Wajib Tahu, Inilah Daftar Istilah Perkuliahan Biar Nggak Cupu!

Sudah masuk dunia perkuliahan? Atau baru jadi mahasiswa baru? Sudah tahukah kamu tentang istilah-istilah yang biasanya digunakan dalam dunia perkuliahan? Kamu wajib tahu lho agar kamu tidak kelihatan cupu. Istilah-istilah ini hanya ada di dunia perkuliahan saja, tidak ada saat kamu masih di SMA/SMK. Mau tahu apa saja? Yuk simak informasi berikut!

Daftar Istilah Perkuliahan Sangat Penting untuk Kamu Ketahui

Istilah Perkuliahan
Photo by Zen Chung on Pexels.com

1. NIM/NPM

Kalau saat SMA kamu punya nomor induk siswa atau NIS, maka saat kuliah kamu juga punya lho. Namanya NIM yang merupakan singkatan dari Nomor Induk Mahasiswa atau ada juga kampus yang menggunakan istilah NPM yang merupakan singkatan dari Nomor Pokok Mahasiswa. Jadi, NIM/NPM inilah yang menjadi identitas kamu selama kamu kuliah.

2. KTM

Kalau saat masih pelajar kalian punya kartu pelajar, maka saat jadi mahasiswa kalian juga punya identitas, namanya KTM. KTM merupakan singkatan dari Kartu Tanda Mahasiswa. Seperti KTP gitu teman-teman. KTM ini digunakan sebagai tanda pengenal mahasiswa yang dibawa saat ujian, mengurus beasiswa, keperluan kampus, dan masih banyak lagi.

3. Program Studi/Prodi

Program studi atau yang biasanya disingkat prodi ini biasanya membuat galau banyak calon mahasiswa. Program studi atau jurusan kuliah merupakan kesatuan atau unit pelaksana pada perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan akademik ataupun profesional dalam kurikulum tertentu.

4. Dosen

Kalau saat sekolah, orang yang mengajar dan membimbing kita adalah guru, tetapi jika di dunia perkuliahan guru tersebut disebut dengan dosen. Dosen inilah yang akan menjadi guru saat kamu masuk dunia perkuliahan.

5. Kaprodi

Setelah membahas mengenai program studi, selanjutnya mari membahas mengenai kaprodi. Kaprodi merupakan kepala/koordinator/ketua program studi. Jadi, kaprodi ini adalah pimpinannya suatu program studi.

Siapa yang menjadi kaprodi? Pada umumnya, yang menjadi kaprodi adalah dosen yang diangkat untuk menjabat sebagai kaprodi. Dalam beberapa kampus, kaprodi disebut juga dengan kadep atau kepala/ketua departemen.

6. Fakultas

Biasanya ketika kamu menjadi mahasiswa baru, kamu akan sering ditanya masuk fakultas apa. Lalu apa sih sebenarnya fakultas itu? Jadi, fakultas adalah divisi dalam perguruan tinggi yang terdiri dari suatu area subyek atau sejumlah bidang studi terkait sebagai unsur pelaksana akademik.

Misalnya, Fakultas Pertanian. Fakultas Pertanian akan mencakup beberapa program studi pada area pertanian, yaitu Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, Ilmu Tanah, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

7. Dekan

Tadi sudah disebutkan bahwa program studi juga punya pimpinan atau kepala yang disebut Kaprodi. Lalu apakah Fakultas juga punya? Tentu saja, pimpinan atau kepala/ketua dari fakultas disebut dengan Dekan. Dekan merupakan dosen yang memimpin suatu fakultas.

8. Dekanat

Apa bedanya dekan dan dekanat? Kalau dekan tadi adalah dosen yang memimpin fakultas, maka dekanat adalah tempat karyawan yang bekerja untuk mengurus administrasi tingkat fakultas. Karyawan di dekanat bekerja di bawah pimpinan dekan.

9. Civitas Akademik

Kalau dulu saat kamu sekolah, komunitas antara guru, siswa, dan karyawan sekolah disebut dengan warga sekolah. Maka saat kamu di dunia perkuliahan akan mengenal yang namanya civitas akademik.

Civitas akademik ini mirip dengan warga sekolah. Civitas akademik mencakup mahasiswa, dosen, karyawan kampus, dan badan organisasi yang ada di dalam kampus.

10. Rektor

Mungkin kamu bertanya apa sebutan kepala sekolah di tingkat kampus. Jadi, pimpinan dari sebuah kampus disebut dengan rektor. Rektor adalah pimpinan tertinggi dari civitas akademik.

11. Rektorat

Hampir sama seperti dekanat, rektorat adalah tempat bagi karyawan yang bekerja untuk mengurus administrasi tingkat kampus. Ruang lingkup kerja di rektorat lebih luas karena mencakup seluruh kampus.

