10 Jurusan IPS Bergaji Besar di Indonesia! Apakah JurusanmuTermasuk?

Sebelum menentukan jurusan kuliah, kebanyakan dari kamu pasti melakukan serangkaian riset untuk mengetahui mata kuliah sampai universitas dari jurusan yang dipilih. Yap, hal ini wajar kok guys! Selain itu, salah satu bahan risetmu pasti berkisar mengenai prospek pekerjaan serta gaji dari jurusan yang kamu incar bukan?

Nah, kali ini penulis akan merangkum 10 jurusan IPS bergaji besar khusus untuk kamu yang sedang riset jurusan nih. Wah, pasti kebanyakan dari kamu udah ga sabar kan? So, langsung aja yuk simak ulasan di bawah ini ya guys!

Daftar Isi

Jurusan IPS Bergaji Besar di Indonesia

1. Hukum

jurusan ips bergaji besar
World book and copyrights day and international legal rights concept with old book in library with judge gavel on open law textbook in court archive text collection study room

Yap, ga bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia sendiri merupakan negara yang berlandaskan hukum gengs. Sehingga, hukum menjadi salah satu jurusan IPS bergaji besar khususnya di Indonesia.

To be honest, ada banyak banget lho prospek pekerjaan yang kamu miliki apabila menjadi lulusan hukum. Apa aja tuh? Mulai dari jaksa, hakim, pengacara, investigator, sampai para legal, bahkan advokat swasta!

Banyak banget gengs! Percaya ga percaya, ilmu hukum juga diperlukan hampir di seluruh perusahaan Indonesia. Mulai dari perusahaan makanan, NGO, sampai lembaga pemerintah memerlukan lulusan hukum sebagai konsultan segala tindakan perusahaan.

Ga hanya itu, seorang lulusan hukum juga bisa bekerja sebagai jurnalis maupun dosen. So, udah bisa bayangin kan berapa banyak gaji yang bisa dihasilkan sekaligus prospek pekerjaan yang dimiliki seorang lulusan hukum?

2. Ilmu Politik

Nah, jurusan IPS bergaji besar berikutnya berasal dari fakultas yang dikenal dengan nama FISIP. Yap, ilmu politik! Jurusan ini dianggap memiliki gaji besar karena pekerjaan yang dimiliki pun berada di tingkat yang ga biasa gengs.

Kebanyakan dari lulusan ilmu politik pasti terjun ke sektor pemerintahan serta pembangunan negara. Ada yang menjadi menteri, DPR, staff negara, maupun konsultan, dan pakar politik.

Baca Juga:  Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 1 Manusia, Tempat dan Lingkungannya

Selain bergaji besar, lulusan dari ilmu politik yang terjun ke dunia pemerintahan juga memiliki satu kelebihan guys. Jabatan yang diemban pastinya membuat masing-masing politikus lebih disegani oleh masyarakat sekitar.

3. Hubungan internasional

jurusan ips bergaji besar
Upset displeased senior politician in suit standing up and talking about his position loudly at meeting, government representatives attentively listening to him

Yap, jurusan ini pernah menjadi salah satu jurusan yang penulis incar untuk masuk kuliah. Sayangnya HI bukan jodoh penulis, hehehe. Nah, jurusan hubungan internasional atau akrab disapa HI juga tergolong jurusan IPS bergaji besar gengs.

Kenapa? Karena prospek pekerjaan dan tanggung jawab kerja dari lulusan hubungan internasional ini ga main-main. Dimulai dari prospek kerja dulu deh. Kebanyakan lulusan HI memilih bekerja di kedutaan besar.

Oh iya, kedutaan besar yang menjadi incaran pun ga hanya kedutaan Indonesia gengs. Melainkan kedutaan dari setiap negara yang bekerja sama dengan Indonesia. Ada kedutaan Indonesia untuk Amerika, kedutaan Indonesia untuk Spanyol, dan semua berada di luar negeri dong.

Eits, tanggung jawab yang dimiliki juga besar lho! Kedutaan sendiri berdiri untuk memperat sekaligus menjalin kerja sama antar negara dengan baik. Sehingga engga sembarangan orang memiliki kemampuan ini guys.

4. Ilmu Ekonomi

Next, sebagai negara berkembang tentunya Indonesia memerlukan para ekonom berkompeten untuk memajukan perekonomian di Indonesia gengs. Itulah kenapa ilmu ekonomi menjadi salah satu juruan penting bagi pembangunan negara ini.

Prospek yang dimiliki lulusan ekonomi juga luas lho! Hampir sama seperti hukum, ilmu ekonomi juga diperlukan di semua sektor kehidupan. Dari hal paling sepele seperti berdagang sampai mengurus rumah tangga negara.

Gaji lulusan ilmu ekonomi juga terhitung tinggi gengs. Hal ini karena peran yang dimiliki para ekonom terbilang penting dan krusial dalam sebuah perusahaan maupun lembaga pemerintahan.

Baca Juga:  7 Tips Menghadapi Penguji Sidang Skripsi

5. Jurusan komunikasi

jurusan ips bergaji besar
Waist up portrait of young businesswoman holding clipboard asking questions while talking to boss or business coach, copy space

Kalau jurusan IPS bergaji besar satu ini tergolong memiliki prospek yang tinggi pula. Ilmu komunikasi, belakangan memiliki jumlah peminat yang meningkat. Hal ini karena prospek pekerjaan yang dimiliki luas dan berada di level yang ga main-main guys.

Kebanyakan lulusan ilmu komunikasi bekerja di sektor media dan jurnalistik. Rata-rata gaji mereka yang bekerja di media berkisar 10 sampai 15 juta rupiah. Belum lagi berbagai tulisan lepas yang seringkali dimuat berbagai media. By the way, satu tulisan bisa menghasilkan uang 350.000 sampai 1.500.000 gengs. Tergantung media yang memuat juga nih.

6. Psikologi

FYI, psikologi juga menjadi salah satu jurusan IPS yang banyak diincar anak MIPA lho! Hal ini dikarenakan prospek yang dimiliki lulusan psikologi tuh tinggi banget guys. Selain itu, gaji yang biasanya didapat lulusan ini juga besar.

Yah, hampir sama seperti dokter yang membuka praktik, psikolog pun mendapatkan sebagian besar uangnya dari praktik gengs. Belum lagi apabila psikolog tersebut mengambil sekolah lanjutan sampai profesor yang umumnya semakin banyak prospek yang didapat.

Misalnya proyek-proyek penelitian akademis maupun seminar-seminar yang berbanding lurus dengan uang yang dihasilkan gengs.

7. Perhotelan

jurusan ips bergaji besar
Asian young manager in formalwear standing and examining the menu together with Asian waitress in white uniform at the restaurant

Yup, jurusan IPS bergaji besar berikutnya ialah perhotelan. Kamu pasti udah tahu dong kalau Indonesia sendiri terkenal dengan berbagai keindahan alam maupun wisata bahari yang super oke.

Hal ini juga memberikan dampak menguntungkan bagi mereka lulusan perhotelan. Banyak hotel-hotel baru yang membutuhkan manajer kompeten, bahkan ga sedikit yang akhirnya membuka hotel atau cotage sendiri guys.

8. Kriminologi

Jurusan IPS bergaji besar berikutnya ialah kriminologi. Jurusan satu ini juga tergolong langka di Indonesia. Bahkan dari banyaknya perguruan tinggi negeri, terhitung hanya ada 1 universitas yang membuka jurusan ini.

Padahal kriminologi memiliki prospek yang sangat besar. Mulai dari investigator sampai detektif swasta. Mungkin terdengar fiksi seperti di film Sherlock Holmes. Namun, detektif memang memiliki pendapatan yang tinggi gengs.

Mengapa? Karena risiko pekerjaan yang dimiliki juga engga main-main. Kamu akan berhadapan langsung dengan kriminal kelas teri sampai kelas kakap. Dari kejahatan mencuri sampai menghilangkan nyawa orang!

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 2

9. Akuntansi

jurusan ips bergaji besar
businessman working in office with using calculator and laptop. concept finance and accounting

Nah, kalau jurusan satu ini umumnya memiliki prospek yang besar di Indonesia. Bahkan Indonesia juga mendirikan Sekolah Akutansi Negara atau akrab disapa STAN yang menjamin tiap pelajarnya mendapatkan pekerjaan layak setelah lulus.

Wah keren kan? Rata-rata para akuntan ini bekerja di sektor pemerintahan gengs. Mulai dari pemerintahan pusat sampai daerah. Gaji yang mereka dapatkan pun terbilang sangat cukup untuk hidup di ibukota Jakarta!

10. Bahasa Asing

Tibalah kita di jurusan IPS bergaji tinggi yang terakhir. Yup, bahasa asing menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek menjanjikan sekaligus gaji yang besar gengs. Jurusan bahasa asing sendiri terdiri dari Bahasa Rusia, Bahasa Perancis, Bahasa Arab, dan masih banyak lagi.

Beberapa kampus seperti Universitas Indonesia, UGM, atau Universitas Padjajaran membuka jurusan ini guys. Lalu, mau kerja di mana sih? Biasanya lulusan bahasa asing memiliki 2 pilihan gengs.

Pertama melanjutkan pendidikan ke luar negeri sesuai dengan bahasa yang diambil. Kedua, bekerja di kedutaan besar. Tentunya setiap kedutaan besar dari masing-masing negara memiliki native yang bekerja di Indonesia.

Nah, untuk membantu native sekaligus berbagai berkas penting yang wajib diterjemahkan ke Bahasa Indonesia maka lulusan dari beragam bahasa asing ini sangat diperlukan gengs.

Yup, itu tadi 10 jurusan IPS bergaji tinggi yang perlu kamu ketahui nih. Memang ada baiknya mengetahui prospek serta kisaran gaji dari jurusan yang kita inginkan. Namun, jangan lupa guys kalau kebahagiaan dan kenyamanan bekerja itu kunci utama dalam kesuksesan.

So, see you on top!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…