7 Ide Kegiatan Positif Selama Liburan! Menarik dan Harus Banget Dicoba nih!

Hai guys, gak terasa ya sebentar lagi pembelajaran selama satu semester sudah selesai, dan berarti sebentar lagi merupakan waktu untuk liburan! Berita liburan selalu saja menjadi berita yang melegakan sekaligus menyenangkan bagi para murid.

Liburan memang terasa menyenangkan karena kamu bisa bersantai dan bebas dari segala tanggung jawab sekolah. Namun pasti tak jarang kamu merasa bosan setelah beberapa hari merasakan libur.

Disini penulis akan kasih tahu kamu ide kegiatan positif selama liburan dan tentunya memberi banyak manfaat. Percaya deh, kalau kamu melakukan kegiatan yang penulis sarankan setelah liburan kamu akan menjadi individu yang lebih baik dan bisa membuat teman-teman kamu kagum.

Ide Kegiatan Positif Selama Liburan!

1. Belajar bahasa asing

Bahasa asing yang paling sering dipelajari adalah bahasa inggris. Hal ini dikarenakan bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi antar negara.

Menguasai bahasa inggris juga menjadi salah satu syarat jika kamu ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Sehingga tidak rugi jika kamu ingin mempelajari bahasa inggris lebih dalam.

Selain bahasa inggris, mempelajari bahasa dari negara lain juga tidak ada ruginya bagi kamu. Semua pasti akan bermanfaat nantinya, mempelajari bahasa tentu dapat kamu gunakan sebagai alat komunikasi dan juga menambah wawasan.

Mempelajari bahasa baru dapat menjadi salah satu ide kegiatan positif selama liburan yang menarik banget nih untuk dilakukan. Cara mempelajarinya pun cukup mudah dan bisa kamu akses hanya melalui internet dan di kamar aja guys!

Baca Juga:  Zainul Yasni, Pemuda Kelahiran Wanasaba (NTB) yang Berprestasi di Luar Negeri

Selain itu, kamu juga bisa belajar secara mandiri dengan menonton film, mendengarkan lagu, atau membaca buku yang menggunakan bahasa tersebut.

2. Belajar memasak

Ide kegiatan positif selama liburan
Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels.com

Ide kegiatan positif selama liburan yang kedua adalah belajar memasak. Dengan belajar memasak selama liburan kamu dapat meningkatkan kemampuan memasakmu. Tak diragukan lagi, memiliki kemampuan memasak dapat membantu kamu dalam menjalani kehidupan ini.

Kamu bisa belajar masak dengan cara membantu mama ketika sedang memasak di dapur. Atau kamu juga bisa melakukannya secara mandiri dengan melihat buku resep atau video tutorial di youtube.

3. Mempelajari jenis olahraga baru

Mungkin kamu sudah menguasai beberapa jenis olahraga yang sudah dipelajari di sekolah sehingga kamu bosan untuk berolahraga. Namun, ternyata ada banyak sekali jenis olahraga lain yang mungkin belum kamu pelajari.

Contohnya seperti renang, pilates, yoga, dance, taekwondo, boxing, dan masih banyak lagi. Berolahraga dapat menjadi ide kegiatan positif selama liburan yang menarik dan seru lho!

Olahraga juga baik untuk Kesehatan sehingga kegiatan ini tidak akan merugikan kamu. Selain itu, olahraga juga dapat membentuk tubuh kamu menjadi lebih indah dan sehat. Banyak sekali manfaat yang dapat kamu ambil dari mempelajari jenis olahraga baru ini.

Kamu dapat mempelajari jenis olahraga baru dengan ahlinya yang dapat kamu jangkau. Atau juga kamu dapat melihat video tutorial dari youtube. Saat ini sudah banyak youtuber yang menyajikan video tutorial melakukan banyak jenis olahraga.

4. Membentuk rutinitas baru

Ide kegiatan positif selama liburan
Photo by Thought Catalog on Pexels.com

Membentuk suatu rutinitas baru membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga waktu liburan yang panjang ini juga dapat kamu manfaatkan untuk membentuk rutinitas baru yang baik di dalam hidup kamu.

