tes untuk mengetahui kepribadian yang dapat kamu ikuti untuk lebih mengenal diri dan karakter kamu. Tes kepribadian sangat penting untuk dilakukan agar kamu dapat meningkatkan kualitas diri. Selain itu juga berguna nantinya untuk kamu bersosialisasi dan bekerja bersama orang lain.

Untuk itu, segera lakukan tes kepribadian dari beberapa tes yang paling kamu minati dan berguna untuk diri kamu. Kamu dapat melakukannya dengan menghubungi psikolog atau psikiater di kota kamu guys.

Kamu juga dapat mencari rumah sakit yang menyediakan layanan psikolog, bahkan kamu dapat melakukannya secara online karena terdapat berbagai web yang menyediakan layanan tes kepribadian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…