Macam-Macam Tes Kepribadian Super Menarik! 10 Tes di Bawah Dapat Menentukan Bakat Sampai Jurusan Kuliah!

Ada macam-macam tes kepribadian di dunia ini. Mulai dari tes gambar, tes menentukan emosi, tes menentukan bakat minat, dan masih banyak lagi. Tujuan dari semua tes di atas tentunya ga jauh-jauh untuk mengetahui sekaligus memperbaiki kondisi psikologis seseorang. Nah, di musim liburan ini kamu bisa banget guys mencoba beberapa tes kepribadian.

Berbagai jenis tes kepribadian di bawah ini juga bisa membantumu mengetehui jurusan di kuliah sampai prospek pekerjaan juga lho! Gimana, apakah kamu penasaran? Kalau gitu, ga nunggu lama lagi, yuk simak ulasan tes kepribadian di bawah ini ya! Awas jangan sampai di skip gengs!

Daftar Isi

Macam-Macam Tes Kepribadian

1. Tes MBTI

macam-macam tes kepribadian
Sumber: id.wikipedia.org

Tes Myers-Briggs Type Indicator ini mungkin tidak asing lagi di sebagian besar dari kamu guys! Yap, tes ini sering banget digunakan sebagai indikator dalam melihat kepribadian seseorang. Mulai dari anak-anak sampai dewasa, kegiatan sekolah sampai wawancara perkantoran, bisa jadi mengadakan tes MBTI.

Tes ini dikembangkan pada tahun 1439 atau sekitar perang dunia kedua oleh seorang psikolog Kathreni Cook dengan putrinya. Secara sederhana tes ini mengidentifikasi manusia menggunakn 8 domain berbeda gengs.

Ada ekstrovert atau introvert, sensing atau intuition, thingking atau feeling, dan judging atau perceiving. Totalnya ada sekitar 16 jenis kepribadian yang dihasilkan dari 8 domain di atas guys.

2. Tes SSCT

Macam-macam tes kepribadian yang kedua ialah tes SSCT atau Sack’s Sentece Completion Test. Jenis tes satu ini akan membawamu untuk melengkapi berbagai kalimat yang telah disediakan. Totalnya ada sekitar 60 kalimat dan pernyataan yang mungkin rumpang dan harus kamu lengkapi gengs.

Tes ini juga menjadi salah satu tes psikologi yang paling sering ditemui, khususnya untuk mengetahui bagaimana keadaan emosional yang kamu miliki gengs. Hal yang perlu kamu lakukan ialah melengkapi 60 pernyataan atau kalimat tersebut dengan apa yang kamu rasakan atau pikirkan saat itu.

Baca Juga:  Cara Memilih Jurusan SMA, IPA atau IPS?

3. Tes EPPS

macam-macam tes kepribadian
Photo by meo on Pexels.com

Next, ada EPPS atau test Edward Personal Preference Schedule. Tes satu ini juga bertujuan untuk melihat sisi lain atau emosi yang ada dalam diri seseorang gengs. Biasanya nih tes ini digunakan untuk wawancara kerja sampai ujian masuk perguruan tinggi di luar negeri.

Hal ini dikarenakan tes EPPS dapat melihat sejauh mana motivasi atau keinginan dalam dirimu. Tes ini biasanya terdiri dari ratusan soal dan tidak ada benar atau salah. Artinya semua jawaban akan bernilai pada sisi psikologismu gengs. So, apakah kamu tertarik untuk mengerjakan tes satu ini?

4. Tes RMIB

Berikutnya dalam macam-macam tes kepribadian ada sebuah tes yang dikembangkan seorang psikolog bernama Rothwell. Tes RMIB atau Rothwell Miller Interest Blank ialah sebuah tes yang digunakan untuk mengetahui bakat-minat seseorang dalam sebuah pekerjaan atau kegiatan tertentu.

Tes ini terdiri dari 12 kategori jenis pekerjaan yang mungkin cocok dilakukan seorang manusia. Ketika kamu menyelesaikan tes ini, maka dapat disimpulkan kamu termasuk tipe manusia yang mampu bekerja dalam bidang seperti apa. Apakah outdoors, mechanical, personal contact, aesthetic, dan masih banyak lagi!

5. Tes Grafis

macam-macam tes kepribadian
Photo by mentatdgt on Pexels.com

Yups, ada di urutan ke-5 ada tes grafis yang mungkin sering kamu dengar atau bahkan pernah lakukan. Penulis sendiri pernah mengikuti tes grafis dahulu sewaktu kelas 3 SD. Tes ini sendiri dilakukan untuk mengetahui perasaan, kondisi emosional, bahkan sisi lain dari seseorang yang mungkin tidak terlihat.

Tes ini sangat mudah dilakukan gengs karena hanya memerlukan kertas HVS dan alat tulis seperti pensil. Tes ini juga dibagi menjadi 4 bagian yakni the tree test, tree test, house tree test, dan juga draw person. Masing-masing dengan media menggambar dan mampu menunjukkan sisi lain di dalam gambarmu.

Baca Juga:  8 Tes Kecocokan di Jurusan MIPA! Apakah Kamu Udah Cocok? Yuk, Cobain!

6. Tes RIASEIC

Berikutnya ada tes RIASEIC. Dari macam-macam tes kepribadian di atas, tes RIASEIC ini menjadi salah satu yang paling menarik gengs. Kenapa? Tes ini akan membantumu untuk memilih jurusan kuliah sampai prospek pekerjaan di masa depan. So, sebenarnya cukup penting untuk melakukan tes RIASEIC di masa sekolah.

Secara sederhana, tes ini membagi minatmu menjadi 6 bagian. Mulai dari dari investigate, realistic, social, artistic, conventional, dan enterprising. Nah, dengan mengetahui hasil dari tes RIASEIC maka kamu akan menentukan dengan tepat jurusan kuliah dan prospek di masa mendatang.

7. Tes Enneagram

macam-macam tes kepribadian
Sumber: theagilenote.wordpress.com

Selanjutnya, ada tes enneagram atau sering dikenal dengan tes bintang poligon. Tes ini menggunakan bintang poligon dengan sembilan sumbu berbeda yang menunjukkan kepribadian yang berbeda pula. Tes enneagram dikembangkan oleh para ahli Sufi di jaman dahulu.

Lantas bagaimana mekanisme pengerjaannya? Kamu cukup mengerjakan tes ini dengan memilih paragraf atau kalimat pernyataan yang paling menunjukkan sosokmu. Tidak hanya kalimat, kamu juga mungkin diminta untuk memilih kata sampai gambar. Setelahnya akan keluar hasil yang diambil dari 9 kepribadian menurut enneagram. Mulai dari perfeksionis, pemeran, pecinta, skeptis sejati, penengah, pelindung, dan beberapa lainnya.

8. Tes WAIS

Macam-macam tes kepribadian kali ini mampu mengetahui IQ atau kecerdasan yang kamu miliki guys. Tes WAIS atau Wescheler Adult Intelligence Scale dapat diterapkan pada anak-anak sampai orang dewasa juga. Tes ini terdiri dari ujian verbal, perhitungan, logika, dan juga bahasa.

Secara sederhana, tes WAIS mampu mengklasifikasi manusia menjadi 7 jenis. Untuk skor di atas 130 maka kamu memiliki kemampuan very superior, skor 120-129 termasuk sebagai superior, skor 110-119 termasuk ke dalam high average atau di atas rata-rata, dan terus menurun sampai skor di bawah 69.

Baca Juga:  12 Jenis Pekerjaan Menurut Tes RMIB! Ketahui Kariermu Mulai Sekarang guys!

9. Big Five Personality

macam-macam tes kepribadian
Sumber: wbir.com

Yap, tes satu ini bernama big five personality atau 5 kepribadian besar adalah sebuah tes yang dikembangkan oleh Allport dan Cattel. Tes ini membagi manusia menjadi 5 kepribadian besar guys. Big Five personality menggunakan kuisioner atau beberapa pertanyaan yang akan menunjukkan sifat atau domain yang kamu miliki guys.

Menurut teori, Big Five Personality membagi kepribadian manusia menjadi consientiousness (kesadaran), neurotiscm (neurotisme), opennes to experience (keterbukaan), agreeableness (keramahan) dan extraversion (ekstraversi).

10. Tes Rorschach

Last, dari macam-macam tes kepribadian di atas, ada sebuah tes yang mungkin masih asing bagi kamu gengs. Tes ini bernama Rorschach atau tes yang dibuat untuk mengetahui emosional seseorang secara mendalam. Apakah orang tersebut memiliki trauma, perasaan tersembunyi lain, atau bahkan mental illness.

Tes ini menggunakan tinta sebagai medium dengan berbagai gambar-gambar asing atau abstrak. Tes ini memintamu untuk menyebutkan gambar apa yang kamu lihat dalam tinta tersebut, tindakan apa yang harus kamu lakukan pada kartu dengan gambar tersebut, dan beberapa pertanyaan lainnya.

Yap, itu tadi macam-macam tes kepribadian yang mungkin menarik perhatianmu atau bahkan ingin kamu coba guys! Ga ada salahnya kok guys untuk mencoba tes kepribadian atau melakukan tes psikologi. Hal ini tentu akan berdampak baik pada dirimu apabila mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan langkah yang harus diambil pada kondisi psikologismu.

So dari uraian di atas, adakah yang menarik perhatianmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Hai teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online maupun …