jurusan sepi peminat

Jurusan Sepi Peminat dan Unik, Mungkin Cocok Denganmu!

Jurusan Sepi Peminat – Hai guys, mungkin belakangan hari ini lagi rame banget nih ngomongin tentang berbagai jurusan untuk masuk kuliah. Kamu pasti udah mikir-mikir kira-kira mau masuk jurusan apa ya? Sebagian juga masih bingung aku cocok masuk apa ya, dan kebimbangan lainnya.

Guys, kali ini nih aku mau bagi ke kamu nih beberapa jurusan yang mungkin cocok sama kamu. Jurusan di bawah ini bisa dikategorikan sebagai jurusan yang cukup unik guys, kenapa? Dari segi materi yang diajarkan sampai keberadaannya yang mungkin aja ada atau mungkin tidak di Indonesia.

Namun, jangan pesimis dulu guys, siapa tau dengan tekad yang kuat kamu bisa kok mendapatkan beasiswa. Asalkan kamu benar-benar memiliki passion dan potensi di jurusan tersebut. 

Kira-kira apa aja ya? Yuk, kamu bisa langsung simak ulasannya di bawah ini!

jurusan sepi peminat
Photo by Pixabay on Pexels.com

Jurusan Sepi Peminat dan Unik, Mungkin Cocok Denganmu!

1. Astrobiologi

jurusan sepi peminat - astrobiologi

Pertama, ada Astrobiology guys. Dilihat dari namanya pasti kamu udah ga asing dong dengan pelajaran biologi? Apalagi anak MIPA, pasti kenal akrab nih sama pelajaran satu ini.

Nah, apa sih perbedaan biologi biasa dengan astrobiology? Dilihat dari kata depannya guys, astro. Pasti membayangkan ilmu astronomi tentang perbintangan gitu kan guys? Sebenarnya engga salah-salah banget sih, Cuma lebih tepatnya mempelajari asal-usul manusia di planet atau bintang lain guys.

Wuih, kelihatannya berat banget ya? Engga juga kok guys, bagi kamu yang suka banget ilmu biologi dan tentunya memiliki keingintahuan yang tinggi tentang asal usul manusia, maka kamu cocok banget nih masuk jurusan ini.

Baca Juga:  Persiapan Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

Ditambah lagi, kalau jurusan sejarah kamu akan mempelajari asal-usul manusia yang tentunya di bumi kan guys, sementara Astrobiology kamu akan mempelajari kehidupan manusia atau bahkan makhluk lainnya di luar angkasa.

Sederhananya guys, kamu akan diajak untuk mengeksplorasi kehidupan yang anak di luar planet bumi. Keren abis!

2. Beattles dan popular musik

jurusan sepi peminat - musik

Selanjutnya, ada jurusan khusus untuk kamu yang suka banget sama musik apalagi musik the Beattles guys. band paling mantap hampir sepanjang sejarah ini tentu tidak asing, apalagi bagi kamu pecinta lagu lawas.

Pamor band the beattles memang tak lekang dimakan waktu guys. Oh iya, di jurusan ini kamu tidak hanya diajak untuk menyelami musik-musik buatan the beattles saja, melainkan musik popular lainnya dan tentunya berhubungan dengan society atau jaman.

Eits, musik popular tersebut juga tetap berhubungan dengan The Beattles ya guys dan juga kamu akan belajar mengenai bagaimana pengaruh the beattles di tengah masyarakat, sosial, hingga membentuk suatu panggung tersendiri di tengah masyarakat dunia.

Cakupan dari ilmu satu ini memang tak bisa diremehkan guys, bahkan kalau dipikir-pikir berdasarkan gambaran ilmu yang akan kamu pelajari bisa saja setelah lulus dari jurusan ini kamu menjadi kritikus musik guys.

Hal ini dikarenakan, kamu akan mempelajari bagaimana musik berpengaruh di masyarakat sampai seluk-beluk industri musik sehingga bisa berkembang pesat seperti sekarang ini.

3. Bisnis dan teknologi selam

jurusan sepi peminat - teknologi selam

Buat anak-anak muda masa kini kegiatan menyelam adalah sesuatu yang umum dan digemari sebagian besar dari mereka. Aktivitas ini tentu memeancing adrenalin dan efek kebahagiaan setelah melakukannya.

Nah, cocok banget nih, buat kamu yang suka banget menyelam, ada satu jurusan yang bisa banget kamu daftar sebagai jurusan kuliah. Di dalam jurusan ini kamu akan belajar mengenai teknik menyelam sampai pertolongan pertama dalam menghadapi cedera saat melakukan kegiatan diving.

Baca Juga:  Tips Hemat Untuk Mahasiswa Rantau

Wait, apa bedanya dengan kegiatan atau latiha  diving seperti pada umumnya? Kamu bisa lihat sendiri guys, selain teknologi selam kamu akan belajar mengenai bisnis juga. Bisnis di sini dimaksudkan untuk manajemen bisnis dalam diving. 

Tak hanya itu, cakupan materi yang kamu pelajari terhitung cukup luas, mulai dari teknik diving sendiri, bisnis diving, sampai reka ruang penyelaman, maupun teknik fotografi bawah air. Kamu bisa mempelajarinya dalam manajemen diving ini guys.

4. Ilmu bakery

jurusan sepi peminat - bakery

Nah, buat kamu yang hobi memasak, tetapi khusus dessert atau bakery aja maka cocok banget nih buat masuk ke jurusan satu ini. di sini kamu akan belajar secara mendalam mengenai bagaimana produksi kue maupun roti, industri baking.

By the way, yang kamu pelajari bukan hanya mengenai ilmu masaknya aja ya guys, seperti chef, tetapi materi dan cakupannya akan lebih luas guys. kamu juga akan mempelajari mengenai administrasi dalam pengolahan bakery, produksi, sampai manajemen perusahaan bakery.

Lebih lanjut guys, kamu juga akan melakukan penelitian lho.widih keren banget kan, penelitian ini ditujukan untuk melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap bakery guys, inovasi-inovasi baru juga.

Oh, iya, jangan anggep remeh jurusan satu ini guys. Biasanya lulusan dari jurusan satu ini akan bekerja sebagai ahli bakery, sampai posisi eksekutif dalam suatu industry baking karena materi yang dimiliki cukup kompleks dan menyeluruh.

5. Ilmu sains dan olahraga gerak

people doing marathon
Photo by Snapwire on Pexels.com

Lanjut, belakangan kali ini kan rame juga tuh guys beberapa anak muda yang hobi banget melakukan gym atau kegiatan senam lainnya. Tak lupa juga, kegiatan ini didukung oleh berbagai pola makan yang sehat guys.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan bidang satu ini dan berencana mempelajarinya lebih dalam, maka bisa juga tuh masuk ke salah satu jurusan ilmu sain dan olahraga gerak.

Baca Juga:  Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Kamu Menjadi Mahasiswa Baru

Jadi, kamu akan belajar apa sih? Secara sederhana, kamu akan belajar mengenai aplikasi ilmu gerak seperti fitness, gym, sampai senam aerobic ke ilmu kesehatan. Pastinya berhubungan dengan organ tubuh dan beberapa penanggulangan penyakit. 

Di depan kan sempet aku singgung guys, mengenai pola makan yang sehat, nah di jurusan ini kamu juga akan mempelajari bagaimana pola makan yang sehat dan cocok untuk tubuh manusia dalam melakukan beberapa aktivitas fisik.

Lalu, bagaimana dengan prospek kerja? FYI, prospek kerja dari jurusan satu ini terhitung cukup luas guys. Kamu akan mempelajari bahkan melakukan studi laboratorium terhadap berbagai kegiatan kesehatan dan program kesehatan dalam suatu organisasi guys.

6. Ilmu pandai besi

two men holding two gray metal tools
Photo by Kateryna Babaieva on Pexels.com

Jangan salah sangka guys, pekerjaan satu ini juga memerluka teknik yang handal dan mendalam dalam membuat sebuah benda dari besi. Salah satu universitas di negara bagian Illionis membuka sebuah program pembelajaran menge nai pandai besi.

Cakupan materi yang akan kamu pelajari antara lain mengenai estetika, pemikiran kritis mengenai  suatu material, selain itu dibutuhkan skill ketelitian yang super dalam. 

Karir apa aja sih yang cocok dengan jurusan ini? kamu bisa bekerja di sebuah museum, menjadi ahli besi, sampai seniman, atau akedemisi juga guys.

Nah, di atas adalah beberapa jurusan kuliah yang super unik guys. Mungkin aja ada beberapa dari kamu yang suka dan cocok nih dengan salah satu jurusan di atas. Tenang guys, untuk masalah keberadaan jurusan tersebut, pastinya beneran ada guys.

Namun, beberapa mungkin tidak di Indonesia. Berita bahagianya adalah beberapa universitas kenamaan yang membuka jurusan tersebut biasanya memberikan beasiswa internasional kepada siswa di seluruh dunia guys. Kamu bisa langsung kok cek beberapa universitas tersebut.

Selamat mencoba!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…