Kisah Sukses Gap Year dari Tokoh Dunia

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Sudah merencanakan untuk gap year tahun ini? atau masih mencari referensi mengenai apa itu gap year. Jika masih belum yakin untuk mengambil gap year, maka beberapa kisah sukses gap year mungkin akan sedikit memotivasi Anda.

Gap year menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang tengah ragu dan belum memutuskan untuk lanjut kuliah setelah lulus SMA. Beberapa nama terkenal di dunia bahkan pernah memutuskan untuk gap year sebelum akhirnya mereka sukses dalam kariernya.

Kisah Sukses Gap Year di Kehidupan Nyata

Bagi kalian yang ingin mengambil gap year patut diacungi jempol karena berani mematahkan stigma negatif masyarakat Indonesia tentang aktivitas atau tren dari Barat ini. Gap year memang dipandang sebelah mata, karena kegiatan ini memiliki dampak langsung terhadap masa depan pendidikan seseorang.

Salah satu dampak negatif yang langsung terasa jika seseorang memutuskan untuk gap year adalah mereka akan lulus kuliah tidak tepat waktu atau dapat dikatakan molor dari pakem yang sudah menjadi tradisi.

Namun, disamping itu banyak fakta dari kisah nyata yang menunjukkan bahwa memutuskan gap year bukan berarti seseorang gagal meraih masa depan mereka meski menunda menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Fakta-fakta tersebut diambil dari kisah nyata tokoh terkenal di dunia yang pernah memutuskan untuk gap year. Gap year bukanlah momok yang menakutkan, aktivitas ini memiliki manfaat positif jika dikerjakan sesuai dengan tujuan.

Baca Juga:  Lebih Baik Gap Year atau Asal Kuliah?

Dengan kata lain, kekurangan gap year dapat ditutup jika seseorang itu mampu memanfaatkan masa gap year dengan sebaik-baiknya dan mengambil manfaat berharga dari aktivitas yang ia lakukan semasa gap year.

Tokoh Dunia Sukses setelah Gap Year

Untuk itu, sebagai penambah semangat buat kalian yang masih ragu memutuskan untuk gap year, berikut beberapa kisah sukses gap year yang dialami para tokoh terkenal di dunia hingga kini menjadi seorang yang berhasil.

1. Steve Jobs

Siapa yang tak tahu dengan tokoh yang satu ini, almarhum Steve Jobs adalah sosok di balik salah satu produk elektronik yang banyak digunakan orang di seluruh dunia, yakni Apple. Sebelum memantabkan diri untuk mendirikan Apple Inc, sosok yang satu ini menghabiskan waktu selama beberapa bulan di India untuk bermeditasi.

Steve Jobs bermeditasi di pegunungan demi mendapatkan ‘esensi kehidupan’. Hasilnya ia membawa ide jenius untuk memulai project Macintosh setelah kembali ke Amerika Serikat, ia pun sukses dan menjadi salah satu sosok orang terkaya di dunia.

2. JK Rowling

Bagi yang suka dengan film atau buku Harry Potter pasti tak asing dengan nama JK Rowling. Perempuan asli Britania Raya ini mencuat setelah buku yang ditulisnya diangkat ke dunia layar lebar.

Namun, siapa sangka JK Rowling ini juga merupakan ‘produk’ gap year. Perempuan berusia 53 tahun ini mengawali gap year dengan mengajar bahasa Inggris di Porto, Portugal. Dari aktivitas itu, Rowling menemukan inspirasi untuk menulis The Mirror of Erised, salah satu chapter dari buku pertama Harry Potter.

3. Malia Obama

Ketika mendengar kata Obama pasti teringat dengan sosok mantan Presiden Amerika Serikat yang pernah menghabiskan masa kecilnya di kawasan Menteng, Indonesia, Barrack Obama. Tetapi, kali ini sosok sang putri, Malia Obama lah yang menarik perhatian.

Baca Juga:  Kisah Sukses Anak Gap Year Masuk Kedokteran

Malia Obama menjadi salah satu anak yang sangat beruntung dapat mengatur waktu gap year nya dengan berbagai kegiatan bermanfaat dan pastinya seru. Ia pernah magang di kedutaan besar AS di Spanyol.
Lalu mengikuti sekolah alam di Bolovia dan Peru, setelah itu mendalami hobinya di salah satu perusahaan produksi film besar di Hollywood, bagaimana tertarik mengikuti jejak Malia Obama?

4. Benedict Cumberbatch

Bagi kalian penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) pasti sangat tahu dengan sosok yang memerankan karakter Dr Strange ini, dialah actor terkenal asal Inggris, Benedict Cumberbatch.

Benedict Cumberbatch pernah pergi menyendiri disebuah kota kecil di India, Darjeeling. Ia mengajari para biksu Buddha asal Tibet di kota tersebut. Menurut Benedict, pengalaman mengajar para biksu di India berdampak sangat signifikan dalam hidupnya. Ia mengaku benar-benar dapat membuka matanya tentang dunia.

5. Pangeran William dan Pangeran Harry

Siapa yang menyangka bahwa dua putra mahkota kerajaan Inggris ini pernah mengalami masa gap year. Pangeran William dan Pangeran Harry menjalani masa gap year meskipun dilakukan secara terpisah.

Mereka pernah menjalani kehidupan di sebuah pedesaan, kemudian berpetualang di negara-negara berkembang hingga mengikuti pelatihan tentara penjaga kerajaan. Hal itu tentu sudah dipikirkan matang-matang mengingat keduanya adalah sosok penting kerajaan Inggris.

6. Emma Watson

Emma Watson merupakan salah satu tokoh pemeran dalam film Harry Potter. Sosok pemeran karakter Hermione Granger ini ternyata pernah memutuskan untuk gap year dan melakukan kegiatan menambah ilmu pengetahuannya.

Aktris muda ini menghabiskan satu tahun untuk memperkaya ilmu pengetahuan dengan membaca berbagai buku, khususnya bertema feminism. Hasilnya, ia terpilih menjadi salah satu ambasador dari PBB.

Baca Juga:  Strategi Alternatif Jika Tidak Lolos SBMPTN

7. Hugh Jackman

Penggemar X-Men pasti sudah hafal dengan sosok yang satu ini. Hugh Jackman merupakan pemeran salah satu tokoh sentral film X-Men. Ia berperan sebagai Logan atau sebutan lain dari Wolverine.

Hugh Jackman pernah menjalani masa gap year semasa sekolah, ia pernah menjadi asisten pengajar bahasa Inggris di Inggris. Ia sempat heran mengapa ia dapat menjadi pengajar bahasa Inggris sementara ia merupakan pria asli Australia.

Tokoh Dunia yang Sukses Setelah Gapyear

Gap year dapat menjadi sebuah kesempatan untuk menjadikan diri lebih baik, mengembangkan kemampuan dengan kegiatan-kegiatan soft skill. Hasil kerja keras seseorang yang mengikuti gap year akan terbayar dengan setimpal ketika mereka sungguh-sungguh dalam menjalani masa gap year.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tokoh Dunia yang Sukses Setelah Gap Year

Gap year adalah kondisi ketika seseorang memutuskan untuk nggak kuliah di tahun pertama se…