10 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang SNMPTN sampai SBMPTN Tahun ini!

Selamat Tahun Baru guys! Ngomongin tahun baru, kira-kira kamu udah ada resolusi apa nih buat 2021? Tentunya jangan lupa untuk memasukkan motivasi dan goals universitas impian kamu di resolusi tahun ini ya? Tepat sekali, di 2021 ini kita makin dekat dengan hari UTBK lho guys! Persiapan kamu udah sampai mana nih guys?

Tentunya sudah semakin matang aja dong. Oh iya, kali ini aku mau share ke kamu beberapa hal yang perlu banget nih kamu ketahui seputar SBMPTN, SNMPTN, sampai UTBK tahun ini menurut LTMPT. Tentunya artikel satu ini cocok banget buat kamu yang ketinggalan webinar dari LTMPT di bulan Desember dan tanggal 4 Januari kemarin ya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini guys!

10 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang SNMPTN sampai SBMPTN Tahun ini!

person writing on notebook
Photo by Thirdman on Pexels.com

1. Tanggal di tiap tahapan

So, seperti yang tahun sebelumnya, LTMPT tahun ini membuka 3 jalur untuk masuk perguruan tinggi. Pertama, ada jalur SNMPTN guys. Namun, sebelum mendaftarkan berbagai rapot dan piagam yang kamu miliki, jangan lupa untuk membuat akun di website resmi LTMPT ya. Pembuatan akun dan verifikasinya bisa kamu lakukan mulai hari ini sampai 1 Februari nanti guys

Sedangkan, untuk pendaftaran SNMPTN bisa dimulai pada tanggal 15-24 Februari ya. Kedua, ada jalur khusus SBMPTN yang akan dibuka dengan meregistrasi akun terlebih dahulu mulai dari tanggal 07 Februari sampai 12 Maret guys. Terakhir, ada jalur mandiri yang biasanya dibuka mendekati UTBK atau bahkan setelah UTBK guys. So, kamu harus selalu aktif pantau laman resmi Universitas yang kamu inginkan ya. 

Baca Juga:  Aplikasi Latihan Soal SBMPTN Terbaik

2. Kuota tiap jalur

Nah, ga kalah pentingnya nih guys, kamu juga harus mengetahui ada berapa banyak sih teman-teman se-Indonesia yang mendaftar SNMPTN maupun UTBK tahun ini? Secara keseluruhan ada minimal 20% kuota untuk SNMPTN, 40% kuota untuk SBMPTN, dan 30% kuota untuk jalur mandiri. 

Masing-masing kuota ini juga memiliki kriterianya sendiri lho guys. Misalnya aja, kuota SNMPTN ini hanya dikhususkan bagi kamu yang memiliki nilai rapot terbaik selama SMA dan juga segudang prestasi. Sedangkan, untuk SBMPTN sendiri kamu harus melakukan UTBK atau ujian bersama menggunakan komputer. Terakhir, seleksi mandiri yang memiliki kriteria yang cukup berbeda antar satu universitas dengan univ lainnya.

3. Informasi seputar SNMPTN

Yap, berhubung SNMPTN 2021 semakin dekat aja, kali ini juga ada beberapa informasi seputar SNMPTN yang harus banget kamu ketahui nih guys. Tentunya, SNMPTN 2021 hanya bisa diikuti oleh kamu yang kini masih duduk di bangku kelas 12 saja guys. Selain itu, kamu juga diharapkan memiliki segudang prestasi yang sesuai dengan fakultas maupun jurusan yang menjadi tujuan. 

Untuk pemilihan program studi, kamu diberi kebebasan untuk memilih 2 program studi dari 2 PTN atau 2 program studi dari 1 PTN. Namun, kamu juga boleh kok memilih 1 program studi saja mengingat apabila kamu diterima di salah satu PTN saat SNMPTN, maka kamu tidak diizinkan mengikuti UTBK ya guys

Satu lagi nih yang harus kamu ketahui, bagi kamu yang memilih 2 program studi maka salah satu PTN yang kamu inginkan harus berada di provinsi yang sama dengan SMA atau SMK asal. Berbeda kalau kamu memilih satu provinsi saja, maka kamu dibebaskan memilih di provinsi manapun.

Baca Juga:  Motivasi untuk Anak Gap Year Agar Tetap Semangat!

