7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah, Agar Kamu Berprestasi!

Kegiatan saat kuliah yang diketahui oleh orang pada umumnya hanya belajar, mengerjakan tugas, bimbingan tugas akhir, kemudian lulus dan wisuda. Namun, kegiatan saat kuliah sebenarnya ada banyak dan bermacam-macam. Kegiatan kuliah tidak hanya seputar belajar saja. Berikut daftar kegiatan yang harus kamu lakukan saat kuliah agar kamu bisa menjadi mahasiswa yang lebih baik.

Kegiatan yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah

1. Mengikuti materi dan aktif di kelas

Sebagai mahasiswa yang baik, kamu harus mengikuti materi yang sedang dijelaskan oleh dosen dengan baik. Kamu dapat menggunakan metode belajarmu yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Maksudnya, saat dosen menjelaskan materi, terkadang kamu harus membagi fokusmu untuk mendengarkan dan mencatat sekaligus.

Jika kamu bisa fokus dengan keduanya, maka akan lebih baik. Namun, jika kamu hanya bisa fokus mendengarkan dan memperhatikan saja, kamu dapat menyiasatinya dengan merekam suara dosenmu saat menjelaskan materi. Setelah pulang kuliah, kamu dapat mendengarkannya lagi untuk mencatat poin-poin penting yang mungkin terlewat sekaligus mengulang materi kuliah hari itu.

Jangan lupa untuk aktif saat di kelas. Ketika dosen memberikan kesempatan untuk bertanya, maka gunakan kesempatan ini dengan baik. Bertanyalah mengenai materi yang masih belum kamu mengerti. Jika dosen memberikan pertanyaan, gunakan kesempatan ini untuk menjawab sehingga kamu dapat mengetahui seberapa paham kamu terhadap materi yang telah dijelaskan.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik Bidang Lingkungan

2. Mengikuti organisasi yang ada di kampus

Organisasi yang ada di kampus ada banyak. Mulai dari himpunan profesi (HIMPRO), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Badan Kerohanian, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan organisasi lainnya. Dengan mengikuti organisasi, kamu dapat mengasah kemampuaan softskill yaitu kepemimpinan, kerjasama, komunikasi, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menambah relasi melalui organisasi.

3. Aktif dalam kepanitiaan di kampus

Di kampus pasti banyak acara-acara yang menarik. Baik acara yang diselenggarakan oleh pihak program studi/departemen, fakultas, kampus, dan masih banyak lagi. Gunakan kesempatan ini untuk melatih kemampuan dirimu. Kamu bisa mendaftar di berbagai divisi sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki.

Misalnya, jika kamu jago desain, kamu bisa mendaftar di divisi publikasi, desain, dan dokumentasi (PDD). Jika kamu ahli dalam merancang suatu acara, kamu bisa mendaftar di divisi acara. Atau jika kamu tertantang untuk mencoba hal baru, akan lebih baik lagi untuk mencoba divisi lain yang belum pernah kamu ketahui. Ini akan menjadi kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi.

4. Mendaftar beasiswa

Hampir setiap bulan pasti ada beasiswa yang dibuka oleh penyedia beasiswa bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Tidak ada salahnya kamu mencoba mendaftar beasiswa. Selain untuk membantu meringankan biaya kuliah, mendapatkan beasiswa juga merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Gunakan kesempatan dengan baik. Jika kamu kurang mendapatkan informasi mengenai beasiswa yang tersedia di kampusmu, hubungi pihak kampus yang bertugas pada bidang beasiswa atau kesejahteraan mahasiswa.

5. Berpartisipasi dalam proyek dosen

Sebagai mahasiswa, pasti tidak asing jika mendengar ada proyek yang sedang di kerjakan oleh dosen bukan? Kamu bisa mengajukan diri untuk berpartisipasi dalam proyek dosen. Selain mengasah kemampuan, kamu juga bisa mendapatkan ilmu dan apabila diperkenankan kamu juga bisa mengerjakan tugas akhir dengan menggunakan sebagian atau beberapa data dari proyek tersebut. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang berharga saat berpartisipasi dalam proyek dosen.

Baca Juga:  Inilah Mata Kuliah Ilmu Gizi yang Akan Kamu Pelajari di IPB

6. Mengikuti lomba atau kompetisi

Lomba atau kompetisi di berbagai bidang tersedia banyak sekali saat kamu masuk ke bangku perkuliahan. Ada lomba yang diadakan oleh antar fakultas, antar kampus, pemerintah, atau organisasi yang lainnya. Kamu dapat mengikuti lomba atau kompetisi secara perorangan maupun secara berkelompok/tim. Dengan mengikuti lomba, kamu dapat mengasah kemampuan kamu serta melatih kemampuan kerjasama, percaya diri, komunikasi, dan sebagainya. Tentu saja akan sangat membanggakan jika kamu bisa menang dalam lomba atau kompetisi yang kamu ikuti.

7. Mengikuti seminar dan workshop

Ilmu tidak hanya didapatkan di kelas saja. Kamu bisa mendapatkan ilmu melalui kegiatan seminar dan workshop. Seminar biasanya diadakan di kampus dan gratis untuk mahasiswa. Kalaupun berbayar, seminar di kampus pada umumnya tidak lebih dari Rp 100.000,-. Kamu bisa mendapatkan ilmu dari berbagai bidang dengan pembicara yang sudah expert di bidangnya. Selain itu, dapat memotivasi dirimu untuk terus maju. Siapa tahu kelak kamu akan menjadi pembicara bukan?

Workshop juga membantu kamu mendapatkan ilmu dan melatih kemampuanmu. Biasanya workshop atau pelatihan akan mendapatkan sertifikat yang kelak dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan saat bekerja. Ada workshop yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Nah, apakah kamu sekarang sudah ada gambaran kegiatan apa saja yang setelah ini kamu lakukan saat menjadi mahasiswa? Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu yang akan atau sedang kuliah, agar bisa menjadi mahasiswa yang lebih baik dan bermanfaat. Salam sukses.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju.…