Baca Juga:  Putra Lombok Timur Juara I MHQH Tingkat Internasional

Contoh rutinitas yang dapat kamu bentuk untuk membuat diri kamu menjadi lebih baik adalah bangun pagi, melakukan olahraga pagi, membaca buku, melakukan meditasi sebelum tidur malam, dan masih banyak lagi.

Rutin membaca buku juga membawa banyak manfaat. Kamu bisa meningkatkan kemampuan membaca dan juga menambah wawasan kamu. Membaca buku juga mampu meningkatkan kemampuan menulis kamu.

Ide kegiatan positif selama liburan ini juga bisa menjadi rutinitas bahkan untuk jangka panjang. Caranya dengan melakukan rutinitas tersebut setiap hari selama 2-3 minggu. Dengan begitu diri kamu akan menjadi terbiasa.

5. Menekuni belajar suatu alat musik

Seperti yang sudah penulis katakan di beberapa ide kegiatan positif selama liburan di atas, bahwa mempelajari suatu hal baru merupakan hal yang menyenangkan dan jawaban atas rasa bosan.

Sehingga mempelajari suatu alat musik juga bisa menjadi kegiatan kamu selama liburan. Banyak alat musik yang dapat kamu pelajari secara mandiri di rumah. Contohnya seperti gitar, piano, keyboard, harmonika, dan masih banyak lagi.

Mempelajari suatu alat musik membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi percaya deh kamu akan merasa senang ketika mempelajarinya. Kegiatan ini dapat kamu lakukan untuk mengisi liburan kamu yang cukup panjang. Mempelajarinya dengan tekun setiap hari dapat mempercepat kamu menguasai alat musik tersebut.

6. Mendalami hobi

woman painting outside garden
Photo by Jadson Thomas on Pexels.com

Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Kamu pasti juga memiliki hobi yang mungkin tidak sempat kamu lakukan ketika sedang sekolah. Hari libur panjang merupakan salah satu kesempatan untuk kamu memperdalam hobi yang kamu miliki.

Misalnya saja kamu hobi menggambar, selama liburan ini kamu dapat mendalami hobi menggambar dengan cara rutin menggambar agar kamu dapat terbiasa dan menemukan cara-cara baru dalam menggambar.

Baca Juga:  5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu ICY

Mempelajari berbagai teknik baru sehingga kamu dapat menggambar dengan lebih baik. Dengan begitu, kemampuan menggambar kamu dapat meningkat dan kamu juga menjalaninya dengan senang hati.

7. Berkemah

Ide kegiatan positif selama liburan berikutnya adalah pergi berkemah. Kamu dapat pergi berkemah bersama keluarga atau teman kamu. Berkemah dapat di pegunungan yang sudah aman atau tempat wisata berkemah di daerah kamu.

Dengan berkemah kamu dapat melihat dan menikmati alam dengan lebih lama. Tidur di alam membuat kamu lebih mengamati apa yang ada di sekitar kamu dan alam. Kamu dapat membuka mata serta wawasan kamu lebih luas ketika kamu melihat alam secara lebih seksama.

Selain menjadi lebih dekat dengan alam, berkemah dapat meningkatkan suatu kemampuan yang disebut lifeskill. Hal ini sangat penting untuk kamu hidup secara mandiri dikemudian hari.

Contoh lifeskill yang akan kamu dapat dari berkemah adalah memasak menggunakan alat seadanya, tidur di tempat seadanya, membuat api unggun, serta cara untuk membuat diri lebih hangat dan nyaman ketika berada di alam.

Nah, ternyata ada banyak sekali ide kegiatan positif selama liburan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang guys! Melakukan banyak kegiatan yang sudah disarankan penulis juga tidak merugikan, justru menambah manfaat yang akan kamu dapatkan.

Agar kamu tidak merasa bosan kamu bisa melakukan variasi terhadap kegiatan yang akan kamu lakukan. Tetap lakukan segala kegiatan dengan hati-hati ya, selamat liburan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…