4. Tahapan dalam UTBK

Beralih dari SNMPTN nih, kali ini ada jalur kedua untuk masuk perguruan tinggi impian guys. Jalur tersebut ialah UTBK yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-18 April dan 26 April – 02 Mei 2021. Yap, UTBK tahun ini diadakan dalam dua gelombang ya guys

Untuk tahapannya sendiri dimulai dengan, registrasi terlebih dahulu di website resmi dari LTMPT. Setelah registrasi, jangan lupa untuk melakukan verifikasi dan validasi data siswa. Nantinya kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan seputar PTN sampai jurusan, maka yang harus dilakukan ialah mengisi sesuai dengan keinginanmu ya guys. Lalu jangan lupa untuk melakukan pembayaran nih. Terakhir, yuk persiapkan dirimu!

5. Materi dalam UTBK

Next, kira-kira kamu udah tahu belum apa aja sih materi yang akan diujikan dalam UTBK tahun 2021? Yuk, persiapkan secara matang ya guys. Materi UTBK sendiri terdiri dari TPS atau Tes Potensial Skolastik dan TPA atau Tes Potensial Akademik.

TPS sendiri terdiri dari beberapa sub-bab lho.  Pertama, ada penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, dan terakhir kemampuan dalam memahami dan membaca. Oh iya, dalam TPS sendiri terdiri dari soal dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ya guys

Kemudian ada TPA. Materi TPA sendiri tergantung dengan jurusan yang hendak kamu ambil. Misalnya, kamu yang ingin masuk jurusan SAINTEK maka mendapatkan materi seputar SAINTEK seperti biologi, kimia, dan fisika. Sementara SOSHUM, terdiri dari sosiologi, sejarah, ekonomi, dan geografi. FYI, di tahun ini matematika SOSHUM ditiadakan lho guys, asik!

6. Kelompok ujian UTBK

Ada sedikit tambahan nih soal materi UTBK 2021 guys. Tambahan materi ini dibedakan sesuai dengan kelompok ujian yang akan kamu ambil nantinya. Umumnya sih, UTBK terdiri dari kelompok SAINTEK dan SOSHUM, tetapi kali ini juga ada kelompok campuran guys

Baca Juga:  Tips Belajar Anak Gap Year yang Wajib Kamu Ketahui!

Kelompok ini terdiri dari kamu yang ingin melakukan ujian untuk mendapatkan nilai SAINTEK dan SOSHUM. Materi yang diujikan pun terdiri dari TPS, TKA untuk SAINTEK, dan TKA untuk SOSHUM. Berbeda dengan waktu pengujian kelompok tunggal yang berdurasi 195 menit, maka untuk kelompok ujian campuran membutuhkan waktu sekitar 285 menit untuk waktu pengerjaannya guys

7. Informasi SBMPTN 2021

Untuk mengikuti SBMPTN 2021, tentunya kamu diharuskan mengikuti UTBK terlebih dahulu guys. Berbeda di tahun sebelumnya, kali ini kamu diharuskan memilih jurusan dan universitas terlebih dahulu baru mengikuti UTBK. Kamu juga hanya bisa mengikuti UTBK sebanyak satu kali aja guys.

Cukup ketat ya, selain itu untuk kamu yang memilih program seni atau olahraga wajib mengunggah portofolio sesuai yang diminta pada akun LTMPT. Nantinya pengumuman untuk SBMPTN akan dilakukan pada tanggal 14 Juni 2021, pukul 15.00 WIB

8. Biaya pendaftaran dan KIP

Terakhir, untuk biaya pendaftaran sendiri terdiri dari 2 jenis guys, Bagi kamu yang mengikuti UTBK tunggal (SAINTEK atau SOSHUM saja), maka kamu akan membayar biaya sebesar 200.000 sebagai uang pendaftaran. Sementara untuk biaya ujian campuran kamu diharuskan membayar sebesar 300.000 guys.

Eits, untuk kamu yang memiliki KIP kamu juga bisa kok mendapatkan keringanan biaya pendaftaran. Info lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi dari kip-kuliah.kemdikbud.go.id ya!

Nah, itulah beberapa informasi seputar SNMPTN sampai SBMPTN tahun 2021 ya guys. Yuk, buat kamu yang bercita-cita masuk PTN impian jangan pernah berhenti untuk belajar dan semangat ya guys! Kamu pasti bisa kok, oh iya jangan lupa untuk selalu berdoa dan mendekatkan diri kepada Yang Mahakuasa! 

Semangat angkatan 2021!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Produktif Walau Pandemi dengan Melatih Skill di Skill Academy! Ada Diskon Besar-Besaran untuk Kamu!

Udah hampir 1,5 tahun ini seluruh warga Indonesia harus membatasi kegiatan belajar, pekerj…