lolos utbk

7 Tips Lolos UTBK Tanpa Les dan Bimbel!

Tips Lolos UTBK – Pernah ga sih kalian berpikir ingin sekali masuk Perguruan Tinggi Negeri atau PTN tanpa mengikuti les atau bimbel? Kebanyakan dari pelajar SMA di Indonesia pasti bercita-cita masuk perguruan tinggi negeri favorit yang pastinya memiliki passing grade super ketat. Hal inilah yang memancing setiap dari mereka berlomba untuk les atau mengikuti bimbel mati-matian.

Akan tetapi, apakah dengan mengikuti bimbel dapat menjamin kalian masuk PTN favorit? Nyatanya engga juga lho gengs! Sebenarnya kunci utama masuk PTN berasal dari diri kita sendiri. Nah, kali ini ada beberapa tips untuk kalian khususnya kelas 12 yang selama beberapa bulan ke depan harus belajar super ketat demi masuk PTN. 

Tenang, tips di bawah bukanlah tips yang biasa kalian temuin di artikel lain. Tips kali ini khusus buat kalian yang ingin masuk PTN tanpa mengikuti  bimbel atau les privat. Cuss disimak!

Tips Lolos UTBK Tanpa Les dan Bimbel!

1. Komitmen

Hal paling utama yang harus dimiliki adalah komitmen guys. Kalian harus memiliki komitmen yang super kuat untuk masuk ke PTN favorit. Eitss, komitmennya juga ga sembarangan ya. 

Pertama, kalian bisa buat perencanaan dulu nih mau masuk ke PTN mana. Sesuaikan dengan bakat dan minat kalian. Ini penting banget, karena banyak yang masuk jurusan atau PTN hanya karena ikut-ikutan atau disuruh orang tua. 

Bukan berarti kita melawan orang tua ya guys tetapi, perlu diingat kuliah cuma sekali dan jangan sampai pindah jurusan di tengah-tengah. Sayang banget nantinya☹

Baca Juga:  Gagal SBMPTN 2019? Pilih 5 PTS Terbaik Berikut!

2. Target

Ga hanya perencanaan PTN aja tetapi, target juga sangat penting. Kalian bisa buat target utama yang diinginkan, seperti PTN favorit yang dituju. Setelah itu, kalian riset dulu berapa passing grade untuk masuk PTN favorit sesuai dengan jurusan kalian ya.

Selain target utama, kalian juga bisa membuat target harian, mingguan, sampai bulanan. Target ini berisi materi yang harus kalian selesaikan dalam sehari, seminggu, atau nilai tes bulanan yang harus diraih.

3. Catatan

Bagi saya sendiri, catatan adalah hal esensial yang membuat saya bersemangat dalam belajar. Saya selalu mengusahakan catatan yang rapi dan berwarna-warni. Jujur memang memakan waktu lebih banyak, hehehe. Namun, hal inilah yang membantu kalian untuk menikmati belajar. Bahwa belajar bukanlah kegiatan yang monoton atau membosankan.

Selain itu, catatan yang berwarna akan membantu kalian agar lebih mudah mengingat materi. Harus dicoba ya gengs!

4. Tes pribadi

FYI, ini penting bingitz. Kenapa? Percuma guys kita belajar banyak materi tetapi, tak pernah diterapkan dalam soal. Kebanyakan soal dalam UTBK memiliki hingher order thingking. 

Jadi, jarang banget kalian temukan soal yang sama persis dengan materi yang dipelajari. Melainkan berisi implementasi atau  penerapan soal tersebut ke dalam suatu studi kasus, peristiwa, maupun kehidupan sehari-hari. Tes pribadi saya anjurkan kalian lakukan seminggu sekali sebagai tes ringan atau ulangan dan tes besar dapat kalian lakukan 1 bulan sekali. 

5. Harus rajin nge-print

Nge-print di sini saya maksudkan untuk segala soal-soal yang kini dapat dengan mudah kalian jumpai di internet. Mulai dari soal UTBK, UM, dan lain sebagainya. Semakin banyak soal yang kalian makan, maka semakin bertambah variasi soal yang dikerjakan. 

Baca Juga:  Testimoni Siswi Brain Academy Lolos SNMPTN

Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan beragam jenis buku khusus bank soal di toko buku terdekat. Nge-print gambar yang berkaitan dengan materi juga dapat membantu anda menghafal atau memahami materi.

6. Belajar dengan rutin

Selanjutnya, kalian harus belajar secara rutin yang gengs. Hal ini juga membantu kalian agar selalu konsisten terhadap materi-materi terlebih impian kalian untuk masuk PTN favorit.

Dalam sehari kalian bisa menyisakan waktu 3 jam untuk materi dan 2 jam untuk mengerjakan soal. Selain itu, budayakan membaca artikel dengan topik bebas, untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan kalian.

7. Berdoa

Terakhir, setelah segala usaha, konsisten, dan materi yang dilahap maka serahkan semua keputusan tersebut kepada Yang Maha Kuasa. Manusia hanya bisa berbuat tetapi, yang memutuskan adalah yang di atas. 

Oke, di atas adalah beberapa tips lolos utbk yang dapat membantu kamu masuk PTN favorit tanpa bimbel atau les. Selagi masih ada waktu sekitar satu tahun untuk persiapan, maka kalian bisa memanfaatkan dengan sangat baik waktu tersebut. Selalu semangat karena setiap usaha yang dilakukan, seberapa keras usaha tersebut pasti tidak akan mengkhianati hasil!

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami melalui kontak WhatsApp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Membuat CV Menarik Untuk Anak SMA!

Cara membuat CV untuk anak SMA – Guys, banyak ga sih dari kamu yang selama sekolah d…