5 Manfaat Membangun Relasi Sejak Menjadi Mahasiswa

Banyak mahasiswa yang mengira kuliah hanya sebatas belajar untuk mendapatkan ilmu dan lulus dengan IPK yang tinggi. Padahal, di luar sana, ketika kamu sudah keluar dari dunia perkuliahan, banyak hal yang harus kamu siapkan, salah satunya adalah relasi.

Relasi ini penting untuk menghadapi dunia pasca kampus. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mulai membangun relasi sejak menjadi mahasiswa. Banyak manfaat membangun relasi sejak menjadi mahasiswa lho. Apa saja? Yuk simak informasi berikut!

Daftar Isi

5 Manfaat Membangun Relasi

man in green jacket sitting beside woman in blue jacket
Photo by cottonbro on Pexels.com

1. Memperluas relasi dengan berbagai kalangan

Memperluas relasi bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Beberapa diantaranya dengan mengikuti organisasi, UKM, atau kepanitiaan yang diadakan di kampus. Kamu bisa membangun relasi dengan berbagai kalangan disini.

Mulai dari teman satu jurusan, satu fakultas, satu kampus, bahkan lintas kampus. Ketika kamu mengikuti sebuah organisasi atau kepanitiaan, kamu bisa belajar untuk menjalin hubungan atau relasi dengan berbagai macam karakter orang. Dengan ini kamu akan belajar memahami orang lain dan bisa mengenal mereka dengan baik.

Bahkan jika kamu bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik, kamu bisa punya relasi tidak hanya mahasiswa, tapi juga dosen, tenaga kependidikan, komunitas, pengusaha, perusahaan, dan masih banyak lagi.

Perluaslah relasi dengan baik saat masih menjadi mahasiswa karena kesempatan untuk melakukannya terbuka sangat lebar. Tergantung apakah kamu ingin menjemputnya atau tidak. Tapi sebaiknya, cobalah agar kamu bisa mendapatkan relasi yang bermanfaat.

2. Belajar dari pengalaman orang lain

Seperti yang disebutkan tadi, dengan memperluas relasi dari berbagai kalangan, kamu akan belajar untuk memahami berbagai karakter orang lain. Selain itu, kamu juga bisa mengenal mereka melalui pengalaman-pengalaman yang sudah mereka dapatkan sehingga kamu bisa belajar banyak hal.

Baca Juga:  7 Tips Mendapatkan Beasiswa, Terbaru!

Membangun relasi tidak hanya sekedar kenalan saja lho, tetapi kamu juga harus mempelajari hal-hal baik dari relasi yang telah kamu bangun melalui pengalaman mereka. Sehingga kedepannya, jika kamu dihadapkan dengan situasi yang mirip atau bahkan sama, kamu sudah bisa menerapkan apa yang telah kamu pelajari dari pengalaman orang lain.

3. Update berita terbaru

Update berita terbaru tidak hanya dari sosial media atau kanal berita lainnya saja, tetapi kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru dari relasi yang telah kamu bangun.

Misalnya, informasi tentang kegiatan organisasi tertentu yang mungkin bisa kamu ikuti, informasi beasiswa, informasi terkini seputar kampus, dan masih banyak lagi.

Asalkan informasi atau berita yang kamu dapatkan itu bermanfaat ya, bukan hanya sebatas gosip saja. Dengan banyaknya relasi yang kamu bangun, maka kamu akan terus update berita terbaru dan nggak bakalan kudet lagi.

4. Melatih kemampuan komunikasi

Komunikasi adalah salah satu kemampuan penting yang harus kamu miliki. Ketika kamu mulai membangun sebuah relasi, kamu akan belajar berkomunikasi dengan orang lain.

Semakin banyaknya relasi yang kamu bangun dengan berbagai kalangan, kamu akan belajar tentang komunikasi interpersonal dan intrapersonal. Hal ini menjadi salah satu poin penting dari manfaat membangun relasi.

Bahkan ketika kamu membangun relasi dalam sebuah organisasi atau kepanitiaan, kamu akan melatih kemampuan public speaking dengan sendirinya.

Bagaimana caranya? Karena kamu akan terbiasa untuk berbicara di depan umum, mengutarakan pendapat, berdiskusi, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu akan mendapatkan manfaatnya untuk melatih berbagai macam komunikasi.

5. Membuka peluang bisnis dan kerja

Bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha atau ingin memulai merintis bisnis sejak kuliah, kamu bisa memperoleh manfaat dari relasi yang kamu bangun.

Baca Juga:  Persiapan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

Kamu bisa mengenalkan produk-produkmu secara luas kepada relasimu sehingga mereka dapat membantumu untuk promosi, menjalin kerja sama, bahkan ada yang bisa menjadi donatur dalam usaha yang akan kamu jalankan. Hal ini juga bisa bermanfaat ketika membuka bisnis ketika sudah lulus nanti.

Jika kamu tidak ingin membuka usaha tapi ingin kerja saja, kamu bisa mendapatkan informasi dari relasi-relasi yang telah kamu bangun untuk mendapatkan informasi terkait pekerjaan, rekomendasi untuk bekerja, dan masih banyak lagi. Bermanfaat bukan?

Itulah lima manfaat membangun relasi sejak menjadi mahasiswa. Jadi, jangan hanya belajar saja ya, manfaatkan masa di kampus untuk membangun relasi sehingga kamu bisa bermanfaat dan menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…