Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi memang tidak mudah. Kadang kita semangat, kadang juga muncul rasa lelah dan bosan. Padahal kalau melihat teman-teman yang lainnya, kadang kita bingung bagaimana bisa mereka mengerjakan skripsi dengan mudah.

Kamu juga bisa lho mengerjakan skripsi dengan semangat dan lancar. Berikut adalah beberapa cara menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi. Yuk simak informasi berikut!

Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

1. Ingat orang tua di rumah

joyful adult daughter greeting happy surprised senior mother in garden
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Salah satu cara menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi adalah dengan mengingat orang tua kita yang ada di rumah. Kenapa? Karena orang tua kita selalu menjadi penyemangat dan pendukung utama dalam mengerjakan skripsi.

Tentu saja orang tua selalu berdoa agar skripsi kita cepat selesai dan lancar. Selain orang tua, ada juga keluarga lainnya yang mendukungmu, seperti adik atau kakak.

Ketika kamu merasa lelah mengerjakan skripsi, ingatlah orang tua dan keluargamu di rumah. Ingatlah bahwa mereka selalu ada untukmu dan menantimu untuk segera lulus dan menjadi sarjana. Jadi, kamu tidak boleh patah semangat. Sempatkan waktu untuk menghubungi mereka.

Akan lebih baik jika kamu mencetak fotomu bersama keluarga agar kamu bisa melihat mereka setiap saat ketika kamu merasa lelah dan patah semangat.

Hal ini akan membuatmu selalu ingat bahwa kamu tidak sendirian dan ada tempat untuk kembali kapanpun kamu butuh orang untuk mendengarkan keluh kesahmu soal skripsi.

2. Ingat cita-cita yang akan digapai setelah lulus

photo of person writing on notebook
Photo by fauxels on Pexels.com

Semua orang mempunyai cita-cita yang ingin digapai, begitu juga kamu yang sedang mengerjakan skripsi. Setelah lulus nanti, mungkin kamu ingin bekerja, melanjutkan S2, atau bahkan menikah.

Apapun cita-cita yang ingin kamu gapai setelah lulus, tentu saja kamu harus menyelesaikan apa yang sedang kamu kerjakan saat ini, yaitu skripsi. Skripsimu harus selesai terlebih dahulu untuk mencapai cita-citamu.

Jika rasa lelah dan patah semangat mulai muncul, ingatlah cita-cita apa yang ingin kamu gapai setelah ini. Semakin cepat kamu menyelesaikan skripsimu, semakin cepat juga kamu dapat meraih cita-citamu. Tentu saja kamu harus bekerja keras dan berdoa agar semuanya lancar dan selesai dengan baik.

Kamu bisa menuliskan cita-citamu di secarik kertas dan menempelkannya di tempat yang biasa kamu lihat saat mengerjakan skripsi, misalnya di meja belajar, di dinding dekat tempat tidur, dan lainnya. Tujuannya agar kamu bisa selalu melihat apa yang ingin kamu gapai setelah ini sehingga kamu semakin semangat mengerjakan skripsimu.

Cara ini cukup ampuh lho, selain untuk menumbuhkan semangat untuk mengerjakan skripsi, dengan melihat dan membaca cita-citamu setiap hari, kamu sama saja dengan berdo’a untuk mencapainya. Tanpa disadari, saat kamu melihat catatan itu, kamu juga akan berdo’a agar bisa meraihnya setelah skripsimu selesai.

3. Jangan melihat temanmu, tapi lihatlah dirimu

pexels-photo-60230.jpeg
Photo by Tim Gouw on Pexels.com

Melihat progress temanmu memang bisa menambah semangat untuk mengerjakan skripsi, tetapi kamu juga harus melihat dirimu sendiri. Kamu harus introspeksi diri, apa yang selama ini kamu kerjakan, apakah kamu sudah memahaminya dengan baik, apakah kamu sudah mengerjakannya dengan baik atau belum.

Kamu harus tahu apa yang sedang kamu lakukan dan jalani. Kamu tidak perlu memenuhi standar orang lain, tetapi kamu harus memenuhi standar dirimu sendiri karena kamulah yang tahu mengenai dirimu sepenuhnya.

Misalnya, saat temanmu menetapkan target untuk seminar bulan ini. Kamu boleh menjadikannya referensi untuk menambah semangat mengerjakan skripsi. Namun, kembali lagi, lihatlah dirimu, apakah kamu sanggup untuk mengejar target seperti temanmu tadi?

Jika kamu memaksakan diri, mungkin saja kamu tidak akan maksimal dalam mengerjakannya karena terburu-buru. Kamu mungkin juga akan lebih banyak begadang. Tentu saja ini tidak baik untuk kesehatanmu. Sebaiknya, kamu membuat target sesuai dengan kemampuanmu. Hal ini akan lebih baik untuk dirimu dan kesehatanmu.

4. Lihat dan penuhi target yang telah dibuat

Setelah membuat target sesuai dengan kemampuanmu, saatnya kamu memenuhinya. Jangan sampai kamu hanya membuat target lalu kamu biarkan saja. Kamu harus bertekad untuk mencapainya, khususnya target dalam mengerjakan skripsi.

Jangan membuat target yang terlalu tinggi, sesuaikan dengan kemampuanmu. Misalnya hari ini kamu mencari referensi, besoknya review jurnal, lusanya mulai menyusun draft, dan seterusnya.

Memenuhi target yang kamu buat tentu akan membuatmu merasa senang dan lebih baik. Hal ini dapat membuat moodmu lebih baik dalam mengerjakan skripsi sehingga bisa lebih bersemangat lagi.

5. Ingat deadline bayar UKT

accurate alarm alarm clock analogue
Photo by Aphiwat chuangchoem on Pexels.com

Satu ini salah satu cara yang paling ampuh lho agar kamu semakin semangat untuk mengerjakan skripsi, apa lagi kalau bukan deadline membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal). Kamu harus tahu kapan tahun ajaran baru dimulai sehingga kamu bisa menetapkan target kapan kamu harus lulus.

Dengan begitu, kamu akan memacu semangatmu untuk mengejar target selesainya skripsimu agar kamu tidak menambah semester baru yang pasti membuatmu membayar UKT lagi. Jadi, perhatikan kalender akademik kampusmu baik-baik ya.

Nah, itulah beberapa cara untuk menumbuhkan semangat mengerjakan skripsi. Kamu bisa menerapkannya dan mengajak teman-temanmu dengan cara membagikan aritkel ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-…