Jurusan Manajemen Belajar Apa Aja Sih? Kenalan dan Kepoin Ulasannya di Bawah ini Guys!

Kamu udah pada persiapan kuliah belum? Sudah pada tahu ingin masuk jurusan mana? Kampus mana? Kalau kamu udah ketemu dengan passion dan tujuan universitas, selamat ya! Terus berjuang untuk mimpi dan cita-cita yang kamu miliki. Namun, kalau kamu belum menemukan tujuan maupun impian masuk universitas dan jurusan mana, kali ini aku mau share tentang salah satu jurusan yang cukup ramai di jenjang perkuliahan nih yaitu Jurusan Manajemen. 

Jurusan satu ini selalu ramai akan pendaftar di PTN maupun PTS guys. Eits, tunggu dulu kira-kira kamu atau bahkan mereka beneran tahu ga sih apa aja yang dipelajari di jurusan ini? Oh iya, jurusan ini ialah manajemen ya guys! Pastinya engga asing kan bagi sebagian dari kamu, bahkan di antara kamu juga ada nih yang mau masuk jurusan ini. So, langsung aja simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Jurusan Manajemen
Photo by Keira Burton on Pexels.com

Kenalan Singkat dengan Jurusan Manajemen

Jurusan satu ini termasuk dalam fakultas ekonomi bisnis guys atau dalam beberapa universitas sering disebut dengan FEB. Menurut penulis sendiri, jurusan satu ini dikategorikan sebagai salah satu jurusan yang cukup kompleks dilihat dari materi dan pembelajaran yang dilakukan. Kamu akan mempelajari berbagai hal terkait ekonomi, society, maupun humanity guys

Bisa dibilang beberapa orang yang nantinya bekerja di dunia manajemen ialah pemimpin yang baik. Mereka mampu mengendalikan antara alat, manusia, dan perusahan secara bersamaan dengan seefektif dan produktif mungkin. Jurusan ini juga seru banget untuk kamu yang senang bertemu orang baru, maupun bekerja langsung di lapangan ya. Singkatnya, kamu yang tertarik masuk jurusan ini tidak akan menyesal karena ada banyak ilmu baru yang akan dipelajari. 

Baca Juga:  Info Jurusan Agribisnis Super Lengkap, Mulai dari Mata Kuliah Sampai 4 Prospek Pekerjaan Terbaik

Apa Aja Sih yang Dipelajari di Jurusan Manajemen?

Kamu mungkin masih dilematis atau bertanya-tanya, apa aja sih yang akan dipelajari di jurusan manajemen ini secara spesifik? Apakah kamu akan bertemy matematika, fisika, kimia, biologi? Oh, tentu tidak guys. Jurusan ini termasuk kategori SOSHUM ya. Berikut ada daftar singkat mengenai materi yang akan kamu temui di jurusan manajemen nih.

1. Humanity

Apa sih humanity itu? Jelas, humanity berarti kemanusiaan. Di ilmu manajemen kamu akan belajar tentang mengatur manusia-manusia dalam suatu perusahaan guys. Akan ada hal menarik yang kamu temui nih, misalnya bagaimana kamu bisa mengatur pegawai menjadi produktif, berapa pegawai yang dibutuhkan, dan segala sesuatu tentang manusia terkait dengan ekonomi ya guys.

2. Mengelola

Seperti namanya, jurusan manajemen juga menuntut keahlian kamu dalam mengelola guys. Bisa mengelola suatu produksi, manusia, sampai bahan mentah nih. Memang tidak turun langsung ke lapangan karena manajemen bukan ilmu khusus, tetapi paling tidak kamu akan diminta untuk membuat strategi yang paling tepat dan produktif dalam pengelolaan guys

3. Komunikasi dan sosial

Salah satu ilmu yang akan kamu pelajari ialah komunikasi guys. Di jurusan manajemen ini erat kaitannya dengan kehidupan sosial dan bermasyarakat nih. Eits, jangan samakan dengan ilmu PKN yang kamu temui di SMA ya! Bedanya, komunikasi dan sosial yang kamu pelajari berkaitan dengan bagaimana melakukan negosiasi, komunikasi, sampai pembicaraan yang tepat dengan pegawai maupun klien kerja nantinya guys.

4. Analisis

Siapa bilang ilmu manajemen ini mudah? Kamu membutuhkan kemampuan analisis yang cukup kuat juga dalam membuat strategi sampai mengatur segala keperluan dalam suatu perusahaan lho guys. Analisis ini juga ga bisa dianggap remeh, ada banyak faktor yang harus kamu perhatikan dengan cermat sebelum mengambil keputusan ya guys.