12. Guru Besar

Dosen yang mengajar di kampus ada beberapa jabatan. Jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di kampus atau lingkungan satuan pendidikan tinggi disebut dengan guru besar.

13. Semester Ganjil

Semester ganjil adalah semester perkuliahan pada masa semester 1,3,5,7, dan seterusnya.

14. Semester Genap

Semester genap adalah semester perkuliahan pada masa semester 2,4,6,8, dan seterusnya.

15. Semester Pendek

Semester pendek adalah semester dengan masa perkuliahan yang cepat yang dilaksanakan saat masa liburan. Semester pendek dapat diambil oleh mahasiswa untuk mengulang mata kuliah tertentu, mengejar ketertinggalan, atau mengambil mata kuliah agar lebih cepat lulus.

16. UKT

UKT adalah singkatan dari uang kuliah tunggal. UKT ini harus dibayarkan oleh mahasiswa setiap semesternya sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa.

17. SKS

SKS atau sistem kredit semester merupakan bobot suatu mata kuliah. Mungkin kamu pernah dengar jika mata kuliah tertentu bobotnya 3 SKS, ada yang 4 SKS, dan seterusnya.

18. Matrikulasi

Matrikulasi adalah kuliah persamaan, maksudnya adalah kuliah untuk menyamakan agar mahasiswa yang lintas jurusan bisa mendapatkan mata kuliah dasar sesuai dengan jurusan yang diambil saat ini. Sehingga mahasiswa tersebut bisa mempunyai dasar yang kuat untuk melanjutkan mata kuliah selanjutnya.

19. SIAKAD

SIAKAD merupakan singkatan dari Sistem Informasi Akademik yaitu suatu sistem yang digunakan untuk pengguna dalam melakukan proses penerimaan mahasiswa baru, pembuatan jadwal kuliah, pengisian KRS, pengisian nilai, dan masih banyak lagi.

20. KRS

KRS atau kartu rencana studi berisi mata kuliah apa saja yang akan diambil oleh mahasiswa selama satu semester beserta dengan jumlah SKS-nya.

21. IP/IPK

IP atau Indeks Prestasi adalah nilai akhir semester yang berupa angka 0 sampai 4. IP didapatkan setelah mahasiswa menjalani serangkaian proses belajar, UTS, UAS, dan tugas selama satu semester. Sedangkan IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah rata-rata gabungan dari IP yang didapatkan oleh mahasiswa tiap semester. Rentang IPK juga 0 sampai 4.

Baca Juga:  5 Jurusan IPS Paling Diminati Tahun 2021, Anak SMA Wajib Tahu!

22. DNS

DNS merupakan singkatan dari Daftar Nilai Sementara. Kamu bisa melihat daftar nilai yang sudah kamu dapatkan secara online.

23. KHS

KHS merupakan singkatan dari Kartu Hasil Studi, memuat hasil studi mahasiswa selama satu semester yang berisi mata kuliah, huruf mutu, dan indeks prestasi.

24. Kelas Internasional

Kelas internasional adalah kelas dimana perkuliahan bekerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri atau bisa juga perguruan tinggi di Indonesia membuka kelas internasional yang bisa diikuti oleh mahasiswa di Indonesia dan mahasiswa asing.

25. Herregistrasi

Herregistrasi merupakan suatu proses pendaftaran ulang oleh mahasiswa yang akan aktif pada semester berikutnya, yang biasanya didahului dengan pembayaran biaya kuliah agar bisa mengisi KRS.

26. KKN

KKN merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata yang merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa (biasanya mahasiswa yang sudah diatas semester 5 atau 6) untuk mempraktekkan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan untuk diterapkan di masyarakat.

Mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan program yang sudah mereka buat untuk diterapkan di masyarakat.

27. PKL

PKL merupakan singkatan dari Praktek Kerja Lapangan yaitu kegiatan mahasiswa yang magang di sebuah instansi atau perusahaan. Tujuan dari PKL adalah untuk menerapkan ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa di dunia perkuliahan untuk diterapkan di dunia kerja. PKL dapat membantu mahasiswa lebih mengenal gambaran tentang dunia kerja yang sesungguhnya.

28. Peminatan Studi

Peminatan studi adalah program pengkhususan yang dapat diambil oleh mahasiswa ketika sudah mencapai semester tertentu, biasanya pada semester akhir agar mahasiswa bisa lebih fokus pada bidang tertentu.

29. Tugas Akhir

Tugas akhir merupakan sebuah proyek besar yang dikerjakan mahasiswa untuk memenuhi syarat untuk kelulusan. Tugas akhir ini diperuntukkan bagi mahasiswa Diploma atau D3.

30. Skripsi

Skripsi merupakan tugas akhir bagi mahasiswa program sarjana atau S1 untuk memenuhi syarat kelulusan. Skripsi berupa karya tulis ilmiah yang dilakukan dengan penelitian yang dimulai dari pembuatan proposal penelitian hingga sidang akhir.

