Kiat-Kiat Lulus Kuliah Tepat Waktu

Siapa yang tidak ingin lulus kuliah tepat waktu? Selain untuk menghemat biaya kuliah, lulus kuliah tepat waktu juga menjadi kebanggaan tersendiri. Lama waktu kuliah terkadang juga menjadi pertimbangan oleh perusahaan saat kamu melamar pekerjaan.

Banyak mahasiswa yang juga menjadi minder dan malas ketika tidak lulus tepat waktu. Akhirnya mereka tidak ingin lagi menyelesaikan pendidikan mereka dan berujung tidak lulus kuliah atau DO.

Oleh karena itu, mari simak tips berikut mengenai kiat-kiat lulus kuliah tepat waktu!

Kiat-Kiat Lulus Kuliah Tepat Waktu

1. Belajar dengan efektif

lulus kuliah tepat waktu
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Belajar yang baik adalah belajar dengan efektif dan efisien. Agar kamu dapat belajar dengan efektif, kamu harus mengenali cara belajarmu terlebih dahulu. Jika kamu suka belajar dengan membaca materi, maka kamu bisa mengulang materi dengan membaca catatan atau buku.

Jika kamu suka belajar dengan mendengarkan, kamu harus memperhatikan dengan baik saat dosen mengajar di kelas atau dengan merekam penjelasan dosen kemudian mendengarkannya kembali saat di kost atau di rumah.

Jika kamu suka belajar dengan gambar-gambar, kamu bisa membuat catatan atau rangkuman dengan gambar atau bagan yang memudahkanmu memahami materi.

Kenali juga waktu yang tepat untuk belajar. Jika kamu lebih mudah konsentrasi saat malam hari, kamu bisa belajar dengan baik saat malam hari.

Namun, tidak disarankan untuk begadang. Jika kamu lebih konsentrasi belajar saat pagi hari, kamu bisa bangun lebih awal untuk belajar terlebih dahulu sebelum berangkat kuliah.

2. Mengerjakan tugas dengan baik

lulus kuliah tepat waktu
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Jangan menunda-nunda untuk mengerjakan tugas apabila kamu mendapatkan tugas baik dari dosen, asisten praktikum, maupun asisten dosen.

Tugas yang kamu tunda kelak akan menguras waktumu lebih banyak untuk mengerjakan tugas secara bersamaan. Kesempatanmu untuk belajar atau melakukan aktifitas lainnya akan terhambat karena mengerjakan tugas yang kamu tunda tersebut.

Saat mengerjakan tugas, jangan mengerjakannya asal-asalan. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada nilai kalian. Jika kamu harus mengulang tugas yang telah kamu serahkan, tentu saja akan menguras waktumu lebih banyak bukan? Oleh karena itu, kerjakan tugasmu dengan baik dan tepat waktu.

3. Mempersiapkan diri sebelum dan saat ujian

pondering female secretary picking folder in workplace
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Mempersiapkan diri sebelum dan saat ujian sangatlah penting. Susunlah jadwal untuk mengulang materi sebelum ujian agar kamu bisa memahami materi dengan baik serta masih terdapat waktu untuk menanyakan kepada dosen atau temanmu jika ada materi yang tidak kamu mengerti.

Persiapan sebelum serta saat ujian penting agar kamu bisa mendapatkan nilai yang baik dan maskimal. Jika kamu mendapatkan nilai yang baik maka kamu tidak perlu mengulang mata kuliah di semester berikutnya.

Hal ini tentu saja akan membuat rencana studimu berjalan dengan baik sehingga kamu bisa lulus tepat waktu.

4. Memperbaiki nilai yang jelek

teacher asking a question to the class
Photo by Max Fischer on Pexels.com

Jika kamu mempunyai nilai yang jelek atau di bawah standar baik nilai tugas, laporan, kuis, UTS, maupun UAS, jangan ragu untuk menghubungi dosen, asisten praktikum, atau asisten dosen untuk meminta kesempatan memperbaiki nilai.

Terkadang tim pengajar akan memberikan tugas pengganti atau ujian perbaikan agar kamu dapat meningkatkan nilaimu. Kalau kamu mendapatkan kesempatan itu, gunakanlah dengan baik agar nilaimu meningkat dan tidak mengulang mata kuliah.

5. Mengerjakan tugas PKL atau KKN tepat waktu

selective focus photography cement
Photo by Rodolfo Quirós on Pexels.com

Pada umumnya, setelah PKL atau KKN mahasiswa akan dimintai tugas berupa laporan mengenai kegiatan selama PKL atau KKN. Kerjakanlah tugas tersebut dengan baik dan tepat waktu agar kamu dapat melakukan seminar atau sidang hasil PKL atau KKN dengan baik dan tidak mengulur waktu.

Jika kamu dapat mempergunakan waktumu dengan baik, kamu dapat menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu dan menggunakan sisa waktumu untuk mengerjakan tugasmu selanjutnya, yaitu skripsi atau tugas akhir.

6. Mengerjakan skripsi dengan baik

person using black and silver laptop computer
Photo by Peter Olexa on Pexels.com

Skripsi adalah tugas akhir yang memerlukan waktu pengerjaan yang cukup lama. Namun, tidak semua mahasiswa mengerjakan skripsi mereka dengan lama, ada juga yang dengan waktu yang singkat.

Tergantung pada niat, kerja keras, serta penelitian yang diambil. Jika kamu memang ingin lulus tepat waktu, gunakanlah waktumu dengan baik untuk mengerjakan skripsi. Mulai dari proposal, penelitian, hingga seminar dan sidang.

Jangan terlalu santai dan jangan terlalu terburu-buru. Gunakan waktu dengan efektif. Jika kamu mengalami kendala, segera hubungi dosen pembimbingmu untuk meminta saran dan bimbingan.

Kamu harus berinisiatif untuk menemui dosen pembimbingmu dalam mengerjakan skripsi. Jangan menunggu dosen menghubungimu. Namun, kamu tetap harus memperhatikan etika dalam berkomunikasi dan bertemu dengan dosen.

7. Minta bimbingan dari dosen

women sitting outside
Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

Jika kamu kesulitan dalam menentukan rencana studi, kamu dapat meminta bimbingan dan saran dari dosen pembimbing akademikmu. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan pihak kampus jika kamu mengalami kendala dalam menjalankan kuliah.

Komunikasikan segala kendala atau yang menjadi hambatanmu selama kuliah sehingga kamu dapat lulus tepat waktu,

Itulah kiat-kiat agar lulus kuliah tepat waktu. Cobalah untuk menerapkannya jika saat ini kamu duduk di bangku perkuliahan. Kamu juga bisa menerapkannya nanti saat kamu kuliah jika saat ini kamu masih sekolah. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-…