Categories: Kuliah

5 Manfaat Penelitian Yang Bisa Kamu Dapatkan

Share

Ketika sudah masuk ke tingkat akhir, mahasiswa dihadapkan dengan penelitian untuk memenuhi tugas akhir, skripsi, tesis, maupun disertasi. Ketika melakukan penelitian, maka kamu akan melakukan upaya untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu penelitian dan pengembangan. Banyak mahasiswa yang melakukan penelitian hanya untuk kebutuhan tugas saja.

Namun, ada yang melakukannya dengan senang hati bersama dosen. Itulah sebabnya, terkadang ada mahasiswa yang ikut dengan proyek penelitian dosen. Tidak hanya sebagai tugas saja, kamu dapat mendapatkan banyak manfaat lho. Apa saja? Berikut adalah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan saat penelitian.

5 Manfaat penelitian yang bisa kamu dapatkan

1. Mengembangkan ilmu yang sudah didapatkan di dalam kelas

Hal yang menarik dari sebuah penelitian adalah mengembangkan ilmu dan materi yang sudah kamu dapatkan di kelas. Walaupun sudah mendapatkan ilmu, bukan berarti kamu sudah puas dan diam saja.

Melalui penelitian, kamu akan lebih banyak mengembangkan ilmu dan materi yang sudah kamu dapatkan. Kamu juga akan mempelajarinya dengan lebih mendalam lagi. Sehingga kamu bisa belajar dan merasakan bagaimana perbedaan ketika hanya belajar di kelas dan mempraktekkan ilmu di dalam sebuah penelitian.

Ketika sebuah penelitian berjalan, mau tidak mau kamu akan mulai belajar tentang spektrum ilmu yang lebih luas. Hasil penelitian yang akan kamu dapatkan sangat mendukung untuk mengembangkan ilmu dan materi yang sudah kamu dapatkan di kelas.

2. Mendapatkan ilmu yang berharga

Saat menjalani penelitian, kamu memang akan mulai mengembangkan diri lebih jauh lagi untuk melewati proses penelitian dan juga hasil yang memuaskan. Kamu akan belajar bahwa dalam penelitian ada suka dan duka.

Ilmu yang kamu dapatkan melalui penelitian di lapangan, studi literatur, pengolahan data, dan bimbingan akan menghasilkan suatu ilmu yang berharga. Kamu bisa menjadi orang yang terbuka dan selalu up to date dalam bidang penelitian yang sedang kamu jalani.

3. Melatih kemampuan untuk bertahan di lingkungan baru

Penelitian yang kamu lakukan, pada umumnya dilakukan di luar kelas. Banyak hal yang bisa kamu ambil dari penelitian yang sedang kamu lakukan. Kamu akan belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga dapat membantumu untuk melatih kemampuan untuk bertahan atau survive sampai penelitian yang kamu lakukan selesai dengan baik.

Suasana baru, orang-orang baru, dan kebiasaan-kebiasaan baru akan membuatmu keluar dari zona nyaman sehingga memberikan dampak positif bagi dirimu. Adanya tuntutan dan tekanan dalam penelitian dapat memberikan kekuatan untuk bertahan. Tidak ada kata menyerah sebelum penelitian selesai.

4. Mendapatkan pengalaman dari berbagai bidang

Ketika masih menjadi mahasiswa, kamu dapat meningkatkan kemampuan akademik maupun non akademik dengan mengikuti suatu kegiatan. Ini sebuah keharusan agar kamu mendapatkan pengalaman dan kemampuan tersebut. Namun, ketika kamu melakukan penelitian, maka secara tidak langsung kamu akan belajar tentang akademik dan non akademik secara natural.

Tidak hanya belajar tentang materi atau ilmu dalam penelitian yang kamu kerjakan saja, tapi kamu juga akan belajar menjadi orang yang lebih baik. Belajar menjadi orang yang disiplin, bertanggung jawab, lebih bisa bertahan dalam berbagai keadaan, pantang menyerah, gigih, dan masih banyak lagi. Secara tidak langsung, kamu akan meningkatkan kapasitas dirimu untuk persiapan kehidupan pasca kampus.

5. Mendapatkan relasi yang lebih luas

Penelitian tidak bisa kamu lakukan sendirian, kamu pasti akan melibatkan banyak orang atau pihak yang membantumu untuk menjalani penelitian. Mulai dari teman, responden penelitian, dosen, hingga pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitianmu.

Hal ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan relasi yang lebih luas. Dengan adanya relasi yang lebih luas ini, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari update berita terbaru, sharing pengalaman, dan masih banyak lagi. Relasi yang luas juga bermanfaat untuk masa depanmu lho.

Itulah lima manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melakukan penelitian. Jadi, jangan malas ya untuk segera melaksanakan dan menyelesaikan penelitianmu. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat. 

This post was last modified on Januari 11, 2021 11:39 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

6 Rekomendasi Novel Sastra Jepang Terbaik yang Wajib Dibaca Mahasiswa!

Halo teman-teman semua! Siapa nih di antara kamu yang gemar membaca buku-buku sastra? Yap, buku… Read More

Agustus 15, 2022

Kepoin Yuk 8 Rekomendasi Beasiswa S1 di Kampus Terbaik Dalam dan Luar Negeri!

Siapa sih di antara kamu yang tidak tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Yap, beasiswa menjadi salah… Read More

Agustus 14, 2022

Kenalan Yuk dengan Jurusan Seni Teater, Beserta 5 Prospek Pekerjaannya yang Menarik!

Siapa nih di antara kamu yang diam-diam tertarik saat melihat pagelaran drama atau seni peran… Read More

Agustus 11, 2022

7 Perjanjian Hindia Belanda dengan Indonesia, dari Masa VOC Hingga Pasca Kemerdekaan

Kamu tentu tidak asing bukan dengan sejarah mengenai Hindia-Belanda di Indonesia? Yap, Indonesia dan Belanda… Read More

Agustus 2, 2022

10 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sebelum Belajar, Dijamin Ampuh!

Halo guys, gimana kabarnya? Kabar baik disini. Semoga disana juga ya! Siapa sih yang nggak… Read More

Agustus 2, 2022

Ketahui Yuk 4 Jenis Future Tense dalam Bahasa Inggris

Halo guys, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Kamu tahu… Read More

Agustus 1, 2022