31. Tesis

Tesis merupakan tugas akhir bagi mahasiswa program pascasarjana S2 untuk memenuhi syarat kelulusan. Tesis konsepnya seperti skripsi yang dimulai dari proposal penelitian hingga sidang akhir.

Namun, bedanya, ketika mengerjakan tesis, mahasiswa S2 diminta untuk menghasilkan teori baru. Jadi, lebih kompleks dibandingkan dengan skripsi.

32. Disertasi

Disertasi merupakan tugas akhir bagi mahasiswa program pascasarjana S3 untuk memenuhi syarat kelulusan. Disertasi merupakan sebuah proyek besar yang lebih kompleks dibandingkan dengan tesis. Prosesnya mulai dari pembuatan proposal penelitian hingga sidang promosi doktor.

33. Asisten Dosen

Asisten dosen atau yang disingkat dengan asdos adalah mahasiswa, mahasiswa tingkat akhir, atau mahasiswa yang baru lulus yang bertugas untuk membantu dosen dalam menyiapkan materi perkuliahan hingga membantu keperluan riset atau penelitian.

34. Dosen Wali

Dosen wali adalah dosen yang membimbing kita untuk menjalani perkuliahan dengan baik hingga lulus, memilih mata kuliah sesuai dengan kemampuan, memantau nilai dan IP/IPK, dan masih banyak lagi. Dosen wali ibaratnya seperti wali kelas saat masih sekolah.

Baca Juga:  Kupas Tuntas 5 Mata Kuliah Peminatan di Jurusan Hukum, MABA Wajib Banget Tahu

35. Dosen Pembimbing

Dosen pembimbing adalah dosen yang membimbing mahasiswa dalam melaksanakan dan mengerjakan laporan KKN, PKL, dan tugas akhir. Selain itu, dosen pembimbing juga akan membimbing kamu selama proses pengerjaan penelitian untuk skripsi, tesis, maupun disertasi dari awal hingga akhir.

36. Ekstensi

Ekstensi merupakan program alih jenjang dari program diploma ke program sarjana.

37. Cuti Akademik

Cuti akademik adalah izin yang diberikan oleh pihak kampus atau perguruan tinggi kepada mahasiswa selama satu semester dengan alasan tertentu.

38. Cumlaude

Cumlaude adalah gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang lulus dengan nilai yang tinggi. Pada umumnya adalah dengan IPK diatas 3,5. Cumlaude ini juga bentuk dari pujian karena mendapatkan nilai yang tinggi.

39. Wisuda

Wisuda adalah momen dimana kamu sudah lulus dari perguruan tinggi dan resmi menyandang gelar sesuai dengan pendidikan yang kamu tempuh.

40. HMJ/HIMA/HIMPRO

HMJ/HIMA/HIMPRO merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan seperti OSIS hanya saja tingkat jurusan atau program studi. Sebutannya berbeda-beda tergantung kampus, namun intinya sama.

HMJ adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan, HIMA singkatan dari Himpunan Mahasiswa, dan HIMPRO adalah singkatan dari Himpunan Program Studi.

41. BEM

BEM merupakan singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa, sebuah organisasi kemahasiswaan yang kalau di SMA itu seperti OSIS. BEM ada yang berada di tingkat fakultas ada juga yang di tingkat kampus yang disebut dengan BEM KM (BEM Keluarga Mahasiswa).

Cakupan BEM KM lebih luas karena menyangkut seluruh kampus sedangkan BEM tingkat fakultas cakupannya hanya tingkat fakultas saja.

42. DPM/BPM/MPM

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengenal MPK saat sekolah dulu, yaitu Majelis Perwakilan Kelas yang memantau kinerja OSIS. Sama halnya dengan MPK, DPM/BPM/MPM adalah organisasi kemahasiswaan yang mengawasi kinerja BEM.

Tugasnya hampir sama seperti DPR kalau di tingkat negara. DPM merupakan singkatan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa, BPM singkatan dari Badan Perwakilan Mahasiswa, dan MPM singkatan dari Majelis Perwakilan Mahasiswa.

43. MWA

MWA adalah singkatan dari Majelis Wali Amanat, yang merupakan lembaga kampus tertinggi yang menentukan kebijakan kampus serta peraturan kampus. Hasil keputusan MWA digunakan oleh organisasi yang ada di bawahnya.

44. UKM

UKM adalah singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa. Kalau di sekolah dulu kamu mungkin mengenalnya dengan ekstrakurikuler. UKM ini ada bermacam-macam di kampus. Selain ada kegiatan, ada juga kepengurusan.

45. BAN-PT

BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi adalah badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Itulah beberapa istilah dunia perkuliahan yang wajib kamu tahu. Sudah siap dong menghadapi dunia perkuliahan yang menyenangkan? Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu agar mereka juga tahu istilah-istilah ini ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…