7 Alasan Masuk OSIS yang Wajib Kamu Ketahui!

Hai guys! Apa kabarnya nih? Penulis berharap kamu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya! Nah, siapa nih di antara kamu yang tinggal menghitung bulan aja untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMP atau SMA? Tahu ga sih guys, kalau semakin tinggi jenjang pendidikan maka ada semakin banyak organisasi yang bisa kamu ikuti lho!

Salah satunya seperti organisasi OSIS. Ternyata organisasi OSIS memiliki banyak banget manfaat untukmu mulai dari masa sekarang sampai masa depan! Oleh karena itu, kali ini penulis mau memberikan 7 alasan masuk OSIS yang harus banget kamu ketahui nih! Jangan sampai kamu menyia-nyiakan begitu saja waktu berharga selama di SMP atau SMA! Penasaran? Yuk, langsung simak ulasan di bawah ini ya!

Alasan Masuk OSIS yang Wajib Kamu Ketahui!

alasan masuk osis
Photo by Eren Li on Pexels.com

1. Menambah pengalaman berharga

Alasan pertama kamu harus masuk OSIS adalah banyaknya pengalaman berharga yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti organisasi satu ini. Tentunya berbagai pengalaman berharga ini ga hanya berdampak positif terhadap nilai akademis saja, melainkan juga pembentukan karakter kamu di kemudian hari guys.

Ada banyak banget pengalaman suka duka yang akan membuatmu lebih dewasa sekaligus mandiri dalam menghadapi suatu situasi. Penulis jamin deh, kamu akan merasakan perbedaan besar saat sebelum masuk dan sesudah masuk OSIS. Tentunya perubahan ini mengarah ke hal positif ya guys!

2. Melatih soft skill

Alasan masuk OSIS berikutnya ialah organisasi ini dapat menjadi wadah untuk melatih soft skill yang kamu miliki guys. Soft skill sendiri bermanfaat banget lho di masa depan. Ga hanya pada jenjang perkuliahan saja, melainkan dalam dunia pekerjaan juga. Bahkan banyak yang berkata, bahwa penerapannya soft skill memang lebih digunakan daripada nilai akademis aja guys.

So, salah satu wadah untuk melatih soft skill semasa sekolah ialah organisasi OSIS nih. Di sini kamu akan dilatih mengenai berbagai kemampuan atau mungkin mempertajam soft skill yang udah kamu miliki. Soft skill tersebut antara lain seperti berpikir kritis, problem solving, kepimpinan, speak up, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Simak 5 Kelebihan Menjadi Ketua OSIS di Bawah Ini! Ga Akan Rugi!

3. Memperluas relasi

Next, tahu ga sih guys dengan mengikuti OSIS secara ga langsung juga akan memperluas relasi yang kamu miliki lho. Relasi ini penting banget di dunia pekerjaan nanti gengs. FYI, perkuliahan sendiri diadakan sebagai salah satu cara untuk memperluas relasi setiap generasi muda sekaligus melatih kemampuan akademismu.

Apalagi untuk kamu yang ingin membangun sebuah usaha atau mungkin sedang mencari pekerjaan, maka relasi sangat dibutuhkan. Nah, dengan mengikuti OSIS secara tidak langsung kamu diharuskan mengenal teman seangkatan, kakak kelas, adik kelas, guru dan staff, bahkan sampai alumni. So, kurang luas apalagi coba relasimu? Ditambah lagi jika kamu ditunjuk sebagai perwakilan OSIS di luar sekolah! Wah!

4. Meningkatkan peluang untuk berprestasi

Yap, guys perlu banget nih kamu ketahui bahwa dengan mengikuti OSIS maka secara tak langsung memperbesar kemungkinanmu untuk mengikuti banyak perlombaan. Tentunya setiap sekolah tidak hanya mengirimkan murid yang berbakat aja lho, melainkan juga murid yang aktif dalam bidang tersebut. Nah, gimana sih caranya guru mengetahui bakat setiap siswa?

Tentu dengan keaktifannya dong. Oleh karena itu, dengan mengikuti OSIS dan aktif di bidang yang kamu kuasai akan mempermudah guru untuk menjaringmu dan mengikutkan dalam berbagai ajang lomba. Lomba ini penting banget guys. Ga hanya sebagai kebanggaan melainkan juga track record yang bermanfaat untuk mendaftar di perguruan tinggi nanti.

5. Nilai plus masuk universitas

Di atas sempat disinggung nih mengenai kemudahan dalam mendaftar di perguruan tinggi. Tentu bener banget guys! Alasan masuk OSIS berikutnya ialah menjadi nilai plus bagimu untuk masuk di perguruan tinggi. Bukan hanya dari segi prestasi, melainkan juga jabatan dan dampak yang kamu lakukan selama menjadi anggota OSIS.

Baca Juga:  3 Tahapan Seleksi Anggota OSIS yang Wajib Banget Kamu Ketahui!

FYI juga, salah satu perguruan tinggi seperti Institus Pertanian Bogor atau IPB bahkan membuka jalur khusus untuk ketua OSIS lho. Banyak banget ketua OSIS berprestasi yang tak perlu repot ikut UTBK karena diterima di jalur satu ini guys. So, kalau kamu tertarik maka jangan ragu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS juga ya!

6. Mempermudah pekerjaan di kemudian hari

Alasan masuk OSIS ga hanya bermanfaat di jenjang sekolah aja lho, bahkan dalam hal melamar pekerjaan juga guys. Biasanya perusahaan tempatmu melamar juga akan bertanya track record organisasi apa aja yang udah kamu ikuti. Mulai dari SMP sampai di perkuliahan nanti.

Semakin banyak organisasi yang kamu ikuti maka semakin besar juga kemungkinan peusahaan melirikmu sebagai employees. Hal ini dikarenakan rekam organisasimu akan  membuktikan sejauh mana kemampuanmu bertanggung jawab sampai menghadapi permasalahan dalam dunia pekerjaan.

7. Menghabiskan waktu dengan produktif

Last alasan masuk OSIS yang harus kamu ketahui ialah sebagai salah satu cara untuk menghabiskan waktu dengan produktif nih. Di SMP bahkan SMA nanti akan ada banyak godaan untuk melakukan hal-hal negatif guys. Nah, jangan sampai kamu masuk dalam lingkaran mematikan tersebut.

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa melindungimu ialah terjun ke organisasi OSIS. Kesibukkan di OSIS justru membantumu menjauhi pergaulan buruk, sekaligus mengajarimu manajemen waktu yang baik!

Nah, itu dari beberapa alasan masuk OSIS yang harus banget kamu ketahui nih. Setelah membaca artikel ini apakah kamu tertarik untuk masuk sebagai anggota OSIS atau bahkan sudah bercita-cita menjadi ketua OSIS? So, jangan tunda keinginanmu itu guys!

Kamu punya kesempatan yang sama kok untuk menjadi anggota atau ketua OSIS. Tinggal siapkan mental dan pikiran, kemudian mendaftar sesuai jadwal! See you on top guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Hai teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online maupun …