5. Kepemimpinan

Last but not least, kamu juga dituntut untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan bersahaja. Wuidih, bahasanya bersahaja. Iya guys, di sini kamu dituntut untuk bertanggung jawab dalam segala keputusan yang nantinya kamu ambil. Tentunya keputusan tersebut engga sembarangan ya guys, ada banyak hal yang menjadi tanggung jawab kamu kedepannya. So, kamu dilatih nih dari semasa kuliah. 

Baca Juga:  Mengenal Jurusan Farmasi dan Prosfek Kerjanya

PTN dan PTS Terbaik untuk Jurusan Manajemen

1. Universitas Indonesia

Yap, seperti biasa urutan pertama datang dari universita kenamaan di Indonesia yakni UI atau Universitas Indonesia. Hampir semua jurusan dan fakultas oke bersumber di sini guys, tak terkecuali FEB. FYI, Menteri Keuangan Indonesia Ibu Sri Mulyani juga merupakan alumni dari FEB di universitas ini lho. Wuidih, keren parah.

2. Universitas Gadjah Mada

Next, ada universitas Gadjah Mada atau yang akrab disapa UGM. Univ satu ini terletak di Jogjakarta, yap kota pelajar di Indonesia. Buat kamu yang ingin masuk UGM, semangat ya guys kamu akan bersaing dengan ribuan siswa di Indonesia. Eits, jangan berkecil hati dulu ya! Kamu juga perlu tahu ini, nyatanya ada banyak lulusan FEB UGM yang langsung menjadi manajer dan sederet pangkat atas lainnya dalam perusahaan.

So, semangat atuh untuk masuk UGM!

3. Universitas Diponegoro

Lanjut ke Semarang sebagai ibu provinsi Jawa Tengah, ada kampus ternama yakni Universitas Diponegoro. Kampus ini terletak di daerah Tembalang atau Semarang bagian atas. FEB UNDIP punya banyak jurusan lain di luar manajemen guys, ada ekonomi isla,. Akutansi, dan ekonomi pembangunan nih. Tertarik? Jangan lupa masukkan UNDIP sebagai pilihan pertama kamu ya sobat!

4. Prasetya Mulya 

Kalau di PTS sendiri, ada Prasetya Mulya School of Bussiness guys. Prasetya Mulya yang akrab disapa Prasmul ini memiliki jurusan bisnis yang super terkenal guys. Ga hanya itu, dibanding PTN yang ada di Indonesia, akreditasi dan kredibilitas kampus ini patut diperhitungkan lho. Yak arena emang sebagus itu guys. Oh iya, kampus ini terletak di BSD City, Tangerang ya!

Baca Juga:  Yuk, Ketahui Berbagai Tips untuk Mahasiswa Baru Sampai 6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki MABA!

5. IPMI

Next, business school satu ini juga ga kalah keren guys. Ada banyak lulusannya yang bekerja di sektor pemerintahan dalam negeri dan tidak sedikit yang akhirnya bekerja di luar negeri. Hal ini dikarenakan IPMI memang memiliki standard kualitas internasional lho. Selain manajemen, kamu juga bisa masuk jurusan akutansi sampai bisnis internasional guys!

6. Telkom University

Oke, selanjutnya ada Telkom University yang terlektak di Jakarta. By the way, Telkom ini menempati urutan pertama sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia lho guys. Yap, emang sekeren itu sih. So, untuk kamu yang tertarik jangan lupa pantengin terus pendaftarannya ya!

Prospek Kerja Lulusan Manajemen

Guys, ada banyak banget lho pekerjaan yang bisa kamu apply saat menjadi lulusan manajemen nanti. Baik di sektor pemerintahan, perusahaan, sampai menjadi seorang entrepreneur. Ada beberapa rekomendasi atau prospek kerja yang bisa kamu ambil nih. 

  • Dosen
  • Pegawai Bank
  • Pegawai Logistik
  • Manajer perusahaan
  • HRD suatu perusahaan
  • Researcher (market maupun analysis strategy)
  • Event Organizer (EO)
  • Wirausahawan
  • Produser stasiun TV atau radio

Masih ada banyak lagi guys. Jurusan satu ini memang kompleks dari segi materi dan menguntungkan karena fleksibelitas prospek kerja yang didapatkan nih. Khususnya di bidang industri yang sekarang sedang berkembang pesat guys.

So, kalau kamu tertarik masuk jurusan satu ini jangan lupa untuk berusaha sampai bisa ya guys. Intinya sih semangat dan terus berjuang saja. Jangan lupa juga untuk berdoa dan mengandalkan yang Maha Kuasa. See you guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…