Jurusan Yang Paling Banyak Diminati SNMPTN IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi favorit calon mahasiswa baru. Banyak calon mahasiswa yang ingin mengetahui jurusan apa saja yang menjadi jurusan yang paling banyak diminati dalam seleksi masuk SNMPTN.

Perlu diketahui bahwa urutan jurusan yang paling diminati berikut berdasarkan pada presentasi keketatan. Semakin besar presentase maka daya saing semakin tinggi. Berikut adalah daftar jurusan yang paling diminati SNMPTN IPB pada tahun 2019.

Jurusan Yang Paling Banyak Diminati SNMPTN IPB

1. Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi merupakan jurusan yang paling diminati di IPB selama bertahun-tahun. Jurusan Ilmu Gizi menempati urutan pertama untuk jurusan yang paling diminati oleh siswa pendaftar SNMPTN di IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 37,37%.

Jurusan Ilmu Gizi berada di bawah naungan Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB. Jurusan ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan tersertifikasi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Daya tampung jurusan Ilmu Gizi IPB di SNMPTN 2020 adalah 38 orang.

2. Aktuaria

Jurusan Aktuaria merupakan jurusan yang menempati peringkat kedua sebagai jurusan yang paling diminati oleh pendaftar SNMPTN di IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 35,22%. Program S1 Aktuaria IPB merupakan program sarjana bidang ilmu aktuaria pertama di Indonesia yang dibuka pada tahun 2016.

Program ini berada di bawah Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Jurusan ini telah terakreditasi B oleh BAN-PT. Daya tampung jurusan Aktuaria IPB di SNMPTN 2020 adalah 28 orang.

Baca Juga:  Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Terbaik, Dijamin Akurat guys!

3. Statistika

Jurusan Statistika merupakan jurusan yang selalu masuk dalam lima besar jurusan yang paling diminati di IPB. Jurusan ini menempati urutan ketiga sebagai jurusan yang paling diminati oleh pendaftar SNMPTN di IPB tahun 2019 dengan keketatan 23,43%. Jurusan ini berada di bawah naungan Departemen Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.

Jurusan statistika telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Selain itu, jurusan statistika IPB juga diakui sebagai penyelenggara pendidikan statistika pertama dan terbaik di Indonesia. Daya tampung jurusan Statistika IPB di SNMPTN 2020 adalah 36 orang.

4. Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat merupakan jurusan yang menempati peringkat keempat sebagai jurusan yang paling banyak diminati oleh pendaftar SNMPTN di IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 20,37%.

Jurusan ini berada di bawah naungan Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB. Program sarjana Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat telah terakreditasi A dari BAN-PT dan terakreditasi internasional dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Daya tampung di SNMPTN 2020 adalah 52 orang.

5. Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan jurusan dengan peringkat kelima sebagai jurusan yang paling banyak diminati oleh pendaftar SNMPTN di IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 20,35%.

Jurusan manajemen berada di bawah naungan Departemen Manajemen, Fakutas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB. Jurusan ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan sudah disertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Daya tampung di SNMPTN 2020 adalah 52 orang.

6. Teknik Sipil dan Lingkungan

Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan merupakan jurusan yang menempati peringkat keenam dengan jumlah pendaftar terbanyak di SNMPTN IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 20,00%.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 3

Jurusan ini berada di bawah naungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) IPB. Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan IPB telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Terdapat empat divisi di departemen ini, yaitu Teknik Struktur dan Infrastruktur (TSI), Teknik Lingungan (TL), Teknik Sumberdaya Air (TSDA), dan Teknik Geomatika (TG). Daya tampung di SNMPTN 2020 adalah 40 orang.

7. Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan merupakan jurusan yang menempati peringkat ketujuh dengan jumlah pendaftar terbanyak di SNMPTN IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 18,29%. Jurusan ini berada di bawah naungan Departemen Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) IPB.

Jurusan Teknologi Pangan IPB telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Selain itu, jurusan ini telah mendapatkan approval dari Institute of Food Technologists (IFT) Amerika Serikat pada tahun 2010 dan dari International Union of Food Science and Technology (IUFoST) Kanada pada tahun 2013. Pada tahun 2020, jueusan teknologi pangan membuka kelas internasional. Daya tampung di SNMPTN 2020 adalah 54 orang.

8. Agribisnis

Jurusan Agribisnis merupakan jurusan yang menempati peringkat kedelapan dengan jumlah pendaftar terbanyak di SNMPTN IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 17,71%.

Jurusan ini berada di bawah naungan Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB. Jurusan ini telah terakreditas A oleh BAN-PT serta tersertifikasi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Daya tampung di SNMPTN 2020 adalah 54 orang.

9. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan jurusan yang menempati peringkat kesembilan dengan jumlah pendaftar terbanyak di SNMPTN IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 16,71%.

Jurusan ini berada di bawah naungan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB. Jurusan ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Daya tampung di SNMPTN 2020 adalah 48 orang.

Baca Juga:  Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Kamu Menjadi Mahasiswa Baru

10. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen merupakan jurusan yang menempati peringkat kesepuluh sebagai jurusan yang mendapat peminat terbanyak pada SNMPTN IPB pada tahun 2019 dengan keketatan 16,42%.

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen berada di bawah naungan Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB. Jurusan ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Daya tampung di SNMPTN 2020 adalah 36 orang.

Itulah sepuluh besar jurusan yang paling banyak diminati oleh pendaftar SNMPTN di IPB. Terus semangat mengejar jurusan impianmu ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang juga ingin masuk ke IPB. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…