Kegiatan BEM yang Menarik Bidang Pendidikan

Salah satu bidang yang menjadi ranah kegiatan BEM yaitu bidang pendidikan. Beberapa kampus mempunyai departemen atau kemernterian bidang pendidikan dalam organisasi BEM maupun Himpunan Mahasiswa (HIPMA). Banyak kegiatan yang dilakukan oleh departemen atau kementerian tersebut. Jika kamu salah satu anggota BEM yang sedang mencari kegiatan apa saja yang menarik di bidang pendidikan, yuk simak informasi berikut.

Kegiatan BEM yang Menarik Bidang Pendidikan

1. Pameran dan seminar beasiswa

Beasiswa merupakan salah satu incaran mahasiswa selama kuliah. Baik beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, beasiswa untuk student exchange, beasiswa summer course, serta beasiswa S2 di dalam maupun luar negeri. Kegiatan pameran dan seminar beasiswa dapat membantu mahasiswa untuk mencari dan mengenali beasiswa yang dibutuhkan dan diinginkan.

Kegiatan ini dapat menjadi salah satu kegiatan BEM yang menarik. Kamu dapat bekerja sama dengan pihak kampus, pihak penyelenggara beasiswa, serta pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) untuk mengadakan acara pameran dan seminar beasiswa. Kamu juga dapat mengundang mahasiswa yang pernah mendapatkan beasiswa untuk berbagi kisah bagaimana proses dan perjalanan dalam mendapatkan beasiswa tersebut.

2. Talk show dengan mahasiswa berprestasi

Menjadi mahasiswa berprestasi adalah impian semua mahasiswa. Namun, untuk mencapainya, terkadang mahasiswa masih butuh bimbingan dan kiat-kiat dalam meraih impian mereka. Sebagai anggota BEM di bidang pendidikan, kamu dapat mengadakan talk show dengan mahasiswa berprestasi baik tingkat jurusan, tingkat fakultas, maupun tingkat kampus. Dengan adanya talk show diharapkan mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai persiapan apa saja dan proses untuk menggapai tujuan tersebut.

Baca Juga:  Tips Hemat Untuk Mahasiswa Rantau

3. Latihan dan tes TOEFL

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang menjadi kebutuhan semua mahasiswa. Kebutuhan untuk mendaftar beasiswa, kebutuhan untuk syarat kelulusan, kebutuhan untuk nilai Bahasa Inggris, serta kebutuhan lainnya. Latihan dan tes TOEFL secara serentak sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat membantu mahasiswa untuk berlatih dan mendapatkan pembahasan bersama dengan harga yang lebih terjangkau. Sebagai anggota BEM, kamu dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga penyelenggara tes TOEFL.

4. Latihan tes IELTS

Selain TOEFL, salah satu kebutuhan latihan dan tes Bahasa Inggris lainnya adalah IELTS. Beberapa mahasiswa yang ingin melanjutkan studi atau mengikuti student exchange di negara-negara Eropa pada umumnya membutuhkan nilai IELTS yang baik. Kegiatan bedah soal dan latihan tes IELTS perlu diadakan di kampus untuk membantu mahasiswa belajar lebih baik. Kamu dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga penyelenggara pelatihan IELTS untuk mendapatkan bedah soal dan latihan dengan harga yang terjangkau bahkan gratis.

5. Talk show persiapan kuliah

Kegiatan BEM tidak hanya untuk mahasiswa saja. Kamu juga dapat mengadakan kegiatan di bidang pendidikan utnuk siswa SMA/MA/SMK. Kegiatan tersebut dapat berupa talk show persiapan kuliah. Banyak siswa yang masih awam dengan dunia perkuliahan. Dengan adanya talk show, diharapkan kamu dapat memberikan gambaran dan fakta tentang dunia perkuliahan. Akan lebih baik kamu juga mengadakan kuliah sehari bagi siswa agar mereka dapat merasakan bagaiamana rasanya kuliah itu.

6. Peringatan hari Pendidikan

Kegiatan yang dapat kamu lakukan sebagai anggota BEM di bidang pendidikan adalah memperingati hari Pendidikan pada tanggal 2 Mei. Kegiatan yang dapat kamu lakukan antara lain seminar, talk show, kegiatan amal di bidang pendidikan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Kamu Menjadi Mahasiswa Baru

7. Peringatan hari Guru

Kegiatan di bidang pendidikan yang lainnya dapat kamu agendakan sebagai anggota BEM adalah memperingati hari Guru pada tanggal 25 November. Kegiatan yang dapat kamu lakukan dapat berupa memberikan apresiasi kepada dosen-dosen yang telah mengajar di kampus, berupa penghargaan dosen terbaik, dosen terfavorit, atau yang lainnya. Dapat ditingkat jurusan, fakultas, bahkan tingkat kampus.

Itulah beberapa kegiatan BEM yang menarik di bidang pendidikan. Kegiatan yang bermanfaat akan sangat baik dilakukan. Semoga kamu dapat terbantu.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…