Jenis – Jenis Proposal, dan Langkah Membuatnya!

Jenis Proposal – Heyoo, ada ga sih guys di antara kamu meskipun melakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ, tetapi masih ada beberapa acara sekolah juga? Yah, walaupun diadain secara online sih. Namun, tetap pake proposal juga kan? 

Nah, bagi sebagian dari kamu yang mungkin baru pertama kali buat proposal atau bahkan ada yang bingung gimana sih cara buat proposal? Tenang guys, kali ini aku mau share ke kamu gimana sih cara membuat proposal yang baik dan benar.

Ditambah lagi aku juga bakal kasih tahu kalau proposal itu memiliki banyak jenis guys. Jadi, engga semua acara bisa pakai proposal yang sama. Apa aja sih jenis proposal? Lalu gimana ya tips membuat proposal yang pastinya langsung acc oleh guru? 

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Proposal dan Langkah Mudah Membuat Proposal

jenis proposal
Photo by Canva Studio on Pexels.com

Oke, simak langkah-langkah di bawah ini guys!

Kenalan Lebih Dalam Dengan Proposal

Wait guys, sebelum aku kasih tau ke kamu nih gimana sih caranya membuat proposal yang baik dan benar? Nah, aku bakal kasih tau ke kamu dulu apa itu proposal guys. FYI juga, proposal sendiri terdiri dari berbagai jenis juga lho guys. Jadi, emang engga sembarangan cara bisa dimasukkin secara asal-asalan dalam sebuah proposal guys.

Proposal sendiri adalah sebuah rancangan atau rencana yang akan dilaksanakan, tetapi dibuat terlebih dahulu dalam bentuk tulisan. Jadi, proposal sendiri nih masih berbentuk rancangan gitu guys. Proposal sendiri masih bisa diganti juga guys, apabila kamu menemui adanya kesalahan atau kekurangan, jadi bisa nih direvisi.

By the way, perancangan dalam sebuah proposal itu disusun dengan cara yang sistematis dan teliti guys. Walaupun bisa direvisi, tetapi engga segampang itu juga ya guys pembuatan proposal ini. Nah, kamu tau ga sih guys apa tujuan dari proposal itu sendiri?

Proposal memiliki tujuan untuk mendapatkan sebuah perizinan, bisa dari kepala sekolah, perusahaan (apabila kamu mengajukan sebuah proposal bantuan dana atau sponsor), dan masih berbagai macam lainnya dengan tujuan mencapai sebuah perizinan.

Nah, setelah kamu tau nih apa itu proposal dan apa sih tujuan pembuatan proposal, kamu juga perlu tau guys kalau proposal itu dibagi menjadi banyak jenisnya guys. Ada macam-macam tergantung dari acara yang hendak dilaksanakan juga guys. Di bawah ini aku akan share beberapa jenis proposal yang biasanya kamu jumpai dalam sebuah acara sekolah guys!

1. Proposal kegiatan

Pertama, ada proposal kegiatan guys! proposal ini adalah yang paling umum kamu jumpai dalam sebuah acara di sekolah. Biasanya nih kalau kamu mau membuat sebuah acara seperti pentas seni atau pensi, acara pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS, dan masih banyak acara lainnya kamu menggunakan proposal kegiatan kan guys?

Proposal inilah yang nantinya akan kamu ajukan kepada kepala sekolah atau pembina acara untuk diresmikan oleh sekolah. Nah, kamu juga perlu tau ya guys kalau proposal kegiatan ini isinya apa aja sih? Oke nanti aku bakal share di struktur proposal kegiatan.

2. Proposal penelitian

Pernah ga sih guys kamu melakukan sebuah penelitian seperti karya tulis, karya ilmiah, yang membutuhkan persetujuan tempat, waktu, berkaitan dengan penelitian yang akan kamu lakukan?

Jadi, proposal ini mungkin cukup umum dibuat khususnya bagi kamu siswa SMA MIPA yang seringkali berurusan dengan berbagai macam penelitian seperti pratikum biologi atau kimia. Tenang guys, kalau proposal penelitian di SMA sendiri masih terbilang sederhana. 

Nantinya ketika kuliah kamu akan menemukan berbagai jenis proposal yang lebih rumit dan berkaitan dengan sebuah penelitian guys.

3. Proposal usaha

Untuk kamu yang pernah mengadakan acara bazaar di sekolah atau mungkin salah satu pelajaran kewirausahaan tentang memasak pasti tidak asing dengan proposal satu ini. Proposal usaha berisi mengenai perencanaan sebuah usaha, baik usaha makanan, minuman, dan berbagau jenis usaha lainnya guys.

Biasanya sih kamu akan membuat proposal ini di pelajaran kewirausahaan dan proposalnya pun masih terkesan sangat sederhana kok guys

Struktur dalam Proposal

Secara garis besar isi dalam sebuah proposal adalah sebuah rancangan guys. Namun, beberapa proposal juga memiliki perbedaan dalam struktur yang membangunnya. Berikut adalah beberapa struktur dalam proposal :

1. Proposal kegiatan

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Tujuan
  4. Manfaat
  5. Jadwal pelaksanaan
  6. Susunan acara
  7. Susunan panitian
  8. Anggaran
  9. Simpulan 
  10. Penutup

2. Proposal Penelitian

  1. Judul
  2. Halaman pengesahan
  3. Kata pengantar dari penulis
  4. Daftar isi
  5. Pendahuluan 
  • Latar belakang
  • Rumusan masalah
  • Tujuan
  • Manfaat
  1. Kajian teori
  2. Metodologi penelitian
  3. Hipotesis
  4. Tempat waktu penelitian
  5. Hasil penelitian
  6. Simpulan
  7. Saran
  8. Daftar pustaka

3. Proposal Usaha

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Deskripsi usaha
  4. Deskripsi produk
  5. Produksi
  6. Manajemen usaha
  7. Lokasi usaha
  8. Laba dan segmentasi pasar
  9. Anggaran dana
  10. Penutup

Langkah-Langkah Membuat Proposal

1. Tentukan proposal yang hendak dibuat

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah menentuka proposal yang akan dibuat. Setelah mengetahui beberapa jenis proposal di atas, kamu bisa menentukan kira-kira jenis proposal mana yang sesuai dengan acara yang hendak kamu buat. 

2. Topik

Selanjutnya, kamu bisa menentukan topik yang akan dibicarakan. Kira-kira apa saja yang kamu butuhkan untuk membuat suatu acara, topik mana yang akan kamu bicarakan. Pokok ulasan seperti apa yang ingin kamu buat. 

Perlu kamu ketahui juga guys, topik yang dibuat pun harus matang karena semakin memperkuat pandangan guru, pembina, atau kepala sekolah dalam melihat suatu acara yang hendak kamu adakan.

3. Struktur proposal

Setelahnya, kamu bisa menyusun proposal sesuai dengan struktur yang telah dijelaskan di atas. Semakin lengkap struktur proposal yang dapat kamu penuhi maka, semakin bagus proposal yang kamu buat.

Jangan lupa guys, kamu juga bisa menuliskan terlebih dahulu kok kerangka dalam suatu proposal. Kira-kira bahan apa saja yang hendak kamu adakan. Lalu kamu bisa membagi tugas dengan teman atau sesame organisator untuk menentukan anggaran, rangkaian acara, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

4. Susun proposal

Nah, tiba saatnya nih kamu menyusun semua struktur dalam proposal secara runtut. Guys, jangan lupa ya dalam penyusnan proposal kamu juga harus memperhatikan format penulisan, tanda baca, dan juga keefektifan suatu kalimat.

5. Cek sekali lagi

Setelah kamu menyusun proposal dengan baik dan sesuai langkah-langkah, kamu juga harus melakukan pengecekan sekali lagi sebelum menyerahkan proposal kepada pembina, guru, atau kepala sekolah.

Nah, di atas adalah pengenalan mengenai proposal sampai beberapa langkah membuat proposal dengan baik dan benar. Sekali lagi guys, kunci utama dalam pembuatan proposal juga terletak di kejelasan dan seberapa kuat maksudmu untuk mengadakan sebuah acara. Jangan lupa untuk selalu teliti ya guys dalam membuat proposal! 

Selamat Mencoba!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Review Pahamify, Kelebihan dan Kekurangannya!

Review Pahamify – Guys ada kabar gembira nih buat kamu yang lagi kebingungan